Kekayaan Elon Musk, Raja Bisnis Menjadi Orang Terkaya

24 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 01 Apr 2022

Pekerjaan yang dinilai mampu mendatangkan kekayaan adalah bisnis. Maka dari itu tak heran apabila banyak orang berlomba untuk sukses di bidang ini. Terlebih sudah banyak figure yang berhasil mendapatkan kekayaan berlimpah ruah karena berbisnis. Salah satunya Elon Musk. Berbicara mengenai orang ini berapa sih kisaran kekayaan Elon Musk yang real?

Pasalnya begitu banyak berita yang menyebut bahwa nama Elon Musk menduduki deretan sebagai orang terkaya di dunia. Bahkan data ini diperoleh dari media besar Blommberg Billionaries Index dan Forbes yang waktu itu mengutip daftar miliarder di dunia. Elon Musk sendiri juga mendapat julukan sebagai raja bisnis.

Hal ini dikarenakan begitu banyak usaha yang didirikannya seperti SpaceX, Tesla, Paypal, dan lain sebagainya. Oleh karenanya aset yang dimilikinya pun sangat besar, mengingat sumber penghasilan yang tidak hanya berasal dari satu bisnis saja. Nah, menjawab rasa penasaran dari Anda semua berikut adalah informasi mengenai kekayaan Elon Musk.

Baca juga: 6 Buku Bisnis Yang Sering Dibaca Oleh Pebisnis Sukses

Fakta Menarik Tentang Kekayaan Elon Musk Sang Raja Bisnis

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kekayaan Elon Musk, mari sedikit berkenalan dengan sang sultan ini. Elon Reeve Musk adalah nama lengkapnya, dimana beliau lahir pada tanggal 28 Juni 1971. Pekerjaannya adalah seorang Businessman, yang tentu mempunyai beberapa bisnis sekaligus untuk dikembangkan.

Elon Musk lahir di Pretoria, Transvaal, Afrika Selatan yang kemudian mempunyai 3 kewarganegaraan Kanada, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat. Jadi sebelum menetap di Amerika Selatan Elon Musk pernah berada di negara-negara tersebut. Perkenalan singkat terkait sang Raja Bisnis akan dilanjutkan ke fakta kekayaan Elon Musk. Simak ulasannya.

1. Menjadi Manusia Terkaya Di Dunia Pada Awal Tahun 2022

Fakta kekayaan Elon Musk yang pertama adalah dinobatkan menjadi manusia terkaya di dunia pada awal tahun 2022. Hal ini dikarenakan tepat pada hari Selasa tanggal 4 Januari 2022 kekayaan yang dimilikinya bertambah USD 32,6 Miliar atau setara dengan 446,180 triliun (menggunakan kurs Rp 14.300 per USD).

Dengan demikian kekayaan bersih bos Tesla ini telah mencapai USD304 miliar atau setara dengan Rp 4.350 triliun. Coba bayangkan sebanyak apa uangnya jika semuanya ditukarkan dalam bentuk lembaran uang. Oleh karena itu tak heran apabila Elon Musk mendapatkan predikat ini.

2. Saham Perusahaan Tesla Melonjak Tajam

Tidak ada nominal kekayaan bertambah drastis jika tidak ada pemicunya. Melihat beberapa sumber penghasilan dari Elon Musk tak heran apabila keuntungan yang didapatkannya pun selalu bertambah. Adapun salah satu alasan mengapa kekayaan Elon Musk bertambah di tahun 2022 ini adalah karena saham perusahaan Tesla melonjak tajam.

Dilansir dari media Forbes Tesla mampu mencatat kenaikan saham mencapai 13,5% menjadi USS 1.199,78 per saham di perdagangan. Pada hari Minggu tanggal 2 Januari 2022 Tesla juga mengumumkan bahwa telah melakukan penjualan mobil sebanyak 936.000 pada tahun 2021.

Tentu hal ini mengalahkan proyek analis yang sempat dilakukan. Tesla sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Melalui perusahaan inilah Musk berhasil mencatat sejarah sebagai pencipta kendaraan listrik komersil pertama yang memenuhi standar kelayakan pemakaian.

Tak hanya itu saja Tesla juga berhasil menjadi salah satu perusahaan yang mampu mendatangkan keuntungan besar. Hal ini dipicu karena Tesla mampu menggulirkan inovasi-inovasi sehingga menguasai pasar otomotif. Dengan inovasi inilah yang membuat saham Tesla terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Baca juga: Menentukan Jenis Investasi Terbaik untuk Keluarga Muda

3. Perkiraan Harta Yang Dimiliki Akan Terus Bertambah

Jika sudah sukses uang akan mengalir seperti air. Beginilah kira-kira ungkapan yang bisa diberikan untuk Elon Musk. Fakta ketiga mengenai kekayaan Elon Musk adalah perkiraan akan penambahan jumlah kekayaannya. Banyak yang memprediksi uang Elon Musk tidak hanya stop dinilai ini saja, melainkan akan meningkat.

Pasalnya potensi melimpahnya pendapatan sudah menunggu di akhir bulan. Perusahaan tesla sudah menjadwalkan laporan mengenai pendapatan kuartal keempat. Apabila perusahaan mampu mencapai target operasional serta penilaian tertentu seperti yang sudah diharapkan analisis maka Musk akan memperoleh jutaan opsi saham.

Tentu keuntungannya akan sangat besar dan dapat menambah kekayaannya dalam jumlah milyaran dolar sekaligus. Ini baru dari satu perusahaan saja, jika semua perusahaan digabungkan kekayaan Elon Musk akan berlipat ganda. Terlebih diketahui bahwa anak perusahaan dari Musk selalu berhasil mengambil hati masyarakat.

4. Melonjaknya Kekayaan Elon Musk Lebih Dari USD200 Miliar

Dalam catatan pebisnis dunia Elon Musk telah melakukan perjalanan yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dari jumlah kekayaannya yang melonjak tajam dari USD 200 miliar selama satu tahun terakhir yakni 2020 sampai 2021. 

Kekayaan yang terus bertambah jumlahnya ini tidak hanya diperoleh dari satu perusahaan saja. Meskipun aset terbesar yang dimiliki oleh Elon Musk adalah Tesla. Kepemilikan saham di perusahaan ini mencapai 21%. Itu artinya Musk memegang sekitar 147 juta lembar saham. Selain itu beliau juga mempunyai opsi kepemilikan saham berupa hibah sebanyak 56 juta.

Sumber kedua kekayaan Musk sendiri juga berasal dari perusahaan transportasi luar angkasa yang bernama SpaceX. Dimana perusahaan ini didirikan oleh Elon pada tahun 2002 silam. Selama tahun 2020 perusahaan ini juga diketahui mempunyai kinerja yang bagus. Tepat pada bulan Mei 2020 perusahaan meluncurkan misi orbit berawal pertama.

Pada bulan Februari SpaceX memperoleh pendanaan atau investasi sebesar 850 juta dollar AS. Sehingga valuasi perusahaan meningkat tajam menjadi 74 miliar dollar AS. Dengan begitu kekayaan yang dimiliki Elon Musk juga ikut bertambah seiring berkembangnya perusahaan.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal

5. Mampu Mengalahkan Bernad Arnault Dan Jeff Bezos

Jika Elon mampu menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di dunia, siapa peringkat kedua dan ketiga? Jawabannya adalah Bernald Arnault. Beliau juga termasuk Businessman yang mempunyai berbagai perusahaan. Salah satu perusahaan terbesarnya adalah LVMH.

Meskipun demikian jumlah kekayaannya masih dibawah Elon Musk. Bahkan Elon mempunyai kekayaan yang lebih banyak sekitar USD 103,6 Miliar dari Bernald. Dalam data Forbes yang pernah diumumkan Bernad Arnault mempunyai kekayaan mencapai USD200,6 miliar.

Sedangkan untuk posisi ketiga diisi oleh Jeff Bezos yang juga mempunyai pekerjaan utama sebagai Enterprenur. Jeff mempunyai kekayaan bersih mencapai USD196,3 miliar yang tentunya masih tetap berada di bawah Elon Musk.

6. Mempunyai Tagihan Pajak Mencapai Rp 157,3 Triliun

Fakta terakhir dari kekayaan Elon Musk adalah terkait pajak. Mempunyai kekayaan yang melimpah nyatanya juga mengharuskan Musk untuk mengeluarkan uang tak kalah besar untuk membayar pajak. Bahkan CEO dari Tesla ini memecahkan rekor dengan tagihan pajak terbesar.

Dalam satu tahun ini Elon harus membayar jumlah tagihan pajak sebesar Rp 157,3 triliun. Namun Musk tetap memakai opsi untuk membeli 1,6 juta saham lagi dan kemudian menjualnya untuk menutupi tagihan pembayaran pajak.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download