Mulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Dengan 8 Tips Berikut

14 Jul 2021 by Laruan

Kementerian Lingkungan Hidup, media, dan pemerhati lingkungan terus menyebarkan informasi tentang pentingnya memulai gaya hidup yang ramah bagi lingkungan.  Sebenarnya gaya hidup ramah lingkungan ini itu seperti apa? Mengapa orang-orang sering membicarakan tentang hal ini?

Mari kita simak lebih lanjut tentang pengertian gaya hidup ramah lingkungan, atau gaya hidup eco friendly dan beberapa hal yang bisa lakukan untuk memulainya. 

Mulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Apa yang Dimaksud dengan Gaya Hidup Ramah Lingkungan?

Gaya hidup eco friendly merupakan suatu bentuk gaya hidup yang menggunakan unsur kepedulian terhadap  kelestarian alam serta lingkungan hidup. Dengan kata lain, semua orang diharapkan untuk menjaga keseimbangan antara pemenuhan kelestarian alam dan kebutuhannya sebagai manusia.

Gaya hidup ini bukan hanya sekedar karena tren saja karena merupakan bentuk tanggung jawab untuk melestarikan bumi yang telah banyak memberikan sumber untuk kehidupan kita. Jadi kita harus mencintai alam dan terus menjaga kelestariannya, agar bumi ini tetap dalam kondisi yang baik-baik saja.

Berikut ini kami rangkum untuk Sobat Pintar mengenai beberapa tips untuk memulai gaya hidup eco friendly yang sangat mudah untuk Sobat Pintar coba lakukan di kehidupan sehari-hari, penjelasannya yaitu sebagai berikut :

Tips untuk Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Sobat Pintar coba untuk memulai gaya hidup eco friendly:

  1. Kurangi Penggunaan Sampah Sekali Pakai

Agar bisa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, sebaiknya Sobat Pintar harus mencoba untuk mengurangi sampah sekali pakai yang tidak bisa diurai, contohnya seperti sampah plastik. Penting sekali untuk tidak membuang sampah sembarangan. Lebih baik lagi jika Sobat Pintar mendaur ulang sampah tersebut dengan cara yang simpel. 

Sobat Pintar dapat mencobanya dengan cara mengalih fungsikan beberapa barang yang sudah tidak terpakai lagi. Contohnya, kaleng bekas biskuit yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menyiram bunga atau tanaman.

Bagi Sobat Pintar yang hobi belanja, coba untuk memaksimalkan fungsi aksesoris dan pakaian yang Sobat Pintar punya. Sebaiknya Sobat Pintar membeli barang yang berkualitas agar bisa lebih tahan lama. Dengan begitu, Sobat Pintar tidak akan sering membuang barang yang biasanya rusak dalam jangka waktu yang hanya sebentar. 

  1. Batasi Pemakaian Listrik

Tips berikutnya yang bisa Sobat Pintar lakukan yaitu adalah dengan cara membatasi pemakaian listrik yang disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Pintar. Jangan membiarkan alat-alat elektronik tetap terhubung dengan aliran listrik saat Sobat Pintar tidak memakainya. 

Contohnya seperti lampu di ruangan yang kosong dibiarkan tetap menyala, lebih baik Sobat Pintar mematikannya jika ruangan tersebut sedang tidak Sobat Pintar tempati. Contoh lainnya yaitu jangan biarkan TV tetap nyala ketika Sobat Pintar sedang tidak ingin menonton televisi, jangan biarkan dalam kondisi standby karena hal tersebut akan terus menguras energi listrik.

Sobat Pintar juga harus memperhatikan saat mencharging hp, jangan biarkan hp tetap tercolok ketika baterai sudah penuh. Untuk mengantisipasi hal ini, Sobat Pintar harus mengira-ngira waktu yang cukup untuk mencharging hp.

  1. Membuat Area Hijau Di Sekitar Rumah

Bagi Sobat Pintar yang memiliki lahan tersisa di sekitar rumah, fungsikan lahan tersebut untuk membuat area hijau dengan cara menanam tumbuhan.

Selain menjadi lahan resapan air yang sangat baik, tumbuhan dan pohon juga dapat membuat suhu di sekitar rumah Sobat Pintar terasa lebih sejuk karena adanya oksigen yang dihasilkan. Sobat Pintar juga dapat menanam tanaman obat dan tumbuh-tumbuhan bumbu dapur yang khasiatnya dapat langsung digunakan.

  1. Optimalkan Pemakaian Air 

Jumlah air yang ada di muka bumi ini selalu konstan, sedangkan kebutuhan terhadap air selalu meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Jika tidak menjaga ketersediaan air mulai dari sekarang, maka suatu hari nanti bisa saja terjadi krisis air bersih. 

Sobat Pintar bisa mencoba untuk menampung air hujan supaya dapat dipakai untuk mencuci kendaraan yang Sobat Pintar punya, seperti sepeda motor dan mobil. Sobat Pintar juga bisa menggunakan air bilasan buah-buahan dan sayuran untuk menyiram tanaman yang ada di halaman rumah.

  1. Membawa Tas Belanja Sendiri

Belakangan ini banyak berita bermunculan mengenai kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik. Bahkan, ekosistem hewan laut juga turut terancam. Upaya yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk membantu untuk melestarikan lingkungan adalah dengan mengurangi pemakaian kantong plastik.

Akan lebih baik lagi jika Sobat Pintar berhenti menggunakan kantong plastik, dan menggantinya dengan jenis tas yang ramah lingkungan, contohnya seperti tas kertas, tas katun, tas bambu, dan lain sebagainya. Bawalah tas belanja milik pribadi apabila ingin pergi belanja ke supermarket.

Jika Sobat Pintar sedang beraktivitas di luar, Sobat Pintar juga dapat mengantisipasi penggunaan kantong plastik  dengan mempunyai tas yang memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar agar tidak membutuhkan banyak tas.

  1. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan Sebagai Gaya Hidup 

Memakai produk rumah tangga yang ramah lingkungan juga dapat Sobat Pintar terapkan dalam gaya hidup yang ramah lingkungan. Contohnya ketika sedang mencuci misalnya, Sobat Pintar dapat memilih deterjen tanpa pewangi atau yang busanya lebih sedikit yang  menghasilkan lebih sedikit limbah bahan kimia.

Selain itu juga, Sobat Pintar juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang ada di rumah, misalnya perasan lemon atau jeruk, cuka apel, dan baking soda, untuk dijadikan cairan pembersih rumah.

  1. Terapkan Sistem 3R 
3R

3R merupakan singkatan dari reuse yang artinya menggunakan kembali, Reduce artinya mengurangi pemakaian, dan recycle yang berarti mendaur ulang. Sistem 3R ini adalah salah satu cara yang sangat tepat dalam proses menangani dan mengelola sampah. Contohnya yaitu dengan menyimpan perlengkapan anak Sobat Pintar, misalnya pakaian, mainan, tas, untuk dipakai lagi suatu saat nanti oleh si adik.

Selain itu juga, Sobat Pintar harus membiasakan anak Sobat Pintar untuk membawa kantong belanja sendiri, serta botol minuman dan tempat makan, ketika sedang sekolah atau bepergian ke luar rumah. Hal tersebut bisa membantu dalam menghindari dan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai.

  1. Hindari Membakar Sampah Sembarangan

Tips yang terakhir bagi Sobat Pintar yang ingin memulai gaya hidup eco friendly adalah dengan menghindari pembakaran sampah secara sembarangan. Hal ini juga sangat penting untuk diingat dan dilakukan karena,asap hasil pembakaran sampah mengandung bahan kimia yang berbahaya dan dapat membawa dampak buruk bagi lingkungan serta kesehatan Sobat Pintar dan keluarga.

Selain itu, dengan membakar sampah pastinya dapat menyebabkan polusi udara. Asap sampah juga dapat  meningkatkan resiko tubuh mengalami berbagai macam penyakit, seperti penyakit kanker.

Itulah beberapa tips bagaimana Sobat Pintar bisa memulai gaya hidup eco friendly. Melalui penjelasan di atas, mudah-mudahan Sobat Pintar bisa segera menerapkannya bersama keluarga.  Perlu diingat juga supaya Sobat Pintar melakukannya secara konsisten agar gaya hidup tersebut dapat menjadi kebiasaan bagi Sobat Pintar.

Mari sama-sama kita berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload