Gampang Sekali! Ini Cara Menghilangkan filter TikTok

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Tiktok telah berhasil menjadi sebuah aplikasi media sosial yang bisa memuat video pendek sebagai hiburan. Sayangnya, banyak pengguna tiktok yang merasa terganggu dengan keberadaan filter di dalamnya. Oleh karena itu Kamu harus menghilangkan filter TikTok agar videonya lebih bagus. 

Mau Download Video TikTok Tanpa Watermark? Ikuti Cara Ini, Mudah dan Cepat  - Suara Merdeka

Video yang Kamu unggah bisa berupa informasi sehari-hari, hiburan, video promosi, top trending atau yang lainnya. Pada aplikasi TikTok, Kamu bisa menjadi penonton atau menjadi konten creator yang berperan mengunggah berbagai video pendek. 

Salah satu filter yang sedang viral saat ini adalah filter Rotoscope karena sering muncul di linimasa For Your Page Kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Video TikTok yang Mudah dan Praktis

Apa itu Filter Rotoscope? 

Fitur Rotoscope menjadi filter yang banyak digunakan oleh pengguna TikTok saat ini, apakah Kamu pernah menggunakannya juga?

Rotoscope sendiri merupakan efek yang bisa mengubah tampilan penggunanya jadi lebih unik. Di antaranya tampilan karakter dua dimensi atau hampir sama dengan filter lain yang bisa Kamu aktifkan atau hilangkan kapanpun.

Setiap pengguna yang membuat video dengan filter Rotoscope akan otomatis berubah menjadi animasi warna-warni. Semakin banyak gerakan yang tertangkap kamera ketika menggunakan fitur Rotoscope, maka semakin banyak warna-warni yang muncul sesuai gerakan tersebut. 

Bicara tentang Rotoscope pada aplikasi TikTok, filter ini sebenarnya terinspirasi dari teknik animasi yang bernama rotoscoping. Rotoscoping bisa diartikan sebagai teknik animasi yang banyak digunakan para animator untuk menelusuri cuplikan film, frame demi frame agar menghasilkan aksi yang realistis. 

Bisa Kamu lihat juga kan dari fitur Rotoscope ini animasinya penuh warna dengan gerakan yang realistis?

Filter rotoscope TikTok bisa Kamu tambahkan ke favorit atau menghapusnya dengan mudah jika sudah bosan. Kamu juga bisa menghilangkan filter TikTok Rotoscope, caranya dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini. 

Cara Menambahkan Filter TikTok

Sebelum mengetahui cara menghilangkan filter TikTok, ada baiknya Kamu juga mengetahui proses menambahkan filter, terutama filter rotoscope yang sedang viral ini. Memasang efek rotoscope cukup mudah, bagaimana caranya?

  • Masuk ke aplikasi TikTok yang Kamu miliki saat ini. 
  • Gunakan menu penelusuran tab Discover untuk mencari filter tersebut. 
  • Klik ikon yang muncul kemudian pilih tombol Add to Favorites (ikon bookmark). 

Jika sudah terdaftar di favorite, Kamu bisa menggunakannya dengan lebih praktis terutama ketika membuat konten. Kamu tak perlu mencari-cari lagi efek tersebut karena akan muncul dengan sendirinya di bagian Effects. 

Cara Menghilangkan Filter TikTok

INILAH 7 Filter TikTok Hits yang Harus Kamu Coba, Dijamin FYP -  Tribunkaltim.co

Namun tak sedikit orang yang ingin menghilangkan filter ini karena kurang tertarik untuk menggunakannya. Untuk menghilangkan filter rotoscope, Kamu tak perlu susah-susah menginstall aplikasi tambahan. 

Berikut ini cara menghilangkan filter TikTok Rotoscope dengan mudah, yaitu:

  • Silahkan buka aplikasi TikTok yang telah Kamu unduh dan install di HP. 
  • Setelah masuk, cari dan klik ikon tambah yang ada di tengah layar, pilih menu efek pada sebelah kiri bagian bawah.
  • Selanjutnya klik icon bintang atau menu favorit yang ada di aplikasi TikTok. 
  • Klik juga ikon bintang warna merah.
  • Selesai! Kini fitur rotoscope hilang dari TikTok Kamu. 

Sederhana dan mudah kan cara menghilangkan filter TikTok Rotoscope itu? Langsung coba praktekkan saja agar terbukti memang mudah langkah-langkah di atas itu. 

Cara Menghilangkan Fitur Rotoscope TikTok dengan CapCut

Animasi atau gerakan dalam video TikTok itu sama persis seperti asli dibuat oleh penggunanya, banyak orang yang tertipu dengan filter tambahan tersebut. Banyak cara menghilangkan filter TikTok Rotoscope, salah satunya dengan aplikasi CapCut. 

  • Pastikan Kamu mendownload dan menginstall aplikasi CapCut terlebih dahulu. 
  • Silahkan buka aplikasi CapCut yang sudah terinstall. 
  • Pilih video TikTok yang mengandung filter rotoscope. 
  • Tambahkan proyek baru di CapCut atau  video yang ingin Kamu hilangkan filter Rotoscope-nya. 
  • Jika sudah memasukkan proyek video TikToknya, silahkan pilih menu Edit. 
  • Pada aplikasi CapCut ada opsi Hapus Latar Belakang, pilih opsi tersebut dan tunggu prosesnya hingga selesai. 
  • Klik simpan jika sudah berhasil menghilangkan filter TikTok tersebut. 

Langkah-langkah diatas cukup mudah bukan? Selain menghilangkan filter, Kamu juga bisa memperhatikan beberapa ulasan di bawah ini. 

Baca Juga: Ini Cara Menghapus Akun TikTok Paling Mudah

Cara Menghapus Filter Rotoscope dari Menu Favorite

Menghapus efek filter Rotoscope juga tidak sesulit yang Kamu bayangkan, tinggal perhatikan langkah berikut ini. 

  • Silahkan masuk ke aplikasi TikTok yang ada di HP Kamu. 
  • Jika belum login, silahkan login juga.
  • Setelah itu buka menu Record atau ikon plus. 
  • Klik menu effects di bagian samping tombol Record. 
  • Buka tab favorite atau ikon bookmark. 
  • Klik efek filter Rotoscope. 
  • Klik ikon favorite berwarna muda pada luar kotak pemilihan efek. 

Fitur rotoscope saat ini menjadi efek yang sangat menarik untuk Kamu gunakan pada video TikTok. Namun ada juga yang tak ingin menggunakannya dan menghapusnya dari aplikasi TikTok tersebut. 

Cara Menghilangkan Filter TikTok dari Draf

Menghilangkan efek filter TikTok bukanlah urusan yang sulit, Kamu bisa menghilangkannya sebelum mengunggah ke media social lain atau ke aplikasi TikTok itu sendiri. 

  • Buka aplikasi TikTok pada HP Kamu dan klik head cogwheel untuk membuka profil akun milik Kamu itu. 
  • Selanjutnya, klik draf agar bisa mengakses video yang sudah tersimpan. Lanjutkan ke opsi video jika banyak video yang Kamu ingin hapus filternya. 
  • Klik tombol kembali, langkah ini akan membawamu ke layar pengeditan video TikTok. 
  • Ketuk efek pada menu aplikasi dan tombol kembali yang bertujuan untuk membatalkan filter yang Kamu gunakan pada videonya. 
  • Sekarang klik tombol berikutnya agar perubahan bisa tersimpan rapi, lalu klik konsep untuk menyimpan atau memposting video. 

Kini filter tersebut sudah menghilang, Kamu bisa membuat video TikTok tanpa harus menggunakan efek filter di dalamnya. 

Cara Menghilangkan Filter dari Rekaman Video TikTok

Geser Dominasi Google, TikTok Kini Menjadi Aplikasi Paling Diminati

Menjadi konten kreator TikTok merupakan aktivitas yang banyak digeluti saat ini, selain menyenangkan bisa juga menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Filter yang ditambahkan pada video yang Kamu rekam langsung ke TikTok tetap bisa dihilangkan efeknya. Bagaimana caranya?

  • Silahkan masuk ke aplikasi TikTok yang ada pada perangkat Handphone Kamu, ketuk head cogwheel untuk membuka profil akun Kamu. 
  • Sekarang, klik draf agar bisa mengakses video yang sudah tersimpan. Lanjutkan ke opsi video jika Kamu memiliki banyak video di sana. 
  • Klik tombol kembali, ini akan membawa Kamu ke layar pengeditan video. 
  • Sepintas, langkah-langkahnya hampir sama dengan cara menghilangkan filter dari draf. Kini lanjutkan dan klik filter pada bagian bawah efek suara dan geser opsi menu ke Potret. 
  • Terakhir, klik normal dan filter yang sebelumnya ditambahkan ke video yang direkam akan terhapus. 

Untuk membatalkan semua efek filter TikTok dengan mudah, Kamu bisa menggunakan tombol panah mundur. Sayangnya, dengan cara ini Kamu tidak bisa mengontrol atau memilih filter mana yang dihapus. 

Suka atau tidak, penggunaan filter Rotoscope dan yang lainnya harus sesuai keperluan agar tetap memberikan hiburan sebagaimana mestinya. Menghilangkan filter TikTok Rotoscope juga merupakan solusi yang pas jika kamu sudah bosan menggunakannya. 

Baca Juga: Cara Menambah Followers TikTok dengan Mudah

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download