Cara Menambah Followers TikTok dengan Mudah

03 Nov 2021 by Laruan

TikTok memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia. Fenomena ini jelas menunjukkan bahwa ada lebih dari cukup orang untuk membentuk komunitas followers yang cukup besar untuk kamu di platform media sosial ini. Nah, cara menambah followers TikTok apa pun tidak bisa dilakukan dengan begitu saja tanpa usaha. Tetapi kalau kamu membaca artikel ini, kamu mungkin adalah seorang pemula dan ingin meningkatkan jumlah pengikut TikTok kamu. 

Walaupun kamu bisa saja membeli pengikut TikTok melalui berbagai alat media sosial, mendapatkan pengikut dengan cara organik memiliki keuntungan tersendiri. Kamu bisa menarik komunitas yang berpikiran sama yang benar-benar menyukai konten yang kamu buat dan mendukung kamu sepenuhnya.

Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan beberapa tips untuk meningkatkan jumlah pengikut kamu di TikTok. Ayo kita mulai bangun komunitas pengikutmu!

Cara Menambah Followers Menurut Analisis Media Sosial

1. Identifikasi audiens target kamu

Kamu pasti pernah mendengar kata “audiens target” beberapa kali, tetapi kalau kamu belum menentukannya, kamu membuat kesalahan besar. Konten tidak memiliki batasan dan begitu pula dengan audiens. Ini salah satu step yang penting dalam cara menambah followers TikTok

Tapi jangan lupa, apa yang disukai sebagian orang, belum tentu membuat orang lain terkesan. Itulah kenapa menemukan audiens target kamu di TikTok adalah langkah yang sangat penting. Audiens target terdiri dari orang-orang yang benar-benar akan berinteraksi dengan konten kamu dan meningkatkan engagement akunmu di TikTok.

Setelah kamu mengidentifikasi audiens yang ingin kamu targetkan, berusahalah untuk membuat mereka ingin mengunjungi profil kamu. Buat konten yang berhubungan minat mereka. Sebagai contoh, kalau audiens kamu berusia antara 13 hingga 18 tahun, kamu bisa membuat video yang lucu dan mendidik. Tapi kalau audiens kamu adalah wanita berumur 20-an ke atas, kamu bisa membuat video tutorial makeup atau tips fesyen terkini. 

2. Gunakan tagar yang relevan

Jangan pernah lupa untuk menggunakan tagar. Pastikan kamu selalu pegang teguh kalimat ini Tagar atau hashtag memiliki peran yang penting untuk meningkatkan visibilitas akun di platform media sosial utama seperti Twitter dan Instagram, dan TikTok pun tidak ketinggalan. Tagar meningkatkan peluang kamu untuk ditemukan oleh pengguna yang menyukai konten yang serupa dengan konten kamu.

Kamu harus memikirkan cara menggunakan tagar yang cocok dengan konten yang kamu bagikan. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah yang bisa membantu kamu untuk menggunakan tagar yang tepat; 

  • Pertama, temukan tagar yang relevan. Menggunakan tagar bukan berarti menggunakan tagar apa pun yang sedang populer. Selalu gunakan tagar yang relevan dengan konten atau merek video kamu. Kalau kamu menggunakan tagar secara acak, hal itu juga akan menarik audiens secara acak yang tidak akan mendatangkan pengikut yang setia untukmu.
  • Buat tagar unik kamu. Ini adalah cara yang populer dan mudah untuk membuat merek kamu menonjol di TikTok. Buat tagar kamu sendiri yang juga bisa digunakan pengikut kamu di video mereka dan disebarkan secara luas.
  • Tambahkan lebih dari satu tagar yang relevan di caption postingan kamu, tapi jangan lebih dari lima.

3. Promosi silang video TikTok kamu di platform lain

Kamu bisa menggunakan platform media sosial lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, sebagai tempat untuk mempromosikan konten TikTok kamu. Promosi silang akan membantu meningkatkan jumlah pengikut kamu dengan membawa audiens dari akun media sosial kamu yang lain ke TikTok.

Kalau kamu telah mendapatkan banyak pengikut di platform media sosial lain, kamu akan lebih mudah untuk melakukan langkah ini. Cukup tambahkan tautan profil TikTok kamu ke bio Instagram, Facebook, dan Twitter kamu. Bagikan konten TikTok kamu juga dalam bentuk postingan Instagram dan Facebook atau cuitan Twitter. 

Kamu juga bisa memposting tautan ke video TikTok kamu di Reddit, Quora, dan forum online lainnya. Strategi ini digunakan oleh beberapa merek dan influencer ternama yang pasti berhasil memberi mereka hasil yang diinginkan.

4. Berpartisipasi dalam tren dan tantangan TikTok

Tren dan tantangan TikTok adalah hal paling populer di semua platform media sosial. Karena mereka berasal dari TikTok, kamu harus mengikuti mereka dan memberi mereka sentuhan unik kamu. 

Jangan lupa untuk menambahkan tagar tren atau tantangan tersebut di caption postingan kamu, sehingga orang yang mencari tren atau tantangan tersebut tidak ketinggalan untuk menonton video kamu. Berpartisipasi dalam hal-hal seperti ini juga akan memberimu lebih banyak eksposur dan engagement, dan pasti akan menarik lebih banyak orang ke profil TikTok kamu.

5. Posting pada jam sibuk

Sama seperti semua platform media sosial lainnya, TikTok juga memiliki waktu terbaik untuk memposting konten. Analisis TikTok menawarkan akun pro di mana kamu bisa menemukan waktu terbaik di mana sebagian besar pengikut kamu aktif. Pada saat itu, postingan kamu akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menjangkau audiens baru, dan dengan demikian akan membawa lebih banyak orang ke profil kamu.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai jenis konten dan menganalisis kinerjanya. Konten yang paling disukai audiens target kamu bisa menjadi “konten sempurna” kamu. Kamu juga dapat memposting ulang konten terbaik kamu untuk menjangkau lebih banyak pengikut baru.

6. Duet TikTok adalah jalan pintas

Duet TikTok sangat populer karena menghasilkan banyak interaksi dari pengikut dua akun TikTok atau bahkan lebih. Meskipun kamu baru mengenal TikTok, kamu bisa berkolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya untuk membuat konten yang unik.

Strategi ini akan membantu kamu untuk dilihat oleh pengikut partner duet kamu juga, dan kalau mereka menyukai konten tersebut, mereka pasti akan mengunjungi profil kamu dan mengikuti kamu.

Pada tahap awal, kamu bisa mulai dengan berkolaborasi dengan orang-orang yang memiliki jumlah pengikut yang sama dengan kamu. Dan setelah kamu mendapatkan lebih banyak pengikut , kamu dapat mencoba bermitra dengan pengguna TikTok yang lebih terkenal lagi.

Cara Memeriksa Analisis dan Statistik TikTok 

Melacak analitik TikTok adalah cara menambah followers yang sangat penting. Dengan memahami jangkauan dan dampak konten, kamu akan tahu cara memaksimalkan kinerja konten di masa depan.

Ada tiga jenis data yang bisa kamu akses di analitik akun kamu, yaitu; 

  1. Profile Overview Analytics

Di bagian ini, kamu bisa melacak tampilan video dan profil, serta jumlah pengikut kamu. 

Kalau kamu ingin melihat berapa kali video kamu dilihat dalam jangka waktu tertentu, kamu bisa melakukannya di bagian atas tab “overview”. Di bawahnya, kamu akan melihat jumlah total pengikut untuk periode yang sama. Bagian ini sangat penting dalam menentukan pertumbuhan lalu lintas yang tiba-tiba karena video tertentu.

Misalnya, kamu bisa melihat bahwa video yang kamu bagikan Jumat lalu menghasilkan peningkatan jumlah pengikut yang signifikan hari itu juga. Ini akan memberi kamu wawasan penting tentang seberapa menarik konten kamu dan jenis video apa yang harus kamu buat lebih banyak atau lebih sedikit.

  1. Content Insights

Di bagian ini, kamu bisa melacak kinerja video kamu. Kamu akan mendapatkan wawasan tentang konten mana yang paling menarik atau sedang tren. Kamu bisa melihat metrik untuk video yang diposting tujuh hari terakhir di bagian “Video Views”, sedangkan konten yang diposting lebih dari tujuh hari yang lalu ada di bagian “Trending Videos”.

Kamu akan melihat detail seperti jumlah pembagian, waktu rata-rata yang dihabiskan untuk menonton video, jenis sumber lalu lintasnya, dan banyak lagi.

  1. Follower Insights

Untuk mengakses bagian ini, kamu harus memiliki setidaknya 100 pengikut. Di bagian ini, kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang pengikut kamu, yaitu demografi dan jenis kelamin mereka. Kamu bisa melihat berapa banyak pengikut yang kamu peroleh selama seminggu terakhir. Kalau kamu ingin melihat distribusi gender pengikut, kamu bisa melakukannya di bagian “Gender”. Kamu juga akan melihat daftar “Top Territories” yang menunjukkan lima negara teratas asal pengikut kamu.

Di bagian “Follower Activity” kamu bisa melacak aktivitas pengikut kamu berdasarkan jam dan hari. Metrik ini sangat penting dalam membantu kamu untuk mengatur waktu posting konten di untuk mendapatkan engagement yang banyak.

Nah, itulah cara menambah followers kamu dengan mudah di TikTok. Semoga tips di atas akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak pengikut. TikTok adalah platform yang luar biasa untuk memamerkan bakat kamu di depan seluruh dunia. Kamu mungkin sudah melihat beberapa video TikTok viral yang membuat para pembuatnya menjadi bintang dalam sekejap. 

Dan, kalau kamu juga memiliki mimpi yang sama, cobalah untuk membuat konten unik dan menghibur yang bisa menarik perhatian pengguna lain.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload