Cara Membuat Cover Laporan Keuangan yang Menarik

25 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

Untuk dapat menjalankan sebuah bisnis, kuangan menjadi satu faktor penentu dalam keberhasilannya oleh sebab itu untuk dapat membentuk sebuah bisnis diperlukan laporan keuangan yang baik. Membuat laporan keuangan tak lepas dari sebuah desain, yang mana dalam membuat cover laporan keuangan harus sangat menarik dan unik bahkan harus terlihat elegan agar mudah mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitar yang akan membaca dari buku laporan tersebut.

Lalu, seperti apa contoh cover laporan keuangan yang baik dan menarik agar dapat menjadi perhatian banyak calon pembaca?

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, bahwa dengan memiliki desain cover laporan keuangan yang unik dan elegan akan mudah menarik calon pembaca buku laporan keuangan.

Oleh sebab itu, jangan sampai Sobat Pintar semua membuat desain cover laporan keuangan ini secara asal-asalan ataupun sembarangan.

Cara Membuat Desain Cover Laporan Keuangan 

Untuk dapat mendesain cover laporan keuangan, Sobat Pintar semua dapat menggunakan beberapa software yang ada seperti menggunakan Microsoft Word, Photoshop, hingga Adobe Ilustrator yang  sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Desain cover laporan keuangan yang menarik akan membuat hasil pekerjaan semakin bagus oleh sebab itu kita dituntut untuk membuat laporan keuangan dengan rapi dan menarik.

Namun, masih saja ada yang kebingungan dengan memilih cover mana yang menarik, pada Software Microsoft Word biasanya sudah tersedia beberapa cover dan pilihlah sesuai dengan selera.

Ikuti panduan cara membuat cover laporan keuangan berikut ini : 

  • Buka halaman kosong pada Microsoft Office
  • Kemudian pilih bagian menu Insert
  • Lalu, cari submenu Pages
  • Klik submenu Cover Pages
  • Pilih sesuai keinginan.

Akan terdapat beberapa pilihan cover yang dapat digunakan secara gratis tanpa harus mendownload atau membuatnya dari awal menggunakan software lain.

Sesuaikan batas margin menurut selera dan isikan dengan beberapa judul kalimat yang menggambarkan dari isi cover tersebut, apabila Sobat Pintar ingin menambahkan gambar, dapat dengan memberi gambar secara langsung.

Apabila ingin membuatnya secara manual, sobat akan menggunakan waktu yang lebih panjang lagi untuk dapat membuatnya dari awal karena harus mendesain sebuah cover laporang keuangan termasuk membutuhkan waktu yang lama.

Cara membuat secara manual dapat menggunakan Microsoft Word atau software lain seperti Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya.

Caranya cukup mudah apabila menggunakannya melalui Microsoft Word yakni dengan bantuan menu shapes dengan memadukan beberapa paduan gambar yang telah disediakan.

Pada menu shapes terdapat banyak bentuk yang dapat di desain dengan sendirinya, tinggal bagaimana menggembangkan sesuai dengan ide yang dimiliki, sobat dapat mengembangkan beberapa ide kreatif dan membuat inovasi inovasi baru yang tentunya pasti berbeda dengan yang sudah ada.

Sobat juga dapat melihat beberapa referensi dari Youtube desain cover laporan keuangan yang mungkin lebih banyak lagi pilihannya dengan itu tidak perlu khawatir lagi membuatnya karena sumber referensi sudah banyak beredar di Internet.

Jika sudah membuatnya, Sobat Pintar dapat mencetaknya menggunakan ukuran kertas yang sudah disesuaikan sebelumnya, namun terkadang menggunakan kertas ukuran A4 akan lebih terlihat formal disaat menggunakan jenis ukuran kertas tersebut.

Contoh Sampul Laporan Keuangan (H3/Subjudul)

Beberapa contoh sampul mungkin bisa dijadikan sumber rujukan untuk membuat cover laporan keuangan:

1. Annual Report – Red Cover
Gambar 2 design by orionwalker (envato element pro)

Menggunakan desain template cover laporan keuangan ini akan membuat beberapa report keuangan pada perusahaan lebih menarik lagi, dengan perpaduan warna yang terlihat santai akan menjadi daya tarik sendiri bagi yang melihatnya dan tak lupa tetap akan menjadikanmu pusat perhatian banyak orang kala membawanya kemanapun kamu pergi.

2. Business Pro – The Annual Report


Gambar 3 design by Vunira (envato element pro)

Terlihat lebih elegan dan rapi pada tampilan awal, pada desain template cover laporan keuangan ini sangat cocok digunakan untuk beberapa perusahaan startup yang selalu saja terlihat mengusung konsep minimalism dan tidak terlalu banyak warna dan terlihat lebih bersih.

3. Financial Solution Cover


Gambar 4 design by Orion walked (Envato element pro)

Desain template cover laporan keuangan ini sangat cocok dengan sebuah perusahaan perbankan yang ada, report ini akan sangat pantas jika perusahaan perbankan ataupun fintech yang menggunakannya. Dengan memiliki ciri khas warna di bidang finance, membuat cover template ini harus menjadi salah satu pilihan Sobat Pintar apabila mendapat tugas untuk membuat laporan keuangan tahunan.

4. Property Company Financial Statement Cover


Gambar 5 design by orionwalker (envato element pro)

Sangat cocok dengan perusahaan properti, kesan yang didapatkan pada template cover laporan keuangan diatas yakni rasa mewah dari sebuah cover yang memiliki gambar dalam ruangan yang minimalis. Memadukan warna biru tua dan mudah yang menarik para pembaca.

5. Company Financial Statement Cover


Gambar 6 design by orionwalker (envato element pro)

Terakhir, cover laporan keuangan ini sangat cocok untuk perusahan blue chip yang dapat terlihat lebih profesional pada tampilan awal. 

Itulah beberapa contoh tampilan cover laporan keuangan yang dapat dijadikan referensi Sobat Pintar semua, dengan itu sobat dapat dengan percaya diri mempresentasikan hasil dari laporan keuangan perusahaan.

Rekomendasi Template Cover Laporan Keuangan 

Jika sobat ingin dengan mudah tanpa harus membuat cover laporan keuangan sendiri, Sobat Pintar juga dapat mengunduh beberapa template yang ada di internet atau secara berlangganan menggunakan beberapa penyedia template.

Berikut rekomendasi penyedia template resmi yang Kredit Pintar rangkum:

  • Envato Element

Tidak hanya gambar, envato element juga memiliki jutaan template cover laporan keuangan yang dapat dijadikan salah satu sumber dikala Sobat tidak mempunyai banyak waktu membuat cover laporan keuangan secara manual. Dan masih memiliki harga yang masih terjangkau.

  • Microsoft Shop

Tidak hanya menjual produk Windows, ternyata Microsoft juga menyediakan banyak pilihan template yang dijual di dalam laman resmi mereka. Jika beruntung, akan ada beberapa template yang dapat digunakan secara gratis tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

  • RootPixel

Terdapat sebuah start-up dalam negeri yakni, RootPixel merupakan penyedia produk digital yang dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia dengan menjual berbagai macam template seperti Powerpoint, Cover, Packaging, dan lain sebagainya. Membeli dengan paket bundle lebih menguntungkan jika dibandingkan hanya dengan membeli dalam jumlah satuan.

Melihat bahwa pentingnya cover laporan keuangan, maka harus diperhatikan lebih baik lagi untuk memilih mana yang akan digunakan. Sebab, pada cover laporan keuangan akan terlihat bagaimana cara pandang para atasan atau klien yang ingin mengajukan kerjasama terhadap perusahaan tempat Sobat Pintar bekerja.

Oleh sebab itu, cover laporan keuangan harus dibikin semenarik dan seunik mungkin agar kesan elegan dan rapi masih terlihat pada bagian utama pembahasan pada rapat bulanan pada setiap perusahaan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download