Mata Ikan: 6 Penyebab & 3 Cara Mengatasinya

26 Aug 2021 by Laruan

Mata ikan (clavus) merupakan area kulit yang menebal dikarenakan terjadinya gesekan dan tekanan secara berulang kali. Kondisi ini bisa muncul di seluruh area tubuh, tetapi kaki, tangan, dan jari adalah bagian tubuh yang paling sering terjadi

Bentuk dari clavus biasanya bulat dan berukuran lebih kecil dari kapalan. Di bagian tengahnya sangat keras dan dikelilingi oleh peradangan kulit. Adanya clavus ini tentunya akan merusak keindahan kulit, menimbulkan infeksi, luka, dan rasa nyeri. Walaupun begitu, penyakit mata ikan bukanlah hal yang begitu serius.

Mata Ikan: 6 Penyebab & 3 Cara Mengatasinya

Mengenali Mata Ikan Pada Kulit

Penyebab timbulnya clavus

Pada umumnya, clavus muncul karena adanya gesekan dan tekanan di kulit yang terjadi secara berulang-ulang. Munculnya clavus ini sebagai reaksi tubuh secara alami yang bertujuan untuk melindungi kulit supaya terhindar dari luka atau kerusakan lainnya akibat dari gesekan dan tekanan tersebut.

1.Memakai sepatu yang salah

Umumnya, wanita lebih sering terkena clavus dari pada pria. Penyebabnya, wanita sering memakai sepatu hak tinggi yang tidak dapat menunjang berat badannya dengan baik. 

Sebab ketika sedang mengenakan sepatu yang terlalu tinggi atau sempit, berat badanmu tidak akan menyebar secara merata. Tidak hanya itu, sepatu hak tinggi bahkan yang sempit bisa menyebabkan gesekan pada kulit.

Maka dari itu, supaya tidak terjadi penebalan kulit, sebaiknya pakailah sepatu yang haknya lebih rendah dan terdapat bantalan kaki. Tentunya hal itu akan membuat kakimu terasa lebih nyaman.

2.Tidak memakai kaus kaki

Ketika kamu memakai sepatu namun tidak menggunakan kaus kaki, justru hal itu akan mempermudah terjadinya gesekan. Walaupun sepele, tetapi hal itu bisa menyebabkan timbulnya clavus pada kaki. Apalagi jika bobot badanmu lebih besar. Oleh sebab itu, gunakan kaus kaki yang tebal agar tidak terjadi penebalan di kulit.

3.Mengangkat barang yang berat

Sering membawa barang berat akan menimbulkan tekanan yang lebih besar di kaki, sehingga membuat kulit jadi menebal. Jika di dalam pekerjaanmu sering membawa beban berat, perhatikan terlebih dahulu alas kaki yang digunakan.

4.Sering memainkan alat musik tertentu

Selain kaki, tangan juga bisa mengalami kondisi tersebut. Salah satu penyebabnya adalah terlalu sering menggunakan beberapa alat musik seperti gitar atau biola. Hal itu tentunya karena adanya tekanan dan gesekan yang berulang kali ketika sedang berlatih instrumen. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya gunakan sarung tangan saat sedang memainkan biola ataupun gitar.

5.Memiliki kondisi medis tertentu

Mengalami suatu penyakit atau kondisi juga akan menimbulkan penebalan pada kulit, seperti

  • Luka
  • Kutil pada kaki
  • Kelenjar keringat yang rusak
  • Terdapat tonjolan tulang di sendi bagian bawah kaki ibu jari.
  • Kelainan pada jari kaki

6.Keseringan berlari atau berjalan terlalu lama

Walaupun bergerak sangat bermanfaat untuk tubuh, tetapi jika terlalu sering aktivitas yang menggunakan kaki juga akan timbul clavus. Hal itu dikarenakan adanya tekanan yang terjadi secara terus menerus.

Cara menghilangkan clavus dengan alami

Apabila penyakit tersebut tidak menimbulkan gejala atau tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu bisa mengatasinya sendiri tanpa harus pergi ke dokter. 

Untuk mengobatinya, kamu hanya perlu menghindari aktivitas atau hal-hal yang menyebabkan timbulnya clavus ini. Misalnya jangan memakai sepatu yang haknya terlalu tinggi, menghindari membawa beban yang terlalu berat, memakai alat pelindung ketika bermain alat musik, dan sebagainya.

Baca juga artikel informatif lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Namun, apabila kondisi ini menimbulkan nyeri dan rasa yang tidak nyaman, kamu bisa melakukan beberapa perawatan tersebut di rumah, yaitu:

1.Rendam dengan air hangat

Cara pertama yaitu dengan merendam kaki di air hangat. Kamu hanya perlu mencampurkan sabun dan air hangat di dalam wadah dan rendam kakimu selama beberapa menit. Cara ini cukup ampuh untuk melunakkan kulit yang menebal.

2.Memanfaatkan batu apung

Selain itu, kamu juga bisa menggosokkan area yang terdapat clavus dengan batu apung dengan perlahan. Cara ini bertujuan untuk mengikis bagian kulit yang terdapat clavus. Jika sudah, jangan lupa untuk memberikan pelembab di kulit yang digosok tadi.

3.Menggunakan pelembab dan bantalan di kaki

Memakai pelembab kaki sangat berguna untuk menjaga kelembutan pada kaki. Selain itu, ketika ingin memakai sepatu pakai juga bantalan pada sepatu untuk membuat kaki tetap nyaman.

4.Membersihkan kuku kaki dengan rutin

Cara terpenting pastinya dengan membersihkan dan memotong kuku secara rutin. Sebab, kuku yang panjang akan menyebabkan gesekan pada sepatu, begitu pula dengan tekanannya yang meningkat.

5.Menggunakan obat-obatan

Obat-obatan berupa plester juga sangat ampuh menghilangkan clavus, dengan cara menempelkannya di area kulit yang terdapat clavus. Untuk menempelkannya, tentunya harus memperhatikan saran pemakaian dengan baik dan benar, supaya tidak menimbulkan efek samping.

Selain plester, obat-obatan lain juga bisa mengobati penyakit ini, salah satunya adalah antibiotik. Antibiotik ini dipercaya dapat mencegah adanya infeksi ketika menangani penyakit ini di rumah.

Cara menghilangkan clavus dengan bantuan dokter

Jika kamu sudah melakukan banyak cara di rumah, tetapi tidak kunjung membaik, seperti mengalami pendarahan, peradangan, atau rasa nyeri yang berlebih sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Terutama jika kamu terdapat riwayat penyakit jantung, diabetes, ataupun gangguan pada peredaran darah, segeralah untuk ditangani oleh para ahli. Jangan sekali-kali untuk mencoba cari cara menghilangkannya tanpa bantuan tenaga medis, karena akan memperbesar resiko infeksi pada kulit.

Tanda-tanda munculnya infeksi di kulit diantaranya:

  • Kemerahan
  • Bengkak
  • Terdapat nanah
  • Rasa nyeri yang semakin parah
  • Kulit terasa seperti dibakar

Berikut ini adalah beberapa prosedur yang dilakukan dokter untuk mengatasi clavus:

1.Operasi

Jika sudah mengganggu, dokter akan membuangnya dengan cara memotong area kulit yang menebal dengan pisau bedah. Operasi dilakukan untuk mengurangi adanya tekanan pada sel di bawah clavus. Tidak perlu khawatir jika dioperasi kamu akan kesakitan, karena rasa sakit itu sementara dan akan cepat membaik. Jika sudah, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan di rumah.

2.Cryotherapy

Cara ini memakai nitrogen cair untuk membekukan bagian yang terinfeksi, untuk kemudian menghilangkan clavus. Efek samping setelah prosedur ini adalah kulit menjadi melepuh, tetapi kondisi ini sangatlah normal.

Namun, perawatan satu ini tidak bersifat jangka panjang. Maka dari itu, Lakukanlah perawatan dengan rutin. Jika tidak dilakukan rutin, maka proses pemulihannya jadi lebih lama. Agar lebih efektif, cobalah kombinasikan cara ini dengan asam salisilat.

3.Pengobatan laser

Laser juga ampuh untuk mengobati clavus. Caranya dengan membakar pembuluh darah kecil yang menggumpal pada area yang infeksi. Akhirnya jaringan yang terinfeksi tersebut akan mati dan melepaskan kutil.

Itulah informasi mengenai penyakit mata ikan. Jagalah terus kebersihan dan kesehatan kondisi kulitmu, terutama di bagian kaki, tangan, dan sela-sela jari agar tidak timbul penyakit seperti ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel informatif lainnya: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload