4 Cara Pintar Manfaatkan Pinjaman Agar Bebas dari Hutang Melilit

15 Dec 2018 by Edwin
4 Cara Pintar Manfaatkan Pinjaman Agar Bebas dari Hutang Melilit

Semakin hari harga kebutuhan semakin meningkat. Bikin pusing! Supaya semuanya terpenuhi, terkadang nggak cukup cuma mengandalkan penghasilan bulanan aja, kan? Ada dua cara agar kebutuhan terpenuhi: mencari penghasilan tambahan atau mengajukan pinjaman. Sebenarnya sah-sah aja kalau Sobat Pintar ingin meminjam uang, tapi perlu perhitungan yang matang dan berhati-hati agar tetap memanfaatkan pinjaman dengan maksimal sekaligus bebas dari hutang yang menjerat.

Nah, 4 cara berikut bisa membantu Sobat Pintar untuk memanfaatkan hutang dengan baik agar bebas dari hutang yang melilit:

Perhitungkan pinjaman uang

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya menghitung dahulu kemampuan Sobat Pintar dalam melunasinya. Perhitungannya perlu memerhatikan besar bunga plus pokok yang perlu dibayarkan, pendapatan bulanan dan kapan bisa melunasi pinjaman. Kebutuhan yang akan dipenuhi dengan dana pinjaman juga perlu diperhatikan baik-baik kepentingannya. Jangan sampai pinjaman yang diajukan memberatkan perekonomian bulanan.

Tidak “gali lubang tutup lubang”

Kebiasaan ini mending dibuang jauh-jauh deh, Sobat Pintar! Mengajukan pinjaman untuk melunasi pinjaman lain merupakan awal dari bencana. Lebih baik kalau dari awal tidak yakin mengajukan pinjaman, mending jangan mengajukan pinjaman sama sekali. Karena pinjam uang untuk melunasi hutang bukannya bikin Sobat Pintar bebas dari hutang, justru terjebak didalamnya!

Tidak tergantung dengan pinjaman

Memang sulit untuk mengendalikan keinginan di zaman yang didominasi dengan kemudahan e-commerce seperti saat ini. Namun, jika terlalu terbuai dengan kemudahannya, tanpa disadari akan menimbulkan perilaku konsumtif yang akan berbahaya bagi kondisi finansial pribadi. Apalagi kalau sudah tergantung pinjaman untuk keperluan konsumtif. Dana dari pinjaman yang diajukan juga harus tepat sasaran. Jangan sampai dana yang seharusnya dipakai untuk tambahan modal usaha malah digunakan untuk bersenang-senang.

Tepat waktu bayar tagihan

Jika sudah melakukan pinjaman, kewajiban seorang peminjam yang baik adalah membayar tepat waktu. Misalnya kalau Sobat Pintar pinjam uang teman sendiri. Jangan menyepelekan waktu pelunasan hutang karena merasa teman sendiri tak akan keberatan soal keterlambatan. Namun karena terlalu menyepelekan dan terlalu sering melakukannya, teman sendiri pun jadi tidak percaya lagi. Sama halnya dengan pinjam uang online. Sistem pinjaman online melalui fintech menggunakan sistem credit scoring yang akan menilai perilaku piutang tiap nasabahnya. Kalau selalu terlambat dalam pelunasan tagihan, maka pengajuan pinjaman selanjutnya bisa saja ditolak.

Nah, kalau Sobat Pintar mengajukan pinjaman atau memulai langkah untuk bebas dari hutang, bisa dilakukan dengan Kredit Pintar! Dengan layanan pendanaan dan pinjaman onlinenya yang aman, Kredit Pintar bisa membantu kebutuhan keuangan Sobat Pintar!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload