Manfaat Timun Bagi Kesehatan

23 Jul 2021 by Laruan

Sejak zaman nenek moyang kita hingga saat ini, tanaman herbal banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah timun yang konon dipercaya dapat memperlambat sel kanker, memiliki kemampuan anti-aging supaya tidak cepat tua dan menyehatkan jantung. Jangan heran kalau banyak perusahaan yang melihat manfaat timun lalu membuat berbagai macam suplemen kesehatan dan kosmetik kecantikan seperti krim wajah, masker, hingga sabun dari ekstrak mentimun. Lalu, apa kira-kira yang membuat timun menjadi kaya akan manfaat bagi tubuh?

Tiga Elemen Terpenting dalam Timun

  1. Senyawa Cucurbitacin 

Pernahkah terpikir oleh kita mengapa sayur timun memiliki rasa yang sedikit pahit? Rasa ini disebabkan oleh senyawa sejenis “terpenoid” bernama cucurbitacin yang memainkan peranan penting dalam melindungi timun dari berbagai macam serangga, jamur dan hewan herbivora lainnya. Aslinya, senyawa ini terasa sangat pahit ketika timun “belum matang”. Tapi, adanya enzim elaterase dalam timun senyawa cucurbitacin menjadi tidak begitu pahit ketika sudah matang nantinya. Banyak ilmuwan hebat yang mengatakan bahwa senyawa ini dapat menyembuhkan radang kronis sekalipun.

  1. Basa (alkaline) dan Senyawa Terpenoid

Tahukah Sobat Pintar, Kalau mengonsumsi makanan atau minuman basa, tubuh kita jadi masuk ke proses “detox”. Sebaliknya, kalau Sobat Pintar kebanyakan makan gula atau lemak, tubuh berada pada posisi “asam” (acid). Pastinya Sobat Pintar pernah pusing, mual setelah makan padahal sudah makan benar, makan terlalu banyak, tidak enak badan. Permasalahan ini adalah permulaan dari terbentuknya kondisi “acidosis” yang bisa mengakibatkan kerusakan paru, lambung, dsb. 

Disini, keunggulan timun sebagai makanan dengan tingkat alkalin tinggi dapat menetralkan asam akibat senyawa aktif seperti terpenoid (nama lain triterpenes). Senyawa ini juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebab memiliki manfaat anti bakteri dan bersifat antioksidan yang bertugas “merekonstruksi” sel-sel rusak dalam tubuh akibat serangan kanker.

  1. Kaya akan Nutrisi Penting

Setiap 300-gram, mentimun memiliki kandungan sebagai berikut:

  • 45 kalori
  • 11g karbohidrat
  • 2g protein
  • 2g serat
  • 62% vitamin K (harian)
  • 14% vitamin C (harian)
  • 13% potassium (harian)
  • 10% magnesium (harian)
  • 12% manganese (harian)

Karena mentimun memiliki serat yang larut (soluble), maka keunggulan timun yang paling diminati dieters adalah rasa kenyang lebih lama serta membantu menormalkan gula darah dalam tubuh.

Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Bagian-Bagian dan Manfaat Timun

Pohon timun memiliki empat bagian penting yang baik untuk berbagai macam penyakit. Diantaranya:

  1. Buah timun (bagian luar dari pulp sesudah kulit) yang dapat mengatasi penyakit diare, asma, bronkitis, hepatitis, dispepsia, penyakit mata, dan batuk. Pada bagian inilah terdapat senyawa terpenoid yang berfungsi sebagai antibakteri dan mempercepat penyembuhan luka.
  2. Minyak dari biji timun dipercaya untuk mengobati penyakit rematik/asam urat.
  3. Minyak kernel timun (bagian inti dari biji) bersifat narcotic atau analgesik dan digunakan sebagai pereda rasa sakit (painkiller).  Minyak kernel juga bersifat laksatif dan memperlancar metabolisme tubuh.
  4. Pulp timun (daging timun) dipercaya dapat mengatasi pembengkakan jantung, pembengkakan pada pembuluh darah, lepra, dan disentri. Bagian inilah yang penting untuk perawatan kulit serta mempercepat penyembuhan iritasi pada kulit sensitif.
  5. Getah kulit timun dapat meringankan rasa sakit serta bersifat laksatif (sama dengan kernel).

Kesimpulan & Saran

Setelah membedah keunggulan timun bagi kesehatan, kita dapat melihat bahwa sebenarnya senyawa-senyawa baik dan bagian timun seperti getah dan minyak dari biji timun lah yang berperan aktif dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi, meskipun timun memiliki berjuta manfaat, mentimun termasuk jenis pengobatan herbal dan memerlukan waktu yang cukup lama daripada pengobatan modern. Jadi, kami menyarankan Sobat Pintar untuk mengkonsumsi sayur sehat ini mulai dari sekarang agar manfaat timun dapat Sobat Pintar lihat di masa depan. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload