9 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Manusia

14 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 14 Dec 2023

Sebagai salah satu sumber daya alam, manfaat batu bara sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak aspek kehidupan manusia yang dibantu oleh batu bara, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Indonesia, pada tahun 2021 tercatat memiliki cadangan batu bara sebesar 34,87 miliar ton yang diperkirakan masih cukup hingga 50 tahun ke depan. Pertanyaannya bagaimana kita bisa memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah ini seefektif mungkin. 

Baca juga: Energi Alternatif, Contoh dan Mengapa Diperlukan

Dalam artikel ini, Kredit Pintar akan mengajak kamu untuk mengenal berbagai manfaat batu bara dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jika Sobat Pintar ingin tahu apa saja manfaatnya, simak penjelasannya sampai habis, ya!

Manfaat Batu Bara Adalah

Salah satu manfaat batu bara adalah menjadi sumber energi listrik yang terjangkau dan bisa diandalkan. Sebagian pakar mengatakan, batu bara sejauh ini telah menyokong sekitar 40% kebutuhan listrik di seluruh dunia. 

Sumber daya alam yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang tidak membusuk secara sempurna ini memang memiliki kandungan yang cukup lengkap. Maka dari itu, tak heran jika batu bara digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Lantas, apa saja manfaat batu bara untuk manusia?

Membuat Obat-obatan Kimia

Dalam dunia farmasi, batu bara memiliki peran penting dalam pembuatan berbagai jenis obat kimia. Tentunya, batu yang digunakan adalah yang sudah diolah lebih lanjut terlebih dulu menjadi berbagai zat kimia seperti metanol, fenol, dan lain sebagainya. 

Bahan-bahan ini akan dicampurkan dengan bahan lain hingga menjadi obat-obatan kimia yang bermanfaat untuk manusia. Pengolahannya membutuhkan waktu yang panjang dan rumit supaya aman dikonsumsi manusia. maka dari itu, wajar jika Sobat Pintar tidak akan menemukan “jejak” batu bara dalam obat-obatan tersebut. 

Pembuatan Pupuk

Dalam bidang pertanian, batu bara kerap digunakan untuk mengolah berbagai jenis pupuk. Khususnya pupuk-pupuk yang harus dibakar dalam waktu lama. Dari pembakaran ini akan dihasilkan beberapa produk kimia dengan manfaat yang bervariatif.

Nah, produk ini kemudian diolah dengan bahan-bahan organik lain hingga menjadi pupuk yang menyuburkan tanaman di ladang. Tentunya, masing-masing pupuk memiliki komposisi berbeda agar cocok untuk setiap jenis tanaman. 

Industri Baja

Manfaat batu bara dalam industri baja tidak bisa dianggap remeh, Sobat Pintar. Pasalnya, sumber daya alam ini akan diolah bersama baja mentah untuk menghasilkan baja berkualitas tinggi. 

Umumnya, batu bara yang digunakan dalam industri baja merupakan batu bara yang sudah dipanaskan tanpa udara atau kerap disebut kokas. Bahan ini kemudian diolah sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari pembuatan alat-alat kebutuhan rumah tangga, alat transportasi, mesin-mesin, hingga alat pertanian. 

Industri Aluminium

Kaleng-kaleng yang sering kamu temukan kehidupan sehari-hari juga merupakan produk yang dihasilkan dari pemanfaatan batu bara. Dalam industri aluminium, batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas yang tinggi. 

Perlu Sobat Pintar ketahui, aluminium adalah material yang didapatkan dari pemisahan baja dengan logam lainnya. Nah, pemisahan ini dilakukan melalui pembakaran dengan tingkat panas tinggi dalam waktu lama. 

Tak cukup sampai di situ, setelah aluminiumnya terbentuk, batu bara juga masih dimanfaatkan dalam pengolahan aluminium tersebut. Dari pengolahan ini kemudian didapatkan aluminium dengan berbagai jenis, ukuran, dan bentuk. Namun, penggunaan ini hanya bisa dilakukan dalam skala besar, bukan untuk skala kecil atau rumahan. 

Baca juga: Serba-Serbi Investasi Hijau yang Perlu Kamu Tahu

Industri Semen

Semen didapatkan dari olahan berbagai material buatan dan organik. Seperti silika, oksida besi, oksida aluminium, hingga kalsium karbonat. Sebelum menjadi semen, bahan-bahan tersebut harus melalui beberapa proses pengolahan terlebih dulu. 

Salah satunya adalah pembakaran dengan batu bara dalam waktu yang lama. Batu bara yang dapat menghasilkan panas secara konsisten dalam waktu lama, membantu menghasilkan semen berkualitas baik. 

Di samping itu, batu bara juga bisa digunakan dua kali sehingga produsen dapat menghemat biaya produksi lebih banyak. Sampai sekarang, sebagian besar produsen semen di dalam dan luar negeri masih menggunakan batu bara dalam proses produksinya.

Industri Kertas

Sobat Pintar mungkin sudah mengetahui bahwa kertas terbuat dari serat pohon. Dalam skala yang besar, serat-serat pohon ini harus diolah dalam proses yang panjang dan rumit. Nah, pengolahannya ini memerlukan panas yang konsisten dan stabil. 

Manfaat batu bara di sini adalah untuk menghasilkan panas tersebut sehingga menghasilkan lembaran kertas yang berkualitas baik. Jadi tak diragukan lagi bahwa peran batu bara sangat penting dalam produksi kertas yang kita gunakan setiap hari. 

Industri Pembangkit Listrik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, batu bara merupakan sumber daya alam yang bisa diolah menjadi energi listrik melalui pembangkit listrik. Panas yang dihasilkan dari batu bara bisa bertahan lama dan bisa digunakan berulang kali, sehingga cocok dijadikan bahan bakar dari pembangkit listrik. 

Secara umum, batu bara akan diolah menjadi uap panas yang menggerakan turbin. Turbin tersebut sebelumnya sudah diisi oleh energi, baik itu energi air, surya, uap, ataupun gas bumi. Setelah turbin bergerak, listrik akan tercipta dan disalurkan ke berbagai tempat. 

Menurut penelitian, pembakaran dengan batu bara terbilang efektif karena listrik yang dihasilkan cukup besar meski menggunakan bahan yang tidak terlalu banyak. Dengan kata lain, perusahaan listrik bisa menghemat pengeluaran sekaligus mendapatkan hasil yang dapat mencukupi kebutuhan. 

Penghangat Ruangan

Masyarakat yang tinggal di wilayah yang dingin sudah menggunakan batu bara untuk menghangatkan rumah sejak jaman dulu. Biasanya rumah-rumah di daerah yang dingin dilengkapi dengan perapian yang terhubung pada cerobong asap. 

Nah, batu bara digunakan untuk menghidupkan api serta kayu bakar. Mengapa harus memakai batu bara? Karena api yang dihasilkan dari batu bara tahan lama sehingga ruangan akan tetap hangat walaupun cuaca sedang sangat dingin di luar rumah. 

Manfaat Batu Bara Lainnya

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat lain dari batu bara dalam kehidupan manusia. Diantaranya adalah: 

  1. Menjadi bahan bakar dalam pengolahan biji plastik menjadi plastik siap pakai. 
  2. Membantu menyempurnakan pewarnaan plastik yang sudah diolah. Dengan begitu plastik tersebut dapat digunakan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga pembangunan. 
  3. Penyulingan batu bara akan menghasilkan tar yang bentuknya cair dan warnanya hitam pekat. Tar ini dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki bangunan hingga memproduksi kain. 
  4. Tar batu bara bisa juga dimanfaatkan untuk membuat cat, sabun, atau sampo. Dalam pembuatan sabun maupun sampo, batu bara akan diolah menjadi bahan kimia tertentu yang dapat membuat sabun menjadi lebih wangi serta tahan lama. 
  5. Digunakan dalam proses pengerasan material tertentu. Contohnya seperti rangka kendaraan hingga alat-alat olahraga.

Baca juga: 5 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Artikel tentang manfaat batu bara ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download