Manfaat Barley yang Bisa Gantikan Makan Nasi

06 Aug 2021 by Laruan

Cukup banyak dijadikan sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi, banyak orang yang meyakini kalau manfaat Barley yang didapat mampu memberikan nutrisi yang cukup dalam menjalani program hidup sehat. Siapa yang sudah tidak asing dengan Barley? Bahan pangan satu ini bukan lagi hal baru bagi mereka yang menjalani pola hidup sehat

Manfaat Barley yang Bisa Gantikan Makan Nasi

Barley (Barli) adalah salah satu jenis serealia yang masih merupakan anggota keluarga padi-padian, biji dari tanaman Barley menjadi bagian utama yang dikonsumsi. Walau bukan menjadi makanan pokok nan utama di Indonesia dan tidak ditemukan ladang penanaman bijih satu ini, tapi Barley nyatanya jadi biji-bijian dengan produksi keempat terbesar di dunia setelah beras, jagung, dan gandum.

Umumnya, olahan hasil panen dari tanaman Barley bisa ditemukan dalam 3 bentuk yaitu biji mentah, tepung, dan ekstrak minyak. Sama halnya seperti gandum, tepung Barley banyak dimanfaatkan dalam pembuatan roti dan kue kering, salah satu jenis roti yang bahan utamanya memanfaatkan tepung Barley yaitu Paratha.

Bukan Cuma itu, selain dimanfaatkan sebagai bahan baku roti, biji Barley banyak juga diolah untuk bisa dikonsumsi dalam bentuk serealia dan olahan makanan lain yang tentunya kaya akan manfaat.

Lebih lanjut, tentu ada ragam nutrisi yang bisa didapatkan dari biji Bailey berdasarkan penelitian yang dilaporkan oleh Medical News Today, beberapa di antaranya yaitu Protein, Karbohidrat, Kalsium, vitamin B kompleks, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelas, berikut khasiat barley yang bisa didapat dari ragam nutrisi yang terkandung pada setiap 100 gram Barley.

1 .Menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah dengan konsumsi barley

Kandungan kalium, folat, zat besi, dan vitamin B6 yang berada pada 100 gram Barley nyatanya dapat mendukung fungsi kardiovaskular, sebuah studi juga menunjukkan kalau makan-makanan yang kaya nutrisi di atas dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan niasin, riboflavin, thiamin, folat, zat besi, magnesium, dan selenium juga diyakini bisa meningkatkan proses pembentukan sel, seperti membawa oksigen melalui darah, dan fungsi sistem kekebalan tubuh, Barley jadi salah satu sumber bahan pangan yang punya kandungan semua nutrisi tersebut.

Dalam setiap 100 gram biji Barley diketahui ada sekitar 15,6 gram kandungan fiber atau serat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, dengan membantu mengelola tekanan darah dan mengendalikan kadar kolesterol.

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat Barley yang bisa didapat oleh mereka yang mengkonsumsi biji-bijian satu ini secara rutin juga dapat dimiliki dalam bentuk nutrisi untuk peningkatan struktur dan kekuatan tulang. Barley diketahui punya kandungan fosfor sebanyak 221 gram, kalsium 29 miligram, dan magnesium 79 miligram. Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor, yang ada dalam Barley dikenal penting guna menjaga sistem kerangka tulang yang kuat.

3. Dapatkan manfaat penurunan berat badan

Tidak heran kalau Barley banyak dijadikan sebagai makanan utama pengganti nasi bagi mereka yang menjalani program diet, biji-bijian satu ini nyatanya juga mengandung berbagai macam jenis serat salah satunya beta-glukan yang cenderung membentuk zat seperti gel di dalam usus, sehingga dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

4. Barley mencegah penyakit batu empedu

Berbagai kandungan serat tinggi dalam Barley diketahui bisa juga membantu mencegah timbulnya batu empedu. Sebagaimana yang banyak diketahui, kalau batu empedu merupakan partikel padat yang dapat terbentuk di kantong empedu.

Walau awalnya batu empedu berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala apapun, tapi jika ukurannya membesar jelas bisa menimbulkan rasa sakit yang akan berujung pada tindakan operasi atau pembedahan untuk pengangkatan batu empedu. Untuk meminimalisir hal tersebut, jenis serat tidak larut yang ditemukan dalam Barley nyatanya dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu dalam tubuh.

Itu dia ragam khasiat barley sebagai bahan pangan yang kekinian banyak digunakan untuk menggantikan makanan pokok berupa nasi dalam bentuk sereal atau roti. Menariknya, biji Barley juga bisa diolah sebagai bahan baku dalam santapan lain, di antaranya sup atau campuran dalam memasak daging.

Namun, di samping berbagai macam manfaat Barley yang sudah disebutkan di atas, ada kandungan khas biji-bijian kurang baik yang juga dimiliki oleh biji Barley, yaitu keberadaan antinutrient yang mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh.

Sebagai solusi untuk menghilangkan kandungan tersebut, alangkah baiknya rendam biji Barley sebelum diolah untuk mengurangi kandungan antinutrient sehingga membuat nutrisi yang dimiliki Barley dapat lebih mudah diserap oleh tubuh.Sebagai tips tambahan, jika ingin mendapatkan nutrisi maksimal maka ada baiknya pilih Barley dalam bentuk utuh (whole grain). Jadi, adakah di antara kamu yang sudah lama mengonsumsi salah satu jenis biji-bijian satu ini dan merasakan manfaat Barley?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload