Live Streaming Bola Gratis di Rumah? Coba Aplikasi Ini!

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 03 Mar 2022

Umumnya pada satu perangkat, Sobat Pintar memerlukan kecepatan internet sebesar 1 Mbps agar live streaming bola gratis ataupun berbayar Sobat lancar jaya. Bila ingin kualitas gambar yang lebih baik seperti HD 1080p, sebaiknya menggunakan kecepatan internet minimal 5 Mbps.

Di zaman yang teknologinya sudah semakin maju seperti sekarang ini, Sobat bisa mendapatkan berbagai macam informasi serta hiburan dengan mudah. Termasuk diantaranya adalah jika ingin menonton pertandingan bola baik itu yang diselenggarakan di dalam maupun luar negeri secara live streaming gratis ataupun berbayar.

Lewat live streaming internet ini pula, Sobat juga bisa menonton bola dari berbagai perangkat. Mulai dari smartphone, tablet, laptop, bahkan lewat Smart TV. Dan, Karena menontonnya melalui internet maka tentu saja kualitas jaringan internet yang Sobat miliki di rumah pun wajib diperhatikan. 

Baca juga: HP Murah yang Memiliki RAM Berkapasitas Besar 

Intinya, kualitas tayangan live streaming bola Sobat sangat tergantung pada kecepatan internet yang Sobat miliki.

Aplikasi Live Streaming Bola Paling Populer dan Terbaik

Ingin rebahan menghabiskan waktu Work from Home (WFH) sambil menonton bola di rumah? Sobat bisa mencoba beberapa aplikasi terbaik dan terpopuler untuk menonton live streaming bola. 

Apa saja aplikasi-aplikasi yang dimaksud? Simak yuk beberapa contohnya di bawah ini!

Mola TV

Salah satu layanan live streaming bola yang sedang populer sekarang ini adalah Mola TV. Sobat bisa menggunakannya untuk menonton berbagai pertandingan bola dari tim-tim kesayangan. Tak hanya sebagai media untuk live streaming, Sobat juga dapat menonton berbagai macam tayangan ulang pertandingan-pertandingan bola lain di aplikasi ini. 

Premier League

Gemar menonton pertandingan bola liga Inggris? Well, aplikasi yang satu ini wajib untuk dimiliki. Premier League adalah aplikasi sekaligus situs paling recommended untuk bisa menyaksikan aksi klub Inggris favorit Sobat selama liga berlangsung. 

ESPN

Siapa yang tidak kenal dengan saluran sport terkenal yaitu ESPN. Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sekedar layanan live streaming. Alasannya karena ESPN juga menayangkan berbagai pertandingan olahraga lain selain dari bola. Jadi kalau sedang ingin menonton pertandingan lainnya, ESPN bisa jadi solusi. 

Vidio

Selain Mola TV, layanan streaming Vidio juga sudah dikenal banyak orang. Sobat dapat menonton pertandingan bola secara langsung lewat aplikasi ini. 

Tak hanya pertandingan bola, sebagai aplikasi populer tentu saja Vidio juga menyediakan layanan streaming untuk menonton berbagai saluran televisi di sana. Jadi, tanpa harus memiliki perangkat televisi pun, Sobat bisa menonton tayangan-tayangan televisi favorit secara live lewat Vidio. 

beIN SPORTS

beIN SPORTS termasuk ke dalam salah satu aplikasi nonton bola paling populer yang pernah ada. Bagaimana tidak! Aplikasi ini menampilkan beragam pertandingan bola secara lengkap dari seluruh penjuru dunia mulai dari Liga Premier, Serie A, Ligue 1, English Championship, LaLiga, dan masih banyak lagi. 

Menariknya, jika misalnya Sobat ketinggalan menonton pertandingan, beIN SPORTS bahkan menyediakan fitur “reply” pada aplikasinya. Fitur ini berguna untuk memudahkan Sobat menonton ulang video pertandingan yang sudah pernah tayang namun belum sempat ditonton sebelumnya. 

Keren, bukan?

Selain beberapa aplikasi populer di atas, ada juga beberapa aplikasi streaming bola terbaik lain yang juga tak kalah populernya. Beberapa diantaranya adalah UseeTV Go, Maxstream, La Liga TV, Mivo TV dan SuperSoccer TV. 

Selain aplikasi live streaming populer resmi berbayar seperti yang dijelaskan di atas, Sobat juga bisa menikmati menonton pertandingan bola favorit secara gratis lewat situs-situs streaming tertentu. 

Dengan hanya bermodalkan kuota internet yang dimiliki, Sobat Pintar sudah bisa menonton pertandingan bola apa saja yang Sobat inginkan sambil rebahan di rumah. Penasaran apa sajakah situs-situs yang dimaksud? Berikut beberapa diantaranya.

FOX Sports Asia

Sebagai salah satu fitur populer yang menayangkan berbagai tayangan olahraga di seluruh dunia khususnya Asia, FOX Sports Asia juga bisa menjadi aplikasi pilihan agar Sobat bisa menonton live streaming bola gratis secara langsung di sini. 

Sama seperti beIN SPORTS, Sobat juga bisa menyimpan terlebih dahulu siaran bola yang Sobat inginkan di aplikasi agar bisa ditonton nantinya. Namun, oleh karena FOX Sports merupakan salah satu saluran olahraga terkenal tentunya ada fitur mereka yang baru bisa diakses apabila sudah berlangganan. 

Jadi, meski bisa menonton secara gratis, ada beberapa fitur dari FOX Sports yang terbatas bagi pengguna yang belum berlangganan. 

Nonton Bola TV

Salah satu situs live streaming bola gratis cuma-cuma yang dapat Sobat coba di rumah adalah Nonton Bola TV. Situs populer ini menyediakan banyak tayangan pertandingan. Tak hanya dari satu liga saja, bahkan Nonton Bola TV juga menyediakan berbagai liga bola terbesar di dunia. 

Beberapa contoh diantaranya adalah pertandingan-pertandingan bola dari Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Eropa, bahkan hingga FA Cup. 

Tertarik? Download aplikasi atau kunjungi situs streamingnya sekarang juga!

Mobdro

Bila ada satu aplikasi live streaming bola gratis yang menyediakan seluruh channel TV yang ada di planet bumi ini, maka itu adalah Mobdro. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi TV online terlengkap yang pernah ada. 

Melalui Mobdro, Sobat Pintar bisa menonton berbagai pertandingan olahraga terbaik di seluruh channel olahraga ternama seperti FOX Sports, beIN Sport, Sky Sports dan juga ESPN. Tak hanya itu, bahkan Sobat juga bisa menonton film online box office dari channel populer khusus seperti HBO. 

Lalu bagaimana cara mendownload aplikasi keren ini? Well, Sobat bisa mendownload-nya secara gratis lewat apk karena Mobdro tidak terdaftar di Play Store maupun App Store. Sifat aplikasi-nya yang apk membuat Mobdro hanya tersedia untuk Sobat yang menggunakan OS Android saja. 

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mumpuni Realme 8 2022

LiveStream TV

Salah satu aplikasi TV online lain yang juga bisa digunakan untuk menonton live streaming bola gratis adalah LiveStream TV. Sobat bisa mendownload-nya secara gratis lewat Play Store dan App Store. 

Tak hanya untuk menonton, bahkan aplikasi ini juga menyediakan puluhan channel agar Sobat bisa menonton TV. Apiknya, bahkan LiveStream TV juga menyedikan satu fitur istimewa bernama On Demand.

Fungsi fitur ini adalah untuk menampilkan judul-judul film yang paling sering diminta oleh pengguna aplikasi yakni fitur On Demand.

Penasaran bagaimana sih aplikasi ini? Ayo download sekarang juga!

WheresTheMatch.com

Sama seperti aplikasi Mobdro, WheresTheMatch.com juga hanya dapat didownload secara gratis lewat sistem apk. Namun perbedaannya adalah pada bagaimana cara menampilkan pertandingan bola yang akan ditonton. 

Bila Mobdro menayangkan live streaming bola gratis berdasarkan channel TV yang ada, maka WheresTheMatch.com hanya menampilkan streaming pertandingan bola yang jadwalnya hanya ada pada hari itu saja. 

Perbedaan lainnya lagi adalah bahwa aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk menonton film-film secara online seperti Mobdro.

Trik-trik Ampuh agar Live Streaming Bola Berjalan Lancar

Sedang asyik-asyiknya live streaming bola, tiba-tiba saja terjadi buffering yang membuat tayangan bola ngadat? Pernahkah Sobat mengalami hal tersebut di atas? Well, hal tersebut pastinya sangat mengganggu dan bikin jengkel, bukan? 

Untuk itulah, diperlukan beberapa trik ampuh agar live streaming bola gratis Sobat berjalan dengan lancar. 

Apa sajakah itu? Berikut beberapa caranya. 

Perhatikan Kecepatan Koneksi Internet yang Dimiliki

Hal paling pertama dan utama yang mesti diperhatikan sebelum melakukan live streaming adalah kecepatan koneksi internet Sobat. Pastikan bahwa koneksi yang dimiliki stabil agar streaming nantinya tidak tersendat. 

Caranya adalah dengan menggunakan koneksi internet stabil dan super fast seperti jaringan 4G LTE atau juga bisa Wi-Fi yang memang besar kuota atau kapasitasnya. Atau bisa juga mengganti Internet Service Provider yang Sobat Pintar miliki dengan yang lebih baik dari provide sebelumnya. 

Bersihkan Perangkat dari File-file yang Menumpuk

Hal lain yang mesti diperhatikan juga adalah perangkat smartphone yang akan digunakan untuk live streaming. Bagi smartphone bertipe Android, Sobat bisa mengatasi permasalahan buffering ini dengan cara menghapus cache, cookie serta file internet sementara yang sudah menumpuk selama ini agar performa internet menjadi lebih baik. 

Cara membersihkan tumpukan cache adalah pertama, masuk ke menu “Setting” lalu pilih “Storage.” Klik tulisan “Cache” yang ada di sana dan pilih menu “Clear Cache” untuk menghapus tumpukan file yang ada.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Biasanya dalam perangkat yang memiliki banyak aplikasi, buffering sering terjadi karena ada aplikasi yang berjalan otomatis di background sistem. Dengan kata lain, software-software ini menggunakan internet tanpa Sobat sadari. Hasilnya bisa diprediksi. Jaringan internet Sobat pun menjadi lemot karena bandwidth-nya harus terbagi. 

Untuk mengatasinya, ada baiknya Sobat Pintar uninstall beberapa program yang tidak terlalu “wajib” atau “penting” terlebih dahulu agar tidak “memakan” jaringan internet Anda saat live streaming. 

Bagaimana cara meng-uninstallnya? Pada smartphone Sobat, cukup buka saja menu “Settings” lalu klik “Application Manager.” Terakhir pilih aplikasi yang akan di-uninstall. 

End Task Program yang Sedang Berjalan di Background

Selain uninstall program, metode lain yang bisa Sobat lakukan adalah dengan end program yang sedang berjalan di background sistem. Caranya sangat mudah. Tinggal klik Task Manager atau tekan Ctrl+Shift+Esc secara bersama-sama. Setelah terbuka, pilih program yang akan Sobat putuskan jaringan internetnya. Klik program tersebut dengan tekan “End Task.”

Install Antivirus Terbaik untuk Perangkat 

Koneksi jaringan internet juga bisa menjadi lemot oleh karena ada ancaman dari pihak asing seperti malware, virus, adware, serta software berbahaya lain. Biasanya mereka berjalan di background perangkat Sobat selama live streaming bola gratis berlangsung. Akibatnya koneksi jaringan internet Sobat pun menjadi lemot. 

Karena itulah, ada baiknya untuk menginstall software antivirus terbaik untuk perangkat Sobat terlebih dahulu sebelum memulai streaming. Bukankah lebih baik mencegah daripada sudah terlanjur terkena, bukan? 

Baca juga: Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A22 yang Akan Segera Rilis

Cek Kebaruan Driver Perangkat 

Bila semua hal tersebut di atas sudah Sobat lakukan tapi tetap saja terjadi buffering maka mungkin permasalahannya berkaitan dengan driver yang digunakan. Mungkin saja driver perangkat Sobat sudah jadul. 

Seperti diketahui, driver merupakan jembatan yang berfungsi untuk mengkomunikasikan perangkat dengan sistem operasi. Karena itulah, untuk menghindari buffering tersebut maka rutinlah update driver perangkat Sobat agar dapat bekerja lebih baik. 

Gunakan Software Streaming Bola yang Direkomendasikan

Cara terakhir yang bisa dikatakan ampuh juga mengatasi buffering saat live streaming bola gratis dari perangkat smartphone Sobat adalah dengan memakai software. Alih-alih menggunakan website yang dirasa lebih berat, mengunduh software khusus untuk streaming bola seperti ini bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengatasinya. 

Beberapa software khusus seperti yang dimaksud sudah kami share dalam penjelasan di atas. Keunggulan penggunaan software-software yang dimaksud dibanding lewat situs website tertentu adalah agar tidak terlalu memakan banyak performa perangkat serta jaringan internet sehingga kegiatan menonton live streaming pun berjalan dengan lancar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan sudah diawasi OJK yang memudahkan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Yuk, ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download