9 Lagu Anak-Anak yang Masih Populer Dari Jaman Dulu

24 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 01 Apr 2022

Di era sekarang kebanyakan lagu yang diciptakan hanya cocok di dengar oleh kalangan dewasa saja. Padahal anak pun juga membutuhkan asupan lagu untuk bahan pembelajaran. Mungkin Anda sebagai orangtua pun merasa kebingungan untuk mencari lagu. Namun jangan khawatir karena lagu anak-anak dulu ternyata masih populer sampai sekarang.

Bisa dikatakan lagu untuk anak ini muncul pada tahun 90-an. Akan tetapi ketenarannya mampu bertahan sampai sekarang. Bahkan ada julukan utama untuk lagu-lagu ini yakni Tidak Ada Matinya. Adapun alasan yang melatarbelakanginya adalah kemasan lirik yang mudah diingat dan sering dipergunakan dari generasi ke generasi.

Daripada tidak ada lagu anak-anak terbaru yang pas, Anda dapat memakai lagu lama untuk bahan belajar. Selain mempunyai lirik yang cukup ringan, lagu ini juga mudah diingat dengan nada yang enak pula. Apa saja sih judul dari lagu-lagu tersebut? berikut adalah ke 10 lagu yang akan dijelaskan untuk Anda.

Baca juga: Manfaatkan Fintech Untuk Tunjang Pendidikan Anak

Lagu Anak-Anak yang Cocok Untuk Pembelajaran

1. Sayang Semuanya

Lagu anak-anak yang pertama adalah Sayang Semuanya. Penciptanya adalah Pak Kasur. Tema dari lagu ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Liriknya juga mudah diingat karena tidak terlalu panjang. Makna dari lagu ini adalah mengajak anak-anak untuk saling menyayangi anggota keluarganya.

Selain itu tambahan bilangan dasar seperti satu, dua, dan tiga juga sangat cocok digunakan si kecil untuk belajar perhitungan. Agar semakin menarik dan seru saat menyanyikannya Anda dapat mengajak anak untuk mengikuti gerakan bilangan dasar yang ada di lirik. Boleh juga diselingi tepuk tangan agar tidak bosan.

Adapun manfaat mengajak si kecil menggerakkan tangan adalah melatih motoriknya. Pasalnya anak usia dini akan lebih mudah menangkan suatu pengetahuan yang didapatkan dari orang terdekat. Dengan begitu otak akan merangsang keseimbangan antara motorik dan juga pikiran

2. Balonku

Sebagai orang generasi 80-an sampai 90-an Anda pasti tidak asing dengan salah satu lagi ciptaan A.T Mahmud yakni Balonku. Lagu anak-anak ini termasuk salah satu lagu yang paling populer dan banyak di download oleh masyarakat. Selain menjadi musik yang mempunyai lirik sederhana, Balonku juga dilengkapi nada yang enak di dengar. 

Dengan lagu Balonku ini Anda bisa mengajak anak untuk mengenal macam-macam warna dasar. Ditambah adanya unsur angka membantu anak untuk berlatih berhitung. Misalnya saja saat di lirik Meletus Balon Hijau, Dor Anda dapat menanyakan jumlah sisa balonnya. Pasalnya di awal lirik telah disebutkan kalau semua balon ada 5.

Itu artinya anak harus mengurangi 5 dengan 1. Jadi dia bisa berpikir kiranya berapa jawaban yang tepat. Tapi bukankah sudah disebutkan ya jawabannya di lirik selanjutnya? memang benar namun tetap saja si kecil akan berpikir terlebih dahulu sebelum ke lirik berikutnya.

Baca juga: 8 Tahapan untuk Mendaftar Sekolah Online

3. Potong Bebek Angsa

Potong Bebek Angsa juga menjadi lagu anak-anak berikutnya yang bisa dijadikan pilihan. Lagu ini mengusung tema ceria karena liriknya mengandung kegembiraan agar membuat penyanyi melakukan gerakan aktif. Lagu ini berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Dengan menyanyikan lagu Potong Bebek Angsa, anak akan lebih aktif karena diiringi dengan gerakan layaknya seekor bebek ketika mengepahkan sayapnya. Disamping itu lirik serong kanan dan serong kiri juga menjadi salah satu pembelajaran untuk mengenal arah.

4. Bintang Kecil

Siapa yang tidak kenal dengan lagu anak-anak yang satu ini. Bintang Kecil adalah judulnya. Di tengah maraknya lagu-lagu trend di luaran sana, Bintang Kecil masih menjadi lagu populer yang banyak disukai anak-anak. Tak lepas dari itu semua lagi ini mempunyai keunggulan di bagian lirik dan nada.

Liriknya hanya ada 4 baris saja dan nada yang dimiliki mempunyai unsur keceriaan. Bahkan banyak dari orangtua yang mengajak komunikasi anak usia balita dengan lagu ini. Jika sudah merespon gerakan-gerakan kecil, Anda dapat menambahkan gerakan pula agar anak semakin semangat dalam menyanyikannya.

5. Cicak Di Dinding

Diciptakan oleh A.T Mahmud lagu anak-anak Cicak di Dinding juga mendapatkan respon positif dari masyarakat. Buktinya lagu ini masih dicari sampai sekarang. Mengambil tema binatang melata cicak, lagu ini juga banyak dijadikan sebagai bahan komunikasi untuk orangtua dengan anak usia balita bahkan batita.

Cicak di Dinding mempunyai lirik yang sangat simpel. Meskipun demikian liriknya ini dapat memperkenalkan anak pada hewan cicak. Selain itu liriknya juga ceria sehingga bisa digunakan sebagai lagu untuk permainan sederhana dengan buah hati. Menyanyikannya bersama si kecil akan semakin menyenangkan jika Anda pun ikut aktif.

Baca juga: Berikan Edukasi Literasi Keuangan Kepada Anak!

6. Dua Mata Saya

Kebanyakan lagu anak-anak dari Indonesia memang diciptakan oleh penulis lagu legend dan handal seperti Pak Kasur. Liriknya ada 4 baris saja, dimana pemakaian kata yang ringan menambah daya tarik dari lagu yang satu ini.

Dengan menyanyikannya bersama anak Anda akan lebih mudah memperkenalkan kepada mereka mengenai bagian-bagian tubuh. Memang tidak semuanya dikutip dalam lirik lagu, melainkan hanya mata, telinga, dan hidung. Akan tetapi dengan pengetahuan kecil ini motorik anak akan lebih berkembang dan terangsang.

7. Bangun Tidur

“Bangun Tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi” lirik dari lagu Bangun Tidur yang satu ini sangat mudah tertancap di kepala karena sangat mudah dan simpel. Lagi-lagi pencipta lagu tenar untuk anak-anak adalah Pak Kasur, dimana di setiap lirik mempunyai makna atau pesan tersendiri yang dapat diajarkan untuk anak.

Lagu ini hanya mempunyai empat lirik sederhana saja. Pada setiap kata yang tercipta mengajarkan kepada kita apa saja kegiatan yang harus dilakukan setelah bangun dari tidur. Lewat lagu ini Anda bisa mengajarkan kedisiplinan pada anak bahwa terdapat kegiatan penting yang harus dilakukan setelah bangun.

8. Topi Saya Bundar

Untuk lagu anak-anak yang berikutnya berjudul Topi Saya Bundar. Hampir semua orang mengetahui lagu ini. Bahkan saat mulai masuk sekolah pasti ada lagu ini yang dinyanyikan bersama guru dan teman-teman. Lagu ini juga hasil karya dari seniman musik Pak Kasur. Meskipun mempunyai banyak ciptaan namun Topi Saya Bundar berhasil terkenal.

Banyak orang menyukainya karena nada yang kalem dengan lirik singkat sehingga mudah untuk diingat. Lewat lagu ini Anda dapat mengajak anak untuk bernyanyi sambil melakukan gerakan-gerakan ringan seperti menunjuk kepala dan menunjuk diri sendiri. Hal ini akan memberikan pengaruh positif bagi kinerja otak anak.

9. Naik Kereta Api

Lagu anak-anak terakhir adalah Naik Kereta Api dimana penciptanya adalah Ibu Sud. Lagu ini mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1960-an, itu artinya sudah berpuluh-puluh tahun masih diminati. 

Penciptaan lagu Naik Kereta Api sendiri didasari karena pengalaman dari pencipta ketika menempuh perjalanan dari Bandung ke Surabaya. Dari lagu ini anak bisa memahami bahwa terdapat transportasi yang bentuknya panjang seperti ular dan tidak mau berhenti lama untuk menunggu penumpang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download