7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

11 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Diantara banyaknya hobi yang dilakoni kebanyakan orang, ada salah satu hobi yang berpeluang menghasilkan uang. Hobi tersebut adalah membuat kerajinan tangan. Peminat dari produk kerajinan tangan terbilang cukup tinggi karena nilai keunikan dan estetikanya. Nah, sebenarnya ada banyak jenis ide bisnis kerajinan tangan yang menghasilkan uang. 

7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Untuk mengetahui apa saja ide kerajinan tangan yang bisa dijual dan menghasilkan uang, kamu bisa simak rekomendasinya berikut. Disamping itu, di bawah ini juga ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari membuat kerajinan tangan selain bisa menghasilkan uang.

Baca juga: Mau Tau Cara Membuat Bakpao? Ikuti Langkah Ini | Kredit Pintar 

Keuntungan Membuat Kerajinan Tangan

7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Siapa bilang membuat kerajinan tangan itu hanya buang-buang waktu saja. Justru, membuat kerajinan juga bisa menghasilkan keuntungan bukan hanya dari segi cuan saja. Nah, berikut ini adalah keuntungan yang mungkin bisa kamu dapatkan, yuk simak!

Mengasah Kreativitas

Setiap orang pada dasarnya memiliki tingkat kreativitas tersendiri. Kreativitas tersebut akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Membuat kerajinan tangan dinilai jadi cara tepat untuk mengasah dan meningkatkan kreativitas yang kamu miliki. Semakin kamu mengasah kreativitas tersebut, akan semakin unik kerajinan tangan yang bisa kamu hasilkan. 

Tidak masalah jika saat awal-awal membuat kerajinan masih melihat tutorial dari orang lain, namun saat sudah terbiasa membuat kerajinan, kamu akan bisa dengan mudah mengimprovisasi pembuatan kerajinan tersebut. Lama kelamaan, kamu pun berkesempatan menghasilkan kerajinan tangan yang menghasilkan uang. 

Memaksimalkan Penggunaan Barang Bekas

Kerajinan tangan bukan hanya bisa dibuat dari bahan-bahan baru saja, tetapi juga bisa dibuat dari bahan bekas. Hal ini dinilai jadi solusi tersendiri untuk mengatasi dan mengelola banyaknya barang bekas yang ada di sekeliling kita. Misalnya saja,  botol bekas, kardus, ataupun barang-barang bekas lainnya.

Daripada barang bekas itu dibuang begitu saja dan menambah tumpukan sampah, tidak ada salahnya untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang estetis dan memiliki nilai kegunaan. Dengan cara ini juga, kamu turut membantu mengurangi permasalahan sampah dan limbah yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. 

Mengisi Waktu Luang

Membuat kerajinan tangan sama dengan hobi lainnya juga bisa dipakai untuk mengisi waktu luang. Dengan cara ini, waktu luang yang kamu miliki rasanya akan semakin bernilai dan memberikan banyak manfaat. Mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan juga bisa menjadi cara untuk membuang rasa malas. 

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja? | Kredit Pintar 

Mendapatkan Pemasukan Tambahan

Inilah salah satu keuntungan yang bisa dibilang paling menguntungkan dari membuat kerajinan tangan. Disamping bisa mengasah kreativitas, memanfaatkan barang bekas, dan mengisi waktu luang, kamu juga bisa mendapat pemasukan tambahan dari membuat kerajinan tangan yang menghasilkan uang. 

Semakin unik dan bermanfaat kerajinan tangan yang dihasilkan maka semakin tinggi pula harga jual kerajinan tangan tersebut. Apalagi jika kamu saat ini masih bersekolah atau berkuliah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menambah uang saku. 

Macam-Macam Kerajinan yang Menghasilkan Uang

Banyaknya manfaat yang didapat dari membuat kerajinan tangan pun membuat banyak orang yang tertarik untuk secara serius menekuni pembuatan kerajinan. Lalu, apa saja macam-macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang? Berikut inilah daftarnya. 

Buket Bunga dari Kain atau Kertas

Buket bunga berasal dari kertas atau kain bisa jadi ide menarik kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Apalagi sekarang banyak orang yang senang menghadiahi teman, kerabat, atau kekasihnya dengan buket bunga di acara penting mereka. 

7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Namun, selain buket bunga asli, buket bunga berbahan kain atau kertas juga cukup banyak dicari. Buket bunga ini memiliki nilai yang lebih dari bunga asli karena lebih tahan lama dan tidak akan layu. Disamping itu, tidak sedikit juga yang mengkreasikan buket bunga dengan snack, kerudung, dan lainnya. 

Kerajinan Tangan Rajut 

Kerajinan tangan hasil rajutan juga bisa menjadi ide bisnis yang tidak kalah unik. Kerajinan tangan ini biasanya berupa baju, boneka, kaos kaki, tatakan gelas, dan masih banyak lagi. Sekarang ini juga cukup banyak masyarakat yang memiliki minat beli terhadap kerajinan tangan rajut.

Sehingga, kamu bisa menjadikan kerajinan tangan rajut sebagai ide kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Di lain sisi, pembeli juga akan diuntungkan karena barang kerajinan yang dibeli bukan hanya unik, tetapi memiliki nilai manfaat. 

Baca juga: Fakta Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatan | Kredit Pintar 

Lilin Aromaterapi

Pastinya kamu juga tidak asing bukan dengan lilin aromaterapi yang cukup hits akhir-akhir ini? Siapa sangka lilin aromaterapi ini juga dihasilkan dari kerajinan tangan. Aroma lilin yang dihasilkan umumnya berasal dari bahan alami yang mudah didapatkan seperti bunga dan biji kopi. 

7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Dengan berbahan dasar alami, modal yang dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan ini pun tidaklah mahal.  Jadi, cukup terjangkau untuk kamu yang ingin memulai bisnis kerajinan tangan dengan modal minim. 

Strap Masker atau Konektor Masker

Penggunaan masker mulai merebak sejak pandemi Covid-19 mulai mewabah di seluruh dunia. Nah, penggunaan masker ini juga membuat meningkatnya penggunaan strap masker dan konektor masker. Melihat tingginya penggunaan masker ini, para pengrajin tangan tekstil pun banyak yang memulai bisnis pembuatan strap masker dan konektor. 

Untuk pembuatan strap masker, kamu bisa memanfaatkan manik-manik atau pernak-pernik aksesoris. Kemudian, untuk konektor masker juga tidak kalah mudah. Bahan yang kamu butuhkan diantaranya kain, karet, kancing baju dengan ukuran besar, benang, dan jarum. 

Kerajinan dari Botol Bekas

Botol bekas bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan tidak terkecuali untuk membuat kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Contohnya untuk membuat kerajinan berupa celengan uang, hiasan lampu, tempat pensil, pot bunga, dan lain sebagainya. 

Menggunakan botol bekas sebagai kerajinan tangan tentu sangat efisien karena secara tidak langsung kamu bisa membantu mengurangi banyaknya jumlah limbah plastik. Jadi, bisa dikatakan kamu bukan hanya mendapatkan untung dari kerajinan tangan, tetapi juga berpeluang untuk menjaga lingkungan. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos yang Mudah dan Cepat | Kredit Pintar 

Lampu Hias dari Stik Es Krim

Stik es krim ternyata juga memiliki nilai manfaat untuk dibuat kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Salah satu diantaranya adalah lampu hias yang bisa dikreasikan dari stik es krim. Proses pembuatan lampu hias ini ternyata tidaklah rumit. Kamu hanya perlu menyusun stik es krim sesuai dengan desain yang kamu inginkan. 

Nilai jual dari lampu hias juga bisa dinilai tidak murah, apalagi lampu hias yang punya desain unik dan menarik. Oleh karenanya, usaha ini bisa kamu tekuni jika ingin mendapatkan keuntungan dari menghasilkan kerajinan tangan. 

Makrame

Satu lagi jenis kerajinan tangan yang menghasilkan uang adalah makrame. Mungkin belum banyak yang familiar dengan kerajinan tangan satu ini. Makrame adalah salah satu kerajinan tangan yang dibuat dari simpul benang yang dikreasikan sedemikian rupa menjadi bentuk yang cantik. 

Umumnya, kerajinan tangan ini sering dipajang atau digunakan untuk hiasan dinding, gorden jendela, sekat ruang, dan lain-lain. karena hasil dari makrame yang indah, pembuatannya juga tidak mudah. Dibutuhkan keahlian khusus dalam merangkai tali dengan simpul-simpul yang berbeda. 

Baca juga: Cantik dan Praktis! Ini Cara Membuat Kotak Kado | Kredit Pintar 

Jadi, itulah macam-macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang yang bisa dijadikan alternatif untuk ide bisnis. Selain bisa menghasilkan uang, ada banyak keuntungan lain dari kerajinan tangan yang pastinya sangat bermanfaat bagi siapa pun yang membuat maupun menggunakannya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download