Cantik dan Praktis! Ini Cara Membuat Kotak Kado

10 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Apr 2022

Momen lebaran tidak hanya jadi ajang silaturahmi dan berbagi rezeki melalui bagi-bagi THR. Agar lebih hemat, sobat pintar bisa membuat hampers lebaran sendiri. Ikuti saja tutorial cara membuat kotak kado, lalu isi hampers sesuai keinginan dan budget.

Sebenarnya tidak hanya saat momen lebaran saja, memberikan hadiah berupa kado biasa dilakukan saat pernikahan, kelulusan, kelahiran bayi, dan perayaan ulang tahun.

Baca juga: Beragam Ide Inspiratif Kado untuk Bayi

Bagaimana Cara Membuat Kotak Kado dengan Mudah?

Kado atau hadiah merupakan bingkisan istimewa yang diberikan kepada orang lain tanpa adanya harapan timbal balik secara langsung. Biasanya kado diberikan sebagai tanda terima kasih, kasih sayang atau bentuk rasa bahagia seseorang.

Cara membuat kotak kado yang cantik dan praktis tidak membutuhkan kreativitas tinggi. Sobat pintar bisa menggunakan kertas dan menambahkan aksesoris berupa pita, tali, atau hiasan lainnya.

Bahkan sobat pintar bisa memanfaatkan barang bekas di rumah seperti kardus, atau box penyimpanan tidak terpakai. Setelah mendapatkan bahan membuat kotak kado, sobat pintar hanya perlu mencari template desain DIY kotak kado. 

7 Inspirasi Membuat Kotak Kado dengan Mudah

Tidak perlu bingung mencari template pola kotak kado, sobat pintar bisa ikuti 6 inspirasi DIY kotak kado berikut ini.

Kotak Kado Bentuk Tas

Berbeda dari kotak kado bentuk tas lainnya, inspirasi bentuk kado ini menyerupai clutch atau tas kecil. Kotak kado ini bisa digunakan untuk membungkus hadiah berupa pakaian. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak kado ini, sobat bisa memilih kertas karton tebal berwarna netral seperti hitam atau coklat. Lalu tambahkan aksesoris kertas kado bermotif bunga dan pita berwarna cerah.

Cara membuat kotak kado bentuk tas.

  • Siapkan bahan yang dibutuhkan
  • Buat template desain seperti yang dicontohkan pada gambar
  • Lipat pada bagian garis dengan rapi dan rekatkan perlahan dengan lem kertas
  • Masukkan hadiah ke dalam kotak kado
  • Tempelkan kertas kado pada bagian, depan, belakang dan penutup
  • Tambahkan aksesoris pita pada holder tas

Refrensi Template Kotak Kado Bentuk Tas, source : thepaperpixie.com

Kotak Kado Untuk Bungkus Makanan

Mendekati lebaran, cocok sekali memberikan hampers lebaran berupa makanan khas perayaan Idul Fitri. Umumnya hampers lebaran berisi kue kering seperti nastar, putri salju atau kastengel. 

Buatlah hampers lebaran terlihat lebih unik dan cantik dengan membuat kotak kado sendiri. Sobat pintar bisa ikuti cara buat kotak kado yang cocok untuk membungkus makanan.

Source : mungfali.com

Sobat pintar hanya perlu membuat pola kotak kado seperti template pada gambar di atas. Bahan yang digunakan bisa menggunakan karton tebal, kertas kado bermotif, dan pita untuk aksesoris.

Rangkai pola kotak kado dengan cara melipat garis putus, kemudian rekatkan lipatan dengan lem kertas. Agar kotak kado lebih kuat, tambahkan kardus tipis pada bagian bawahnya.

Kotak Kado Bentuk Permen

Bentuk kotak kado ini cocok sekali digunakan untuk kado ulang tahun dan kado pernikahan. Bentuk permen yang simpel ini bisa digunakan untuk membungkus hadiah berupa perawatan wajah, parfum, perlengkapan make up atau pakaian. 

Ide kotak kado bentuk permen ini bisa juga digunakan untuk membungkus hadiah Handphone. Memiliki HP baru saat ini bukan hal yang sulit, sobat pintar bisa mendapatkannya dengan cara kredit di berbagai platform marketplace.

Baca juga: 3 Cara Kredit HP Aman dan Mudah

source : mungfali.com

Pola kado bentuk permen ini cukup mudah diikuti bukan? Sobat pintar bisa menggunakan karton warna warni atau bermotif. Tentunya agar kado terlihat cantik, tambahkan pita yang memiliki warna sesuai dengan kertasnya.

Kotak Kado Dari Kardus

Selain menggunakan bahan dari karton, sobat pintar juga bisa memanfaatkan kardus bekas sebagai bahan utama cara membuat kotak kado yang praktis.

Tentukan terlebih dahulu bentuk kotak kado yang diinginkan, seperti bentuk kubus pada umumnya atau bentuk kado lingkaran yang terlihat lebih unik. Selanjutnya sobat pintar bisa membuat pola kotak kado yang diinginkan, agar lebih mudah ikuti saja template berikut ini.

source : coolcreativity.com

Setelah merangkai pola kotak kado dari kardus, tambahkan aksesoris seperti kertas kado bermotif, pita dengan warna cantik dan senada, dan kain lace atau beads agar lebih manis. 

Kotak Kado Bentuk Karakter Lucu

Bosan dengan kotak kado dengan bentuk yang monoton? Coba saja buat dengan bentuk karakter lucu seperti burung hantu seperti gambar berikut ini.

source : dreamstime.com

Pola yang dibutuhkan agar bentuk burung hantu lebih sempurna, sobat pintar perlu membuat bentuk mata, telinga dan sayap. Buatlah masing-masing pola bentuk burung hantu dengan warna yang berbeda. 

Sobat pintar bisa menggunakan 3 karton dengan warna hijau tosca, hitam dan putih. Untuk mengaitkan kotak kado, gunakan pita atau cukup rekatkan dengan double tape. Bentuknya yang lucu dan unik, kotak kado ini bisa sobat gunakan sebagai hiasan di kamar. 

Kotak Kado Album Pop up

Memberikan hadiah untuk orang yang spesial tidak harus berupa barang mahal. Sobat pintar juga bisa memberikan kado unik dan tak terlupakan seperti scrapbook album Pop up Box.

Kado pop up box biasanya berisi kenangan album foto, surat, ucapan atau desain menarik lainnya. Bentuk kado ini cocok sekali diberikan saat momen perayaan anniversary bersama pasangan.

source: pinterest.com/Jaqueline-Ramos

Sobat pintar bisa membuat kotak kado pop up box yang simpel seperti gambar di atas. Buatlah 3 sampai 4 pola kubus, lalu buat juga alas atau luaran box berupa persegi dengan ukuran yang menyesuaikan pola kubus.

Tempelkan masing-masing pola kubus secara bertahap bersama album foto dan desain menarik lainnya. Kemudian buatlah penutup kotak kubus dengan menggunakan pola dan ukuran yang sama dengan luaran box.

Kotak Kado Untuk Perhiasan

Sobat pintar ingin memberikan kesan unik saat memberikan kado perhiasan untuk pasangan? Jangan langsung berikan kado dengan kotak perhiasan, sebaiknya dibungkus dengan kotak kado bentuk piramida.

source: ganoskin.com

Bentuk kotak kado ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan ketika membuka tali pengait, sembari menebak isi kado mungil yang diberikan. Jika kado perhiasan ini diberikan untuk hadiah ulang tahun pernikahan, jangan lupa tambahkan kartu ucapan pernikahan. 

Baca juga: Ucapan Pernikahan untuk Kartu dan Anniversary

Pola kotak kado piramida tidak terlalu sulit, hanya perlu membuat gambar empat segitiga dan satu persegi sebagai alas. Jangan lupa memberikan lubang kecil pada setiap sisi segitiga untuk tali pengait.

Tali pengait yang bisa digunakan seperti pita kecil, atau agar terlihat lebih vintage bisa gunakan tali rami berwarna coklat. 

Tidak cukup memiliki budget untuk memberikan kado perhiasan? Sobat pintar bisa mengajukan pinjaman di Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Syarat pengajuannya cukup mudah, dalam waktu 10 menit hanya dengan KTP bisa langsung diproses dengan aman.

Demikian berbagai inspirasi cara membuat kotak kado cantik dan praktis yang mudah untuk dicoba. Dengan mencobanya, sobat pintar bisa mengasah kreatifitas dan menghemat pengeluaran budget hadiah. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download