Beragam Ide Inspiratif Kado untuk Bayi

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 03 Mar 2022

Kado untuk bayi adalah salah satu buah tangan yang menyatakan kebahagiaan kelahiran anggota keluarga baru. Jika Sobat bingung mau memilih kado mana yang cocok dan bisa tahan lama seperti itu, yuk, cek artikel di bawah ini! 

Siapa tahu ada salah satu diantara beberapa ide inspiratif dari kami bisa menjadi saran atau ide yang baik bagi Sobat sekalian.

Baca juga:  Cara Menghitung HPHT Menstruasi dan Hari Lahir

Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Awet dan Tahan Lama

Dilansir dari Hai Bunda sebagaimana mengutip dari Today, hadiah terbaik untuk bayi adalah hadiah yang mampu merangsang indera mereka. Dalam penglihatan orang dewasa mungkin bayi terlihat hanya tidur, makan, dan menyusui saja, namun tahun pertama kehidupan seorang bayi sebenarnya penuh dengan perubahan seismic yang penting untuk perkembangannya. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memberikan hadiah yang mampu melatih indera mereka serta awet dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Nah, supaya tidak keliru dalam memberi kado untuk bayi baik itu bayi laki-laki maupun perempuan, berikut ada beberapa ide inspiratif yang bisa dijadikan pilihan.

Pakaian Bayi

Ada banyak jenis pakaian bayi beserta pernak-perniknya yang bisa Sobat berikan sebagai kado untuk teman atau keluarga yang baru melahirkan. Beberapa jenis yang dimaksud adalah kaos kaki, sarung tangan, kaos dalam, hingga sepatu bayi. 

Pakaian bayi - Beragam Ide Inspiratif Kado untuk Bayi

Sobat bisa menemukan hadiah yang dimaksud di toko-toko perlengkapan bayi dan anak. Umumnya mereka sudah menyiapkan setelan pakaian yang telah dibungkus cantik agar bisa digunakan sebagai kado. Supaya tidak repot, Sobat bisa mencoba membeli paket seperti itu atau bisa juga dengan membelinya secara eceran lalu membungkusnya sendiri. 

Bantal Menyusui

Kado untuk bayi lain yang bisa sangat bermanfaat adalah bantal menyusui. Bantal menyusui sangat bermanfaat bagi ibu agar bisa menyusui bayinya dalam posisi yang nyaman. Topangan pada bantal dapat membantu lengan agar tidak mudah sakit saat memegang bayi selama proses menyusui. 

Bottle Warmer dan Sterilizer

Bila sang Ibu si bayi adalah seorang wanita karir yang harus membagi waktunya antara buah hati dan karirnya maka perlengkapan seperti bottle warmer dan sterilizer ini akan sangat bermanfaat. 

Sobat bisa menghadiahkannya sebagai kado satu per-satu karena kedua benda ini biasanya dijual satuan secara terpisah. Namun ada pula yang menjualnya secara paketan atau tidak terpisah. Jadi, hal itu tergantung bagi Sobat apakah memilih keduanya sekaligus untuk dijadikan kado atau hanya salah satu diantaranya.

Handuk Bayi

Tak bisa dipungkiri kalau handuk adalah salah satu perlengkapan yang paling sering dibutuhkan bayi dan selalu digunakan oleh orang tua si bayi. Hadiah ini termasuk dalam jenis kado yang tidak akan mubazir karena akan selalu bisa digunakan baik itu untuk bayi baru lahir maupun setelah bayi sudah mulai beranjak dewasa, tentunya dalam rentang usia tertentu. 

Untuk menjadikannya sebuah kado, harap untuk memilih handuk yang seratnya lembut dan tidak berwarna gelap. Pilihlah handuk yang warnanya cerah agar serangga atau semut yang kebetulan menempel pada handuk dapat langsung terlihat.

Baby Pax

Kado untuk bayi yang satu ini dinamakan baby pax. Benda ini berisi satu set botol kaca, cooler bag, dan ice gel. Kegunaannya adalah untuk mempertahankan susu ASI dingin hasil pompa hingga berjam-jam lamanya. Sangat bermanfaat bagi Ibu yang ASI-nya melimpah karena bisa disimpan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sang bayi.

Popok Bayi

Meski terkesan sepele, namun biaya total yang dikeluarkan oleh orang tua si bayi untuk membeli popok setiap bulannya juga tidak sedikit, lho! Untuk meringankan beban tersebut, hadiah berupa popok bayi bisa sangat bermanfaat bagi si bayi karena pasti akan digunakan.

Namun bila ingin menghadiahkan popok bayi, harap Sobat Pintar bertanya dulu kepada orang tua si bayi tentang ukuran dan merek popok bayi apa yang sering digunakan. Bisa jadi bayi tersebut sensitif dengan produk popok tertentu, bukan?

Stroller (Kereta Bayi)

Bisa dikatakan bahwa stroller atau kereta bayi merupakan kado yang lumayan mahal untuk diberikan kepada teman yang baru melahirkan. Apalagi jika ingin stroller yang menyatu dengan baby walker-nya maka harganya pun semakin mahal. 

Namun kado ini termasuk ke dalam hadiah paling awet dan tahan lama untuk digunakan oleh bayi. Selain itu, stroller juga bisa jadi hadiah yang cocok bagi teman kantor yang baru melahirkan karena Sobat dapat membelinya secara patungan bersama-sama dengan teman kantor yang lain.

Baca juga: Beragam Ide Inspiratif untuk Nama Bayi Laki-laki

Swaddle Blanket 

Swaddle blanket atau istilah populernya kain bedong adalah salah satu perlengkapan bayi yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan bayi dan anak. Sobat Pintar bisa memilih salah satu diantara dua jenis kain bedong, apakah mau yang kain biasa ataupun yang instan. 

Usahakan untuk membeli swaddle blanket yang bahannya berasal dari katun yang lembut. Sebelum dibungkus sebagai kado, pastikan motifnya sesuai dengan jenis kelamin bayi yang akan Sobat hadiahkan. 

Beragam Ide Inspiratif Kado untuk Bayi

Peralatan Mandi Bayi

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga perlu peralatan mandi lho! Tentunya alat mandi mereka tidak sama dengan orang dewasa bahkan tentunya dalam ukuran yang lebih kecil. 

Beberapa contohnya antara lain bak mandi bayi, handuk bayi, serta tempat sabun pumping. Peralatan untuk mandi ini dapat digunakan oleh mandi mulai dari baru lahir hingga ketika ia sudah agak besar. 

Jadi, bila ingin kado awet yang akan digunakan oleh sang bayi sampai umur tertentu maka peralatan mandi bisa menjadi pilihan hadiah yang tepat. 

Selimut Bayi

Selimut adalah salah satu perlengkapan penting yang paling sering digunakan untuk bayi baru lahir. Selain berfungsi sebagai alas bayi, selimut juga digunakan untuk menghangatkan bayi. 

Sebagai kado untuk bayi yang baru lahir, harganya tidak mahal-mahal amat kok! Sobat dapat memilih salah satu diantara beberapa pilihan seperti selimut hangat dan tebal untuk tummy time, selimut bedong, atau juga selimut kain penyangga lengan bunda saat bayi menyusui. 

Jangan lupa untuk memilih selimut yang bahannya halus, lembut, serta bebas dari alergi agar si bayi nyaman saat digunakan. 

Perlengkapan Makan

Meski pada saat baru lahir, bayi sepenuhnya tergantung dengan ASI ibu, namun ketika sudah mulai berusia 6 bulan, bayi akan diberikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Saat itulah perlengkapan makan dari Sobat akan dibutuhkan. Mulai dari hari itu hingga usia bayi sudah agak besar, bayi akan memerlukan asupan makan untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya. 

Beberapa perlengkapan makan yang bisa dijadikan kado adalah piring, mangkok, gelas serta sendok garpu. Jikalau Sobat ke toko perlengkapan bayi, biasanya peralatan ini sudah dijual dalam satu set. 

Jadi bila ingin menghadiahkannya sebagai kado untuk bayi, Sobat Pintar tinggal memilih satu set dan tidak perlu repot membelinya dalam satuan. 

Baca juga: Besar Biaya yang Disiapkan untuk Kehamilan dan Persalinan

Kaos Kaki dan Kaos Tangan

Tentu saja kaos kaki dan kaos tangan adalah kado yang tepat sekaligus terjangkau untuk dihadiahkan kepada bayi yang baru lahir. Selain bisa digunakan sebagai alas kaki dan pelindung tangan agar tetap hangat, kaos kaki juga melindungi kaki dan tangan bayi jika misalnya dibawa keluar rumah. 

Tas Perlengkapan Bayi/ Diaper Bag

Tas untuk menyimpan perlengkapan adalah kado untuk bayi paling netral yang bisa ditujukan untuk semua bayi baik itu bayi laki-laki ataupun perempuan. Bila ingin memberikan tas sebagai hadiah, usahakan untuk membeli tas yang terbuat dari kain yang waterproof serta memiliki banyak kantong. 

Kantong-kantong tersebut berfungsi sebagai tempat bantal, botol susu, dan popok bayi. Bila bayi yang akan dihadiahkan kembar, Sobat bisa membeli tas perlengkapan yang ukurannya agak lebih besar dibandingkan tas perlengkapan biasa. 

Baby Bouncer

Beragam Ide Inspiratif Kado untuk Bayi

Baby bouncer adalah perlengkapan khusus yang digunakan untuk menimang bayi. Perlengkapan ini berupa kursi khusus bayi yang biasa digunakan sebagai alas tidur atau alas duduk bayi. 

Bahannya sangatlah empuk serta nyaman sehingga bayi betah duduk di atasnya. Modelnya pun bermacam-macam mulai dari yang biasa hingga yang memiliki mainan gantung di atasnya. 

Adanya mainan yang menggantung di atas bayi sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan sensoriknya mulai dari indera penglihatan hingga indera perabanya. Tak hanya itu, baby bouncer juga bisa sangat berguna dalam mengalihkan perhatian bayi agar tidak mudah menangis.

Demikianlah beberapa ide kado inspiratif yang bisa Sobat Pintar beli untuk dihadiahkan kepada teman, keluarga atau saudara yang baru saja melahirkan. Beberapa diantaranya agak mahal namun banyak juga yang harganya terjangkau. Pilihlah sesuai dengan keinginan dan kemampuan Sobat. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan sudah diawasi OJK yang memudahkan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Yuk, ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download