Biaya Yang Harus Disiapkan Untuk Kehamilan dan Persalinan Anak Pertama

21 Jan 2021 by Rindang

Mempersiapkan biaya kehamilan dan persalinan — Kehamilan adalah peristiwa paling membahagiakan dari sepasang suami istri yang sudah menanti kehadiran buah hati dalam hidup mereka. 

Tidak semua pasangan suami istri mengalami proses kehamilan yang mudah, khususnya dalam kasus kehamilan anak pertama. 

Kehamilan anak pertama adalah momen dimana sepasang calon ayah dan ibu belajar untuk mempersiapkan kehadiran buah hati, mulai dari proses kehamilan hingga persalinan. 

Karena masih belajar, tentunya ilmu yang dimiliki untuk menyambut buah hati belum terlalu mumpuni. 

Pada kehamilan anak pertama, biasanya calon ayah dan ibu akan cukup terkejut merasakan banyaknya dana yang harus dikeluarkan selama masa kehamilan. 

Belum lagi, saat mendekati hari kelahiran, calon ayah dan ibu akan dihadapkan dengan berbagai macam keperluan bayi dan pilihan metode persalinan dengan rincian yang berbeda.

Apabila dana tersebut tidak disiapkan, maka hal ini akan beresiko mengacaukan perencanaan keuangan Sobat Pintar.

Maka dari itu, sebelum merencanakan kehamilan, Sobat Pintar wajib tahu rincian biaya selama kehamilan dan persalinan, sebagai berikut;

Perawatan kehamilan

Untuk mengetahui apakah Sobat Pintar sedang hamil atau tidak, Sobat Pintar akan membutuhkan biaya untuk periksa ke dokter kandungan. 

Apabila Sobat Pintar sudah menerima kabar gembira berupa tes kehamilan yang positif, maka Sobat Pintar akan membutuhkan biaya untuk pemeriksaan kandungan sebanyak 9 kali. 

Yang mana, akan terjadwal dilakukan setiap bulan, apabila keadaan kandungan cukup sehat.

Pemeriksaan kandungan ini berguna untuk memantau kesehatan calon ibu dan janin, sehingga jangan sekalipun Sobat Pintar melewatkan jadwal periksa kandungan.

Selain itu, mungkin ada tambahan vitamin atau makanan tertentu untuk kesehatan ibu dan janin.

Vitamin tersebut biasanya bersifat opsional, namun ada baiknya Sobat Pintar mencari tahu range harga tentang vitamin ini dari kawan-kawan yang sudah pernah menjalani kehamilan.

Apabila Sobat Pintar hendak melaksanakan acara adat sebagai bentuk perayaan syukur atas kesehatan calon ibu dan janin, maka Sobat Pintar perlu menyiapkan dana untuk acara adat tersebut. 

Kebutuhan dana untuk acara adat akan berbeda bagi setiap individu, ya. 

Dana ini wajib disertakan dalam perencanaan keuangan untuk kehamilan apabila Sobat Pintar hendak menyelenggarakan acara adat sesuai dengan kepercayaan yang dianut.

Kebutuhan bayi

Berbagai kebutuhan bayi, tentu saja wajib disiapkan sebelum masa persalinan. 

Dalam kehamilan anak pertama, Sobat Pintar wajib membuat daftar perlengkapan bayi berupa

  1. Peralatan mandi
  2. Peralatan makan
  3. Tempat tidur
  4. Pakaian beserta selimut, kain bedong, dan popok
  5. Trolly atau baby car seat untuk keperluan mobilitas

Untuk memperkirakan dana yang disiapkan, ada baiknya Sobat Pintar melakukan riset harga kebutuhan bayi melalui website atau marketplace yang menjual kebutuhan bayi.

Sobat Pintar akan menemukan banyak pilihan kebutuhan bayi yang memiliki berbagai macam harga yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan. 

Untuk menekan dana pembelian kebutuhan bayi, Sobat Pintar bisa membeli beberapa kebutuhan bayi berupa tempat tidur, trolly, dan baby car seat yang secondhand karena biasanya barang-barang tersebut memiliki usia pakai yang cukup panjang. 

Namun, ada baiknya Sobat Pintar melihat keadaan barangnya secara langsung sebelum membeli. 

Biaya persalinan

Setelah menyiapkan segala hal yang berhubungan dengan kehamilan, maka hari kelahiran menunggu untuk dipersiapkan. 

Mendekati persalinan, apabila kondisi janin terpantau sehat dan tidak sungsang, maka dokter kandungan akan memberikan pilihan untuk melahirkan secara normal atau caesar. 

Namun, apabila posisi bayi sungsang dan Ibu berada dalam keadaan rentan untuk melahirkan, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengambil pilihan persalinan caesar. 

Biaya persalinan caesar umumnya terbilang cukup mahal dibandingkan persalinan normal.

Selain itu, dalam proses pemulihan, Ibu akan membutuhkan berbagai perlengkapan tambahan seperti bra menyusui, pompa asi, dan pembalut selama masa nifas. 

Untuk menyambut lahirnya si buah hati, tentunya Sobat Pintar perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, bukan? 

Meskipun sudah merencanakan rincian keuangan ini dengan baik, namun ada kalanya perkiraan yang disiapkan meleset dari biaya yang dikeluarkan secara aktual.

Apabila hal tersebut terjadi, Sobat Pintar bisa menyiasatinya dengan mengajukan pinjaman dana tunai secara online berupa uang pinjaman yang bisa dicicil.

Namun, Sobat Pintar perlu berhati-hati dalam mengajukan pinjaman dana tunai agar tidak terjebak dalam penipuan pinjaman online ilegal

Selalu andalkan Kredit Pintar sebagai penyedia pinjaman dana tunai.

Dengan mengandalkan Kredit Pintar, Sobat Pintar tidak perlu proses panjang untuk mendapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil.

Hanya dengan download aplikasi Kredit Pintar di Play Store, Sobat Pintar bisa dapatkan limit pinjaman uang yang bisa dicicil hingga 20 juta rupiah!

Dapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil untuk biaya kehamilan dan persalinan, jadi lebih mudah dengan Kredit Pintar.