Kenali Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

25 Jun 2021 by Laruan
Kenali Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Menjaga penampilan diri memang butuh perhatian yang super ekstra. Penampilan diri perlu dijaga mulai dari setiap hal kecil pada tubuh, misalnya adalah dengan memperhatikan tampilan rambut Anda. Rambut merupakan bagian tubuh yang sering menyita perhatian orang lain ketika menilai penampilan. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang bisa menjaga kesehatan rambut. Akibatnya, masalah rambut kering dan rusak pun tidak bisa dihindari.

Kondisi Rambut dikatakan Kering

Kulit kepala pada umumnya akan memproduksi secara alami minyak yang berfungsi untuk memberikan kelembaban pada akar hingga batang rambut. Minyak pada kulit kepala juga akan diproduksi untuk melindungi rambut dan kutikula apabila terjadi kerusakan. Namun, banyak kondisi yang menyebabkan keseimbangan minyak pada kulit kepala menjadi terganggu.

Akibatnya, produksi minyak pada kulit kepala menjadi terganggu sehingga bisa jadi kulit kepala menjadi kekurangan minyak alaminya. Dampak dari minimnya produksi minyak pada kulit kepala adalah rambut menjadi kering dan mudah mengembang. Tak hanya itu, keluhan lain pun ikut menyertai, seperti rambut mulai bercabang, mudah sekali kusut, terlihat kusam, sulit untuk diatur, mudah patah hingga rontok, serta tidak berkilau.

Penyebab Rambut Kering

Ada berbagai kondisi yang menyebabkan rambut menjadi kering. Penyebab pertama biasanya disebabkan oleh cara seseorang dalam merawat rambutnya. Tidak semua orang mengetahui cara merawat rambut yang benar dan sehat. Akibat salah dalam cara perawatan, rambut bukannya menjadi sehat, justru sebaliknya.

Beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam proses merawat kecantikan rambut antara lainnya adalah mencuci rambut dalam frekuensi yang terlalu sering. Pemakaian shampoo untuk keramas memang baik untuk menyingkirkan debu dan berbagai kotoran lain pada kulit kepala dan sepanjang batang rambut. Namun apabila Anda melakukan pencucian rambut terlalu sering, otomatis kulit kepala akan terganggu keseimbangannya sehingga minyak alami pada rambut ikut hilang akibat terlalu sering dicuci.

Apalagi jika shampoo dan produk kondisioner yang Anda pilih cenderung keras. Minyak alami yang hilang dari kulit kepala tentu akan menyebabkan rambut kehilangan kelembaban. Tidak heran apabila rambut Anda mulai menunjukkan gejala rambut kurang lembab dan rusak. Selain itu, penggunaan hair dryer terlalu sering juga dapat memicu rambut menjadi terlalu kering.

Hairdryer yang memiliki hawa atau udara panas akan menyebabkan tingkat kelembaban rambut menurun secara drastis. Begitu pula dengan alat catok yang berfungsi untuk meluruskan atau bahkan mengeriting rambut. Apabila penggunaan alat catok terlalu sering terjadi, lama kelamaan batang rambut akan mudah pecah dan kering sehingga terlihat bercabang dan kusam.

Pewarnaan dan penataan pada rambut dengan zat-zat kimia juga menjadi pemicu rambut kurang lembab yang selanjutnya. Zat kimia akan memaksa rambut untuk melawan cara kerja alaminya. Seperti rambut yang alaminya berwarna hitam akan dipaksa untuk menyerap zat kimia pewarna ketika proses pewarnaan rambut. Kandungan bahan kimia yang ada pada rambut juga berisiko menyebabkan kerusakan pada rambut jika tidak diiringi dengan pemberian vitamin dan toner rambut yang baik dan tepat.

Pertambahan Usia

Kondisi yang lain yang bisa memicu rambut menjadi kering adalah usia seseorang yang semakin bertambah. Bertambahnya usia menjadi lebih tua tentu akan mempengaruhi tingkat kualitas sistem tubuh yang perlahan menurun. Produksi alami kulit kepala dalam menghasilkan minyak alami bisa jadi menurun sehingga berdampak pada kesehatan rambut Anda. Tidak heran apabila rambut seseorang yang menua akan kering dan berubah warna menjadi putih (berubah beruban).

Sering terjadi pula pada wanita yang telah mengalami fase menopause. Biasanya, wanita menopause akan mengeluhkan berbagai perubahan pada kondisi tubuh, seperti misalnya rambut menjadi kering. Perubahan hormonal yang terjadi pada wanita menopause juga akan mengganggu sistem tubuh yang seharusnya menghasilkan berbagai zat baik untuk tubuh.

Kondisi Lingkungan dan Kesehatan

Kondisi lingkungan ternyata dapat pula menjadi pemicu mengapa rambut Anda menjadi semakin kering. Apabila Anda tinggal di tempat yang cenderung memiliki suhu yang selalu tinggi atau panas dan kering, tentu saja kesehatan rambut Anda akan terganggu. Paparan ultraviolet pada sinar matahari tidak baik apabila mengenai rambut secara langsung.

Rambut bisa menjadi kering atau justru lepek. Selain itu, apabila Anda memiliki kebiasaan berenang tentu saja kesehatan rambut Anda juga akan terganggu. Kandungan klorin pada kolam dan kandungan garam di air laut jika sering mengenai kulit kepala tentu akan mengganggu produksi minyak secara alami. Risikonya, rambut akan berubah menjadi kering dan sulit diatur.

Selain kondisi lingkungan, ternyata kondisi kesehatan juga berkontribusi dalam menentukan kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Ada beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan rambut dan kulit kepala tidak dapat memperoleh asupan nutrisi secara maksimal sehingga berisiko kehilangan kemampuan untuk melembabkan secara alami.

Kondisi medis yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut antara lainnya adalah hipotiroidisme dan hipertiroidisme yang merupakan kondisi gangguan hormonal. Gangguan hormonal akan menyebabkan sistem tubuh tidak bisa memproduksi hormon-hormon tubuh secara normal dan seimbang sehingga memicu timbulnya berbagai keluhan kesehatan.

Selanjutnya adalah masalah anoreksia nervosa atau gangguan makan. Apabila seseorang mengalami gangguan makan, tentu saja akan menyebabkan kadar asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh menjadi tidak terpenuhi dengan layak. Akibatnya, kulit kepala dan rambut akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan sehingga kesehatannya akan terganggu.

Begitu pula yang terjadi pada seseorang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi dan nutrisi. Pemilihan makanan yang minim gizi dan nutrisi akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan gizi. Berbagai masalah kesehatan akan mudah menimpa seseorang yang malnutrisi. Rambut pun akan terlihat sangat tidak sehat, kering, bahkan sangat kusam akibat kondisi malnutrisi tersebut.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Cara Mengatasi Rambut Kering

Ada berbagai cara mengatasi rambut kurang lembab yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan mulai merawat kesehatan rambut. Mulai pilih masker rambut yang bisa mengembalikan kelembaban dan kesehatan kulit kepala serta rambut. Misalnya dengan menggunakan masker bahan alami untuk menghindari kandungan zat kimia berbahaya. Anda bisa memilih minyak kelapa, minyak zaitun, maupun lidah buaya sebagai bahan utama masker rambut yang sehat.

Batasi pencucian rambut agar tidak terlalu sering. Cukup lakukan pencucian rambut atau keramas setidaknya maksimal 2 hari sekali. Anda bisa melakukan pencucian rambut lebih sering hanya ketika Anda merasa kulit kepala dan rambut terasa lepek dan kotor akibat aktivitas di luar rumah yang melelahkan dan terpapar banyak debu. Pilih produk sampo yang tidak mengandung zat kimia terlalu keras.

Demikian berbagai penyebab rambut kurang lembab yang harus Anda hindari. Lakukan cara mengatasi rambut kurang lembab secara rutin untuk memperoleh hasil yang lebih optimal. Lindungi pula rambut Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa memanfaatkan penggunaan topi ataupun payung sehingga rambut dan kulit kepala lebih terlindungi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload