Kenali Crowdfunding Untuk Metode Pendanaan Bisnis

08 Jul 2021 by Laruan

Jika anda memiliki ide bisnis dan ingin mewujudkan bisnis anda tetapi tidak ada modal, crowdfunding bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda lakukan. Kali ini kita akan membahas tentang definisi, cara kerja, keunggulan, kekurangan, dan hal menarik lainnya. Dibaca sampai habis, ya!

Sekilas tentang Crowdfunding

Crowdfunding adalah metode untuk mengumpulkan modal atau dana melalui kerjasama teman, keluarga, pelanggan, dan investor individu. Pendekatan ini menargetkan keikutsertaan individu dalam jumlah yang sangat besar, utamanya dengan cara online melalui sosial media dan platform online. Keunggulan dari metode ini adalah melebarnya jaringan yang dapat diraih dan penyebaran informasi dengan jangkauan luas.

Kenali Crowdfunding Untuk Metode Pendanaan Bisnis

Cara kerja crowdfunding yang spesial

Secara sederhana, inti dari crowdfunding adalah website dan pemilik modal. Usaha atau rencana bisnis yang ingin dijalankan terlebih dahulu didaftarkan ke dalam sebuah website atau platform crowdfunding. Setelah itu, siapapun yang tertarik dengan usaha atau rencana bisnis tersebut bisa langsung menyalurkan modal disana setelah menyetujui syarat dan ketentuan yang dilampirkan. Setelah semua proses selesai (biasanya beberapa hari), maka dana dari pemodal atau investor akan cair ke rekening pelaku usaha.

Dulu, jika anda ingin membangun sebuah bisnis atau meluncurkan produk terbaru, yang akan anda lakukan adalah membuat sebuah business plan, membuat target pasar dan contoh produk. Setelah itu anda akan menawarkan business plan anda kepada calon investor atau lembaga pembiayaan. Sumber dana yang biasa diperhitungkan untuk metode ini adalah bank, angel investor, dan modal ventura. Dengan mekanisme seperti ini gerak anda akan sangat terbatas pada beberapa pilihan pemodal.

kerugian dari metode ini dapat digambarkan dalam sebuah perumpamaan, bayangkan metode penggalangan dana ini sebagai sebuah saluran. Sobat Pintar dan rencana bisnis anda berada pada ujung saluran yang lebar untuk menampung semua dana sedangkan sumber dana atau calon investor anda berada pada ujung saluran yang kecil. Jika anda gagal mengarahkan ujung saluran tersebut ke investor atau lembaga yang tepat disaat yang tepat, maka siap-siaplah untuk kehilangan waktu, tenaga, dan biaya.

Serangan dengan platform crowdfunding, kedua saluran sama-sama lebar, bahkan dari sisi para calon investor bisa lebih lebar salurannya. Sobat Pintar akan dimudahkan dari sisi pemilihan calon investor yang berpotensi. Sobat Pintar, sebagai pengusaha, disediakan satu tempat untuk membangun, memamerkan, dan mempromosikan rancangan bisnis anda. Dengan demikian, platform ini telah merampingkan metode lama dalam mencari pendanaan. Dulu anda akan meluangkan waktu hingga berbulan-bulan untuk memilih jaringan pribadi anda, meresearch calon investor dan mengeluarkan waktu dan biaya untuk dapat bertemu serta menawarkan rencana bisnis anda.

Kenali Crowdfunding Untuk Metode Pendanaan Bisnis

Dengan crowdfunding anda memiliki kesempatan yang besar dan mudah untuk dapat menawarkan business plan ke pihak yang memang tertarik. Calon investor juga akan diberikan banyak pilihan untuk membantu mengembangkan bisnis anda.

Keunggulan  

Dari mendapatkan jangkauan investor yang lebih lebar ke memiliki pilihan penggalangan dana yang lebih fleksibel, crowdfunding menawarkan banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari crowdfunding:

  1. Jangkauan 

Dengan menggunakan platform crowdfunding, anda mendapatkan akses ke ribuan investor yang dapat melihat, berinteraksi, dan membagikan kampanye penggalangan dana anda.

  1. Presentasi

Dengan membuat sebuah kampanye crowdfunding, anda akan menjalani proses yang berharga dalam melihat bisnis anda dari level atas.  Contohnya seperti sejarahnya, daya tariknya, pasar yang ditangani, nilai tawar, dan masih banyak lagi. Dengan pengetahuan tersebut anda jadi memiliki bekal untuk membuat sesuatu yang bagus dan menarik.

  1. Public Relation & Marketing

Mulai dari peluncuran hingga penutupan crowdfunding, anda dapat membagikan dan mempromosikan kampanye anda melalui sosial media, email, dan opsi online marketing yang lain. Saat anda dan platform crowdfunding menangani perkembangan penggalangan dana, anda dapat memanfaatkannya untuk mengarahkan traffic pengunjung ke website anda atau sumber daya perusahaan yang lain.

  1. Validasi Konsep

Mempresentasikan konsep anda kepada khalayak ramai memberikan anda kesempatan untuk validasi dan memperbaiki penawaran konsep anda. Saat calon investor mulai memberikan ketertarikan mereka dan memberikan pertanyaan, anda akan dengan segera sadar jika ada sesuatu yang kurang yang dapat menaikan daya tarik konsep anda.

  1. Efisien

Salah satu kelebihan dari crowdfunding adalah kemampuannya untuk memusatkan dan merampingkan upaya penggalangan dana anda. Dengan membangun sebuah profil yang  komprehensif, anda dapat menggunakannya untuk menyalurkan prospek dan mendapatkan investor yang potensial. Dengan begitu anda sudah tidak perlu susah-susah lagi untuk mengejar calon investor satu persatu.

Kekurangan

Jika ada kelebihan, kerugian juga pasti akan ada. Berikut ini adalah beberapa kerugian dari crowdfunding yang perlu anda ketahui:

  1.     Tidak Dapat Mendanai Modal Besar

Sistem ini memiliki keterbatasan modal sehingga tidak semua pendana atau investor dapat menanamkan modal melalui platform crowdfunding. Apalagi jika rencana bisnis yang dibuat membutuhkan dana yang sangat besar. 

  1.     Risiko Cukup Tinggi

Untuk para investor, harus benar-benar teliti dalam memilih usaha atau bisnis yang dapat berjalan dengan lancar atau berhenti di tengah. Banyak kasus terjadi dimana pemilik usaha tidak melanjutkan proyek padahal dana sudah terkumpul. Tidak ada tenggat waktu untuk menyelesaikan proyek atau usaha, sehingga harus ada kesepakatan oleh kedua belah pihak yang bisa dipertanggung jawabkan. 

Tipe-tipe Crowdfunding

Seperti banyaknya jenis-jenis penggalangan dana untuk bisnis di setiap tingkatan, begitu pula ada beberapa tipe crowdfunding. Sedangkan untuk jenis metode crowdfunding mana yang cocok untuk anda pilih tergantung pada tipe produk  atau jasa yang anda tawarkan dan tujuan dari penggalangan dana anda. Ada 3 tipe yang utama, yaitu donation-based, reward-based, dan equity-based crowdfunding. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Donation-Based

Secara garis besar, jenis crowdfunding ini merupakan kampanye penggalangan dana dengan bentuk donasi. Sehingga pendana atau kontributor tidak mendapatkan keuntungan secara finansial. Metode ini biasa dilakukan untuk menggalang dana untuk bantuan musibah atau keperluan sedekah lainnya.

  1. Reward-Based

Crowdfunding yang berbasis hadiah merupakan jenis yang melibatkan investor yang berkontribusi pada bisnis untuk mendapatkan imbalan atau “reward. Biasanya hadiah imbalan tersebut berupa produk atau layanan yang ditawarkan bisnis anda. Meskipun metode ini menawarkan imbalan kepada investor, metode ini secara umum masih dianggap sebagai bagian dari crowdfunding berbasis donasi karena tidak ada pengembalian atau keuntungan finansial.

  1. Equity-Based

Tidak seperti metode donation-based dan reward-based, equity-based memperbolehkan kontributor atau investor untuk menjadi bagian dari pemilik dari bisnis dengan memperdagangkan modal untuk saham ekuitas. Sebagai pemilik ekuitas, investor anda berhak untuk mendapatkan pengembalian finansial atas investasi mereka dan pada akhirnya menerima bagian dari keuntungan dalam bentuk dividen.
Itulah dia cara kerja, kelebihan, kekurangan dari crowdfunding. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya? Namun, jika anda sudah tidak sabar untuk memulai bisnis anda dan membutuhkan dana cepat, jangan ragu untuk daftar ke Kredit Pintar. Dengan syarat yang mudah dan pencairan dana yang cepat, Kredit Pintar siap membantu anda membangun bisnis dan meraih banyak keuntungan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload