Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Uang Online 24 Jam Langsung Cair

27 May 2021 by kreditpintar
Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair

Ketika tengah membutuhkan dana mendesak, salah satu solusinya adalah mengajukan pinjaman online 24 jam langsung cair. Pinjaman semacam ini biasanya disediakan oleh perusahaan fintech, baik yang berjenis market aggregator hingga peer to peer lending. Ulasan berikut ini akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan pinjaman online tersebut.

Kelebihan Pinjaman Online 

Berikut beberapa kelebihan yang akan Sobat Pintar rasakan saat mengajukan pinjaman online.

  1. Prosesnya Mudah

Pinjaman online 24 jam langsung cair memang memiliki proses yang jauh lebih mudah dibandingkan pinjaman ke bank secara langsung. Berbekal gadget dan jaringan internet, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman online ini. Dengan demikian, waktu dan tenaga yang Sobat Pintar gunakan juga menjadi lebih efisien.

  1. Pencairan Dana Tidak Lama

Kelebihan berikutnya adalah dana pinjaman bisa cair dalam jangka waktu hitungan jam saja. Jika Sobat Pintar sudah pernah mengajukan pinjaman dengan rekam jejak yang baik, prosesnya bisa berlangsung dalam hitungan menit. Jadi dana tersebut bisa dengan cepat digunakan.

Proses pencairan dana bisa dilakukan dengan cepat karena pinjaman itu bisa dilakukan tanpa jaminan, sehingga tidak memerlukan proses penaksiran aset. Terlebih lagi, semua data diberikan secara online sehingga bisa segera diproses.

  1. Persyaratan Mudah

Pinjaman online 24 jam langsung cair biasanya memiliki persyaratan yang mudah. Persyaratan yang dibutuhkan umumnya adalah KTP , NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, dan rekening tabungan. Terlebih lagi, pinjaman ini bisa diajukan tanpa jaminan. Sangat mudah, bukan?

  1. Bisa Digunakan untuk Berbagai Keperluan

Tidak seperti pinjaman lainnya, seperti KPR yang hanya untuk membeli rumah, pinjaman online ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Sobat Pintar bisa menggunakannya untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, berobat ke rumah sakit, dan keperluan mendesak lain. Usahakan tidak menggunakan pinjaman tersebut untuk keperluan konsumtif ya.

Kekurangan Pinjaman Online 

Ada kelebihan, pasti juga ada kekurangan. Berikut beberapa kekurangan pinjaman online 24 jam langsung cair yang bisa Sobat Pintar pertimbangkan.

  1. Menggunakan Sistem Bunga Harian

Tidak seperti bunga kredit yang menerapkan sistem perhitungan bunga bulanan, pinjaman online biasanya menggunakan perhitungan bunga harian. Agar bunganya tidak terlalu besar, Sobat Pintar bisa mengakali dengan mengambil masa tenor yang singkat. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman, lakukan perhitungan yang cermat terlebih dahulu.

  1. Plafon Pinjaman Terbatas

Berhubung pencairan dana pinjaman ini bisa dilakukan dalam beberapa jam saja, maka plafon pinjamannya pun terbatas. Berbeda dengan pinjaman bank dapat yang memberikan plafon pinjaman hingga Rp 500 juta, pinjaman online biasanya menyediakan plafon pinjaman hingga Rp20-30 juta saja. Meski demikian, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dalam jumlah yang kecil, misalnya ratusan ribu rupiah.

  1. Masa Tenor Terbatas

Plafon pinjaman yang terbatas juga berdampak pada masa tenor yang terbatas. Biasanya masa tenor mulai dari hitungan 14 hari hingga 360 hari. Semakin lama masa tenornya, besar bunga cicilan yang harus dibayarkan semakin besar. Di Kredit Pintar misalnya, tenor yang diberikan mulai dari 30 hari hingga 12 bulan.

  1. Banyak Pinjaman Online Ilegal

Karena bisa diajukan tanpa jaminan, cepat, dan diminati masyarakat, saat ini banyak pinjaman online yang ilegal. Hal itu terbukti dengan seringnya ada kasus penipuan berkedok pinjaman online di berbagai media. Jadi, penting untuk Sobat Pintar mengecek apakah penyedia pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum.

Salah satu penyedia pinjaman online 24 jam langsung cair yang legal dan terpercaya adalah Kredit Pintar. Sampai saat ini, sudah ada kurang lebih 3 juta orang yang mengajukan pinjaman pada Kredit Pintar loh.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload