Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Indonesia Terbaik

25 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 20 Apr 2022

Bahasa Inggris sekarang sudah menjadi salah satu kemampuan yang wajib kamu kuasai karena semakin banyak dibutuhkan. Salah satu cara untuk mempelajari bahasa Inggris adalah lewat kamus bahasa Inggris Indonesia terbaik.

Belajar Bahasa Inggris memang tidak terbatas di lingkungan sekolah saja. Sebab dengan bantuan kamus kamu bisa mempelajarinya kapanpun dan dari berbagai sumber yang ada. 

Baca juga: 9+ Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Selain Google Translate

Agar proses belajar kamu semakin efektif, kamu harus mengetahui kamus bahasa inggris indonesia terbaik yang sesuai denganmu. Misalnya apakah kamu lebih cocok menggunakan kamus berbentuk buku atau aplikasi.

Dalam kesempatan kali ini, Kredit Pintar akan membahas tentang kamus bahasa inggris indonesia secara lengkap. Mulai dari bentuk-bentuk kamus sampai dengan beberapa rekomendasi kamus yang bisa kamu pilih. Simak sampai tuntas, ya!

Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris Indonesia Terbaik

Kamus bahasa inggris indonesia terbaik bisa kamu temukan di toko-toko buku. Namun sebelum membelinya, kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. 

Termasuk jenis kamus, kelengkapan isinya, sampai keaslian kamus tersebut harus kamu telusuri lebih dulu. Semakin banyak informasi yang kamu tahu, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan kamus berkualitas bagus dan sesuai denganmu. 

Berdasarkan ukurannya, kamus bahasa inggris indonesia dibagi menjadi dua jenis, yaitu kamus saku dan kamus ukuran standar buku. Masing-masing memiliki isi, kepraktisan, dan juga harga yang berbeda.

1. Kamus Saku

Kamus saku atau dikenal juga dengan nama kamus pocket adalah jenis yang cocok untuk dibawa bepergian. Ukurannya yang kecil memungkinkan kamus ini untuk dimasukkan ke dalam saku. 

Kelebihan utama kamus jenis ini adalah praktis, isinya ringkas, to the point, dan lebih fokus membahas percakapan sehari-hari. Karena itu, kamus saku sering direkomendasikan kepada mereka yang ingin belajar bahasa inggris sambil mempraktekannya langsung. 

Namun, perlu diingat bahwa dibalik kelebihan tersebut ada juga kekurangannya. Salah satunya adalah jumlah kosakata yang kurang lengkap jika dibandingkan kamus buku. 

Selain itu, kamus ini juga kurang cocok jika kamu ingin mempelajari bahasa Inggris lengkap dengan grammar-nya. Bahkan ada yang mengatakan kamus saku lebih sesuai untuk level menengah dan mahir. 

2. Kamus Buku

Kamus dengan ukuran standar buku memiliki beberapa ciri khas, diantaranya lebih tebal, isinya lebih lengkap, dan full text atau tidak ada gambar di dalamnya. Jika kamu baru belajar bahasa Inggris, sebaiknya memilih kamus jenis ini. 

Dengan bantuan kamus buku, kamu bisa mempelajari lebih banyak kosakata Bahasa Inggris sekaligus cara melafalkannya. Bahkan tidak jarang kamus ini juga membahas sinonim dan antonim di dalamnya. 

Akan tetapi, karena isinya lebih banyak maka kamus ini jauh lebih tebal daripada kamus saku sehingga kurang praktis untuk dibawa bepergian. 

3. Kamus Aplikasi

Selanjutnya ada kamus aplikasi yang bisa di-instal ke dalam smartphone. Banyak orang menggemari kamus jenis ini karena lebih mudah dan praktis untuk dibawa atau diakses. 

Kelebihan lainnya tentu saja karena kamus aplikasi ini gratis. Berbeda dengan kamus saku atau kamus buku yang harus dibeli terlebih dulu. Harganya pun bervariasi, tergantung dari kelengkapan isinya.

Baca juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Ponselmu

Kamu bisa memilih kamus mana saja yang sesuai dengan kebutuhanmu. Yang penting, jangan sampai kamu malas membuka kamusnya, ya!

Rekomendasi kamus bahasa inggris indonesia terbaik

Selain bentuk, kamu juga harus mengetahui kamus bahasa inggris indonesia terbaik yang ditulis oleh penulis atau organisasi berkualitas. Karena saat ini, tidak sedikit kamus yang dicetak secara sembarangan tanpa memperhatikan kualitas isinya sama sekali.

Berikut ini beberapa rekomendasi kamus bahasa inggris indonesia terbaik yang telah dipilih secara teliti oleh Kredit Pintar. Kamus-kamus ini dipilih berdasarkan kualitas produk, review pembeli lain, dan juga kredibilitas penerbitnya. 

1. Kamus inggris-indonesia karya John M. Echols dan Hassan Shadily

Rekomendasi pertama jatuh kepada “Kamus Inggris-Indonesia” yang ditulis oleh John M. Echols dan Hassan Shadily. Kamus ini adalah salah satu kamus bahasa inggris indonesia terbaik yang paling dikenal di Indonesia. 

Kedua penulisnya juga bukan orang sembarangan. Professor John dan Hassan Shadily adalah dua orang yang sudah lama berkecimpung di bidang ini, pernah menjadi pewarta, dan pastinya mempunyai wawasan bahasa Inggris yang sangat baik.

Hingga saat ini, “Kamus Inggris-Indonesia” karya John M. Echols dan Hassan Shadily sudah dicetak ulang puluhan kali dan sering dijadikan acuan oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. 

2. Merriam-Webster karya Noah Webster, G. & C. Merriam Co.

Jika kamu mengalami kesulitan saat mencari satu kata bahasa Inggris karena tidak tahu cara mengejanya, kamus “Merriam-Webster” ini bisa jadi jalan keluarnya. Sebab kamus ini bisa membantu kamu mencari etimologi dari kata-kata yang ada dalam Bahasa Inggris. 

“Merriam-Webster” juga termasuk ke dalam kamus bahasa inggris indonesia terbaik dan terlengkap yang ada di Indonesia. Di dalamnya kamu bisa menemukan arti, sinonim, antonim sampai pilihan vocabulary alternatif. 

Bagusnya lagi, kamus ini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi dan sering digunakan oleh para penulis untuk mencari alternatif kata atau memahami kata-kata tertentu dalam Bahasa Inggris. 

3. Oxford English Dictionary

Khusus untuk kamu yang baru mulai serius mempelajari bahasa Inggris, ada baiknya kamu mencoba menjadikan kamus yang satu ini sebagai acuan utama. Kamus “Oxford English Dictionary” terkenal dengan kelengkapannya. 

Di dalamnya ada persamaan kata, contoh penggunaan kata dalam sebuah kalimat, dan juga penjelasan maksud kata yang mudah dimengerti. “Merriam-Webster” sendiri banyak digunakan di dunia akademik, khususnya di tingkat perguruan tinggi. 

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli di toko-toko buku atau mengunduhnya langsung melalui Google Play Store dan App Store. 

4. Cambridge Dictionary

Jika kamu lebih senang menggunakan aplikasi kamus daring daripada kamu berbentuk buku, maka “Cambridge Dictionary” adalah kamus bahasa inggris indonesia terbaik untukmu. 

Cambridge Dictionary menyediakan kamus daring dengan fitur yang lengkap dan sangat mudah diakses. 4 fitur utama yang bisa kamu temukan adalah The Cambridge Dictionary of American English, The Cambridge Learner’s Dictionary, The Cambridge International Dictionary of Phrasal Verbs, dan juga The Cambridge International Dictionary of Idioms. 

5. Google Translate

Google Translate bisa dikategorikan menjadi sebuah kamus jika kamu melihat fungsi dan cara penggunaannya. Fitur yang disediakan oleh perusahaan mesin pencari raksasa di dunia ini digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Kamu bisa mengunduh aplikasinya di Android maupun iOS. Selain itu, jika kamu lebih senang yang praktis, kamu bisa membuka situsnya secara langsung melalui browser di smartphone-mu. 

Kelebihan utama Google Translate adalah jumlah bahasanya yang banyak. Dengan bantuan Google Translate kamu bisa menerjemahkan satu kata ke dalam 30 bahasa lebih!

6. U-Dictionary

Rekomendasi kamus bahasa inggris indonesia terbaik yang terakhir merupakan sebuah kamu yang tidak kalah berkualitas dari yang sudah disebutkan sebelumnya. Kamus ini bernama “U-Dictionary”. 

Kamus ini terkenal karena bisa diakses melalui smartphone, mampu menerjemahkan banyak bahasa, dan juga bisa digunakan untuk menerjemahkan kata serta kalimat. Lebih dari itu, kamus ini bahkan bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan percakapan dengan cukup akurat. 

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Korea Paling Praktis Digunakan

Jika kamu sering tidak percaya diri dengan pemahaman grammar bahasa Inggris, kamu bisa mengecek grammar-nya di U-Dictionary. Bisa dibilang kamus ini adalah teman paling ideal bagi kamu yang sedang belajar menulis dalam bahasa Inggris. 

Itulah tadi pembahasan mengenai kamus bahasa inggris indonesia terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku maupun aplikasi smartphone-mu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download