9+ Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Selain Google Translate

13 Oct 2021 by Rindang Maulidia

Banyak orang merasa kesulitan mengerjakan tugas translate document, atau penerjemahan dokumen karena membutuhkan ketelitian tinggi. Namun, sekarang sudah banyak berbagai aplikasi yang memberikan kemudahan untuk Sobat Pintar mengerjakan tugas terjemahan, salah satunya adalah Google Translate. 

Inilah rekomendasi aplikasi untuk translate, yang bisa Kredit Pintar bagikan buat Sobat Pintar.

Meskipun penggunaan Google Translate tidak direkomendasikan untuk keperluan profesional, namun aplikasi tersebut adalah salah satu aplikasi penerjemahan yang mudah diakses dan bisa memberikan hasil terjemahan dengan tingkat akurasi yang baik. Di sisi lain, mungkin ada Sobat Pintar yang menganggap, hasil terjemahan Google Translate kurang memuaskan, sehingga membutuhkan rekomendasi aplikasi penerjemahan lainnya. Inilah rekomendasi aplikasi untuk translate, yang bisa Kredit Pintar bagikan buat Sobat Pintar. 

1. Easy Language Translator

Selain bisa menerjemahkan kata, aplikasi ini juga bisa menjelaskan penggunaan kata dalam suatu kalimat, dalam bahasa asal dan hasil terjemahan. 

Aplikasi ini bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa dalam bentuk text to speech, speech to text, speech to speech, dan text to text. Pengguna juga bisa melakukan share pada hasil terjemahan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Untuk Menambang Bitcoin di Android 2021

Aplikasi ini sangat mudah sekali untuk digunakan dan saat ini telah tersedia di Google Play Store.

2. Yandex Translate

Yandex merupakan aplikasi terjemahan yang berasal dari Rusia.

Pengguna Yandex menilai, aplikasi ini dapat menerjemahkan lebih banyak jumlah kata dalam sekali penerjemahan, dibandingkan dengan aplikasi penerjemahan milik Google.

Selain itu, pengguna Yandex juga bisa menerjemahkan tulisan yang terdapat pada gambar dengan cara memotret dan mengunggah gambar tersebut ke dalam aplikasi Yandex.

Sayangnya, akurasi yang dihasilkan dalam terjemahan oleh Yandex terbilang cukup rendah.

3. TripLingo Translator

Aplikasi TripLingo Translator bisa Sobat Pintar dapatkan di Google Play Store. 

Tidak hanya membantu mengerjakan translate Inggris-Indonesia, TripLingo Translator juga memiliki fitur yang membantu penggunanya belajar Bahasa Inggris secara mandiri melalui flashcards dan kuis menyenangkan.

Apabila pengguna berminat mempelajari Bahasa Inggris secara mendalam dengan mengetahui berbagai slang yang ada, akan sangat dianjurkan untuk mencoba fitur berbayar yang tersedia di aplikasi tersebut dengan biaya Rp 45.000,-.

4. Reverso Translation 

Reverso Translation bisa diakses dengan mudah oleh pengguna melalui browser di alamat https://www.reverso.net/text-translation. Selain itu, pengguna android bisa mengunduh aplikasi Reverso Translation secara gratis.

Dengan kecepatan penerjemahan yang menakjubkan, Reverso Translation berhasil merebut hati para penggunanya. Sayangnya, jumlah bahasa yang tersedia dalam aplikasi tersebut tidak sebanyak yang ditawarkan Google Translate. 

5. iTranslate Voice

Ada kurang lebih 100 macam bahasa yang bisa diterjemahkan aplikasi iTranslate Voice.

Di aplikasi ini, tersedia juga menu “share” yang bisa dipilih pengguna untuk membagikan hasil terjemahan melalui berbagai aplikasi.

Baca juga: 4 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman Terbaik

Ada juga fitur “voice mode” yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan hasil terjemahan dari suara.

Jika pengguna bersedia memilih opsi berbayar pada aplikasi ini, mereka bisa mendapatkan hasil penerjemahan dengan lebih akurat dengan adanya fitur “verb conjugation” yang tersedia untuk pengguna berbayar.

6. Naver Papago Translate

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memberikan terjemahan Bahasa Korea, Inggris, Cina, dan Jepang.

Naver Papago menyediakan fitur penerjemahan percakapan melalui suara, sehingga aplikasi ini cocok digunakan oleh warga pendatang apabila berkunjung ke Korea, Cina, atau Jepang. 

Selain itu, seperti berbagai aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, Naver Papago bisa menerjemahkan gambar yang diunggah dan teks. 

7. Linguee

Linguee merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer bagi pengguna Android. Salah satu keunikan dari aplikasi ini berupa akses yang tersedia secara offline.

Dengan menggunakan Linguee, Sobat Pintar bisa memahami hasil terjemahan lebih mudah karena aplikasi tersebut menyertakan contoh kalimat yang bisa digunakan dengan kata-kata yang diterjemahkan.

8. Babylon Translator

Dari berita yang beredar, Babylon Translator telah memiliki 1500 glosarium dan kamus yang tersedia dalam berbagai macam bahasa. Artinya, aplikasi ini memiliki hasil penerjemahan dengan akurasi yang terpercaya.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengerjakan penerjemahan dalam 77 bahasa yang tersedia dan bisa mampu menerjemahkan dokumen berupa teks dengan format .doc maupun .docx.

9. Memsource

Memsource adalah salah satu aplikasi yang bisa diandalkan penerjemah profesional. Aplikasi ini tersedia dalam versi web based dan cloud based. 

Memsource memiliki biaya layanan mulai dari Rp 300.000,- dan menyediakan berbagai fitur yang mendukung pengguna mendapatkan hasil penerjemahan yang optimal.

10. Microsoft Translator

Dengan Microsoft Translator, Sobat Pintar bisa menerjemahkan teks hingga dalam 90 macam bahasa dari seluruh dunia. 

Selain itu, pengguna Microsoft Translator juga bisa mengakses aplikasi tersebut secara offline tanpa mengurangi kualitas terjemahan yang didapatkan.

Baca juga: 9 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik 2021

Sayangnya, tidak semua bahasa yang tersedia dalam aplikasi tersebut bisa diakses secara offline

Itulah berbagai aplikasi yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk penerjemahan. Semoga membantu! 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload