Kuliah dan Program Jurusan Perbankan di Indonesia

01 Feb 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Kuliah jurusan perbankan sangat cocok bagi anda yang meminati dunia perekonomian dan keuangan, karena bisa memberikan pembelajaran yang meliputi dunia keuangan maupun transaksi.

Kuliah dan Program Jurusan Perbankan di Indonesia

Di Indonesia ada banyak tempat kuliah jurusan perbankan yang tersebar di hampir seluruh Indonesia.

Baca juga: Pilihan Pendanaan Mudah untuk Mahasiswa

Rekomendasi Study Kuliah Jurusan Perbankan

Universitas jurusan Perbankan berkembang pesat sesuai dengan perkembangan ekonomi saat ini, dikarenakan kemajuan teknologi yang pesat dan sumber daya manusia juga sangat di butuhkan, maka jurusan perbankan memenuhi kebutuhan study manusia sesuai aspek dan tingkatannya, ada pun tingkatan study kuliah jurusan perbankan yang ada di Indonesia saat ini.

1. D3 keuangan dan Perbankan

Kuliah jurusan perbankan ini akan mengajarkan bagaimana anda mengelola Perbankan konvensional maupun Perbankan syariah, mata kuliah yang akan di pelajari yaitu kebijakan moneter, manajemen treasury dan praktik Perbankan.

2. D4 Keuangan dan Perbankan

Sama-sama menitik beratkan pada praktikum, namun program D4 Keuangan dan Perbankan memiliki SKS (satuan kredit semester) yang lebih berat ketimbang program D3 Keuangan dan Perbankan.

3. S1 Perbankan Syariah

Program S1 Perbankan Syariah sangat memadai, dikarenakan perkembangan yang pesat di dunia Perbankan.S1 Perbankan Syariah memenuhi aspek yang sangat kompeten dan memiliki peluang sangat besar di dunia perbankan. Pembelajaran S1 Perbankan Syariah diantaranya sebagai berikut:

  • Metode study Islami
  • Matematika ekonomi dan bisnis
  • Etika bisnis Islami
  • Fiqih muamalah
  • Ekonomi makro Islami
  • Pasar modal syariah
  • Dan banyak lagi

Kuliah jurusan perbankan menjadi modal penting untuk masa yang akan mendatang, dikarenakan saat ini dunia perbankan berkembang sangat pesat, maka jurusan ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Baca juga: Intip Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia 2022

Di dalam dunia teknologi dan transaksi saat ini akan menguntungkan jika kita mempunyai ilmu didalam dunia perbankan, jurusan perbankan lah menjadi modal utama untuk terjun kedunia perbankan.

Di zaman yang modern sekarang ini banyak hal yang bisa digunakan melalui perbankan mulai dari pembayaran melalui online, transaksi keuangan, pinjaman uang dan banyak hal lainnya, Perbankan sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi, baik itu kalangan menengah keatas maupun menengah kebawah.

Tenaga dan jurusan perbankan terus dibutuhkan bagi pelaku usaha, prospek peluang kerja setelah kuliah di jurusan perbankan sangat terbuka lebar, seiring perkembangan teknologi saat ini. Tidak hanya dapat bekerja di bank saja, setelah lulus kamu juga bisa bekerja di lembaga keuangan lainnya seperti bursa efek, perusahaan asuransi dan jasa investasi.

Kuliah jurusan Perbankan umum nya kamu akan bertemu dengan ekonomi pasar modal dan reksadana, dalam bidang keuangan mahasiswa akan di didik bagaimana cara melihat untuk mengambil langkah investasi. Sebalikanya dalam perbankan mahasiswa akan didik memahami proses bisnis dari bank.

Baca juga: Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

Menghasilkan lulusan yang mampu memahami dan tanggap terhadap masalah keuangan dan perbankan serta mampu mengelola dana perusahaan baik menghimpun maupun penggunaannya. Kemampuan ini meliputi pemahaman yang melandasi kebijakan keuangan maka dari itu kuliah jurusan perbankan lah menjadi pilihan yang sangat tepat.

Universitas jurusan perbankan memiliki aspek yang lengkap untuk menjawab perkembangan sumber daya saat ini, pembangunan investasi besar besaran, perusahaan asuransi membanjiri pelosok negeri, menjadi peluang pekerjaan bagi lulusan jurusan perbankan.

Adanya ilmu pengetahuan di dunia perbankan akan membuat kemajuan dunia keuangan dan pengolahan data keuangan menjadi sangatlah mudah bagi para pelakunya, setiap individu sangat mengharapkan pengolahan keuangan yang teratur dalam kehidupan sehari hari agar dapat meminimalkan pengeluaran.

Kuliah jurusan Perbankan sangat membantu anda dalam pengolahan pengeluaran sehari hari, baik secara individual maupun secara non individual, seperti menjadi investor dan menjadi pekerja bank.

Mengapa kita harus mempunyai modal ilmu didalam dunia perbankan? Apakah kita harus menjadi pelaku perbankan? Pertanyaan keduanya jawaban nya adalah iya tepat sekali, karena didalam perkembangan teknologi saat ini, perbankan sangat dibutuhkan untuk mengatur serta mengolah data keuangan sehari hari.

Tujuan jasa perbankan adalah sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efisien bagi nasabah, bank menyediakan uang tunai, tabungan dan kredit.Ini adalah peran perbankan yang penting bagi ekonomi.

Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efisien, maka pelaku perbankan akan menjalankan barter (tukar menukar barang) yang di rasa sangat lamban untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Menerima uang nasabah bank dan kembali meminjamkannya kembali pada nasabah bank yang lainnya yang membutuhkan dana atau uang, di saat itulah bank telah mengangkat arus dana untuk investasi dan memanfaatkan kepada yang lebih produktif, maka disaat ini peran bank sudah membantu meningkatkan perekonomian suatu negara terutama di Indonesia.

Jika didalam suatu negara fungsi perbankan berjalan dengan baik maka perekonomian negara tersebut juga membaik. Adanya arus dana melalui perbankan, uang para nasabah tidak diam begitu saja, melainkan akan adanya perputaran dana yang akan membantu banyak pihak dan membantu perekonomian banyak pihak.

Di Indonesia perbankan tidak hanya konvensional saja, ada juga perbankan syariah. Perbankan syariah mempunyai prinsip yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan nasabah untuk menyimpan dana atau pembiayaan kegiatan usaha atau kegiatan lainnya yang telah dinyatakan sesuai dengan syariah islam.

Besaran keuntungan yang disepakati antara pihak bank dan pihak nasabah bank atas pembiayaan dengan akad jual beli disebut murabahah. Porsi bagi hasil antara pihak bank dan pihak nasabah yaitu atas transaksi pembiayaan dan pendanaan dengan akad bagi hasil (murabahah).

Dengan melihat situasi saat ini Kuliah jurusan Perbankan akan menjadi modal baik untuk terjun langsung menjadi pelaku perbankan yang baik. Karena perbankan tidak hanya ada perbankan konvensional saja tetapi ada juga yang berbasis syariah. Tidak perlu ragu untuk memilih karena kedua perbankan tersebut mempunyai aspek yang baik untuk perekonomian.

Banyak sekali daerah yang telah menyediakan mata Kuliah jurusan Perbankan di Indonesia seperti contohnya di Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri bandung dan banyak lagi lainnya, semuanya menyediakan pembelajaran yang unggul dibidang perekonomian dan bisnis yang berkomitmen dalam dunia perbankan di Indonesia.

Institusi perbankan dan jasa keuangan berperan penting dalam perkembangan bisnis nasional maupun global, konsentrasi ini mempelajari lingkungan bisnis khususnya pengolahan perbankan dan jasa keuangan.

Peluang bagi lulusan jurusan perbankan sangatlah besar untuk menjadi investor atau pengelola dana keuangan pekerja bank) dan banyak lagi lainnya. Diluar itu kita juga mampu menerapkan ilmu perbankan didalam kegiatan sehari hari yang membutuhkan ilmu perbankan seperti mengolah keuangan keluarga serta menjadi pebisnis atau investor.

Jadi tunggu apa lagi! Segera lah masuk Universitas jurusan Perbankan anda akan mendapat banyak ilmu perbankan serta bisa menjadi pebisnis yang sukses di era perbankan saat ini. Ketika minat dan bakat anda menjadi seorang perbankan yang sukses mata jurusan perbankan dirasa tepat menjadi jalan solusinya.

Alasan ini adalah yang paling penting dan sangat mendominasi seseorang masuk Universitas jurusan Perbankan, walaupun setelah lulus kuliah pekerjaan yang didapat tidak sesuai dengan mata kuliah yang diambil, tetapi ilmu dari jurusan perbankan ini bisa diterapkan untuk kehidupan sehari hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download