Rekomendasi Jurusan Kuliah IPS Beserta Prospeknya

04 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu hal yang cukup sulit dan sering membuat galau. Apalagi ketika sudah berada di tahun terakhir SMA dan harus segera menentukan pilihan untuk kedepannya.

Bagi anak IPS, ada begitu banyak pilihan jurusan atau program studi sehingga sering membuat kebingungan. Oleh sebab itu, kali ini akan dijelaskan beberapa rekomendasi jurusan kuliah IPS sekaligus prospek pekerjaannya di masa depan.

Baca juga: Ranking Universitas di Indonesia 2022

11 Jurusan IPS dan Prospeknya, Ini Daftarnya

Tidak jarang orang-orang mengira bahwa jurusan IPA memiliki prospek lebih menjanjikan di masa depan. Padahal, anak IPS juga memiliki banyak pilihan jurusan dengan prospek yang juga cerah, seperti pada penjelasan berikut ini.

  1. Bisnis dan Manajemen

Rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPS pertama ialah bisnis dan manajemen karena sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Anak lulusan bisnis dan manajemen bisa ditempatkan di berbagai bagian, mulai dari keuangan, marketing, dan sebagainya.

Makanan sehari-hari mahasiswa bisnis dan manajemen nantinya adalah pengkajian tentang dampak dari beragam faktor internal dan eksternal perusahaan. Selain itu, ada juga pola perilaku konsumen, dan berbagai kajian lainnya.

Jika masuk ke jurusan ini, Anda memiliki kesempatan kerja yang sangat luas, mulai dari staf, sekretaris, manajer, hingga direktur. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan ilmu bisnis dan manajemen yang diperoleh untuk menjadi seorang pengusaha.

  1. Psikologi

Jurusan kuliah ips bagi Anda yang suka mempelajari perilaku mental manusia adalah psikologi. Jika kuliah di jurusan ini, Anda akan mempelajari ilmu pemikiran hingga alasan di balik setiap tindakan manusia.

Mahasiswa tidak akan bosan untuk belajar di jurusan psikologi. Terlebih ilmu satu ini dibagi menjadi beberapa bagian, mulai dari psikologi klinis, psikologi industri, dan psikologi perkembangan.

Berbicara soal peluang kerjanya, lulusan psikologi berkesempatan untuk bisa menjadi seorang HRD perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sebagai seorang konsultan perusahaan, psikolog, psikiater, konsultan karier, dan masih banyak lagi.

  1. Hukum

Indonesia termasuk negara hukum sehingga berkuliah di jurusan hukum tentunya sangat menjanjikan. Hal tersebut karena lulusan satu ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari penegak hukum sampai perusahaan.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan banyak belajar mendalami konsep dan teori secara mendalam. Anda harus terus mengasah kemampuan berpikir secara kritis sehingga bisa memahami berbagai permasalahan hukum.

Seusai mendalami teori selama kuliah, Anda bisa mulai masuk ke dunia kerja terutama di firma-firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan. Peluang kerjanya tidak sebatas itu saja, tetapi juga sebagai pengacara, notaris, hingga staf legal perusahaan.

  1. Hubungan Internasional

Rekomendasi berikutnya untuk jurusan kuliah IPS ialah Hubungan Internasional atau yang biasa disingkat sebagai HI. Anak HI tidak hanya belajar tentang hubungan diplomasi antar negara, tetapi juga mengenai konflik, kesejahteraan, sampai perdamaian dunia.

Selain itu, masih ada banyak hal yang akan dipelajari di jurusan hubungan internasional selama berkuliah. Salah satunya cara mempertahankan keharmonisan antar negara demi menciptakan hubungan bilateral ataupun multilateral.

Baca juga: Tes Minat Bakat Jurusan untuk Pilih Jurusan yang Cocok

  1. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi juga termasuk salah satu jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak peminatnya. Jurusan satu ini tidak hanya belajar cara berkomunikasi saja, tetapi ada banyak sekali mata kuliah seru untuk dipelajari.

Beberapa di antanya ialah public speaking, fotografi, penulisan naskah berita, sinematografi, hingga membuat film. Mahasiswa ilmu komunikasi tidak hanya belajar secara teori saja, tetapi juga kerap diminta untuk melakukan praktik lapangan secara langsung.

Soal biaya, tentu sangat bergantung pada kebijakan tiap-tiap universitas, mulai dari 500 ribu hingga 10 juta rupiah. Ilmu komunikasi sendiri memiliki prospek cerah karena sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Ada begitu banyak pilihan jenis pekerjaan untuk bagi anak Ikom. Mulai dari seorang public relation, presenter, reporter, jurnalis, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, hingga event organizer.

  1. Akuntansi

Salah satu jurusan kuliah IPS yang paling menggiurkan adalah akuntansi. Bagaimana tidak, segala jenis perusahaan pasti membutuhkan sosok yang mampu mengurusi masalah keuangan.

Seseorang yang teliti dan menyukai angka-angka sangat cocok untuk masuk ke jurusan akuntansi. Pasalnya, Anda akan belajar bagaimana cara membuat laporan keuangan, pajak, audit, dan masih banyak lagi.

Lulusan akuntansi tidak hanya bisa menjadi seorang akuntan karena masih banyak posisi lainnya. Anda bisa bekerja menjadi seorang auditor, manajer, marketing, atau analis anggaran.

  1. Desain Komunikasi Visual

Rekomendasi selanjutnya untuk anak IPS adalah jurusan desain komunikasi visual alias DKV. Jurusan DKV termasuk cabang ilmu desain yang mempelajari cara menyampaikan pesan secara kreatif.

Biasanya mata kuliahnya sangat erat dengan gambar-gambar digital, seperti film, iklan, logo, atau banner. Oleh sebab itu, anak DKV sudah sepatutnya mempunyai kreativitas dan inovasi menarik dalam menciptakan suatu desain.

Desain yang dibuat biasanya dimaksudkan untuk berbagai tujuan, seperti animasi, fotografi, iklan, dan sejenisnya. Dengan demikian, anak DKV memiliki peluang besar untuk menjadi seorang desainer, animator, illustrator, web designer, hingga tim kreatif perusahaan.

  1. Kriminologi

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia investigasi, jurusan ini sangat cocok karena akan belajar tentang pengungkapan suatu peristiwa kejahatan. Para mahasiswa bisa memilih konsentrasi menarik, misalnya cyber crime, penegakan hukum, hingga kejahatan transnasional.

Jurusan kriminologi tergolong jarang ditemui di Indonesia dan salah satu kampus terbaik yang menyediakannya adalah Universitas Indonesia. Perkiraan biaya untuk jurusan ini adalah 500 ribu sampai 5 juta rupiah.

Prospek kerja mahasiswa kriminologi juga sangat beragam dan menarik. Anda bisa berkesempatan untuk bekerja di lembaga kepolisian, kejaksaan, Badan Intelijen Negara, Komnas HAM, dan masih banyak lagi.

  1. Ekonomi Pembangunan

Jurusan kuliah IPS yang direkomendasikan selanjutnya adalah ekonomi pembangunan. Walaupun termasuk masih jarang diminati, tetapi peluang karir jurusan satu ini sangatlah menjanjikan.

Hal tersebut karena lulusan ekonomi pembangunan banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Hampir mirip dengan ilmu ekonomi, jurusan ini akan lebih spesifik mempelajari beragam persoalan di bidang pembangunan.

Soal peluang kerjanya, anak ekonomi pembangunan bisa berkarir di instansi pemerintahan hingga swasta. Contoh pekerjaannya adalah sebagai seorang research & development, ahli ekonomi, dan data analyst.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kuliah untuk yang Bekerja

  1. Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan merupakan jurusan yang berkaitan dengan mengelola buku, dokumen, hingga media digital. Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar tentang teknologi, sistem informasi, kearsipan, hingga administrasi manajemen.

Ada banyak pilihan profesi bagi anak lulusan ilmu perpustakaan yang menarik. Misalnya, pustakawan, peneliti, akademisi, tata usaha, dan konsultan perpustakaan dan informasi.

  1. Pendidikan

Rekomendasi terakhir jurusan kuliah untuk anak IPS adalah pendidikan. Jurusan ini sudah pasti sangat dibutuhkan karena pendidikan di Indonesia pasti akan terus berjalan dan dikembangkan.

Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan sosok guru yang berkualitas dan mampu mendidik generasi bangsa di masa depan. Selain menjadi seorang guru, Anda juga bisa membuka bimbingan belajar atau berbisnis.

Selain 11 jurusan di atas, sebenarnya masih banyak jurusan kuliah IPS yang menjanjikan. Anda perlu mempertimbangkan jurusan, perguruan tinggi, hingga biaya yang harus dikeluarkan sehingga benar-benar mendapatkan tempat terbaik untuk kuliah.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi oleh OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download