Tes Minat Bakat Jurusan untuk Pilih Jurusan yang Cocok

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 06 Jul 2022

Setelah menyelesaikan sekolah menengah, banyak siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi. Namun, tak jarang banyak dari mereka yang merasa bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat. Apalagi jika jurusan yang diidamkan tidak sesuai dengan penjurusan yang diambil saat sekolah menengah. Ini dia semua tentang Tes Minat Bakat Jurusan.

Kebanyakan siswa dan siswi merasa khawatir akan memilih jurusan kuliah yang salah. Selain khawatir tidak dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu, memilih jurusan yang salah tentunya dapat berdampak pada performa siswa dan siswi saat berkuliah. Misalnya, nilai yang kurang memuaskan hingga stress berlebih. 

Baca Juga: Revenue Streams Adalah: Jenis, Fungsi, Contoh

Oleh karena itu, penting bagi para orang tua murid, guru, serta siswa dan siswi yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi untuk benar-benar memahami minat dan bakat siswa. Dengan begitu, kecil kemungkinan murid untuk mengambil jurusan kuliah yang salah sehingga tidak dapat menikmati masa-masa menyenangkan di bangku kuliah.

Untuk mengevaluasi dan mengukur minat dan bakat murid, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah melalui tes minat bakat jurusan. Apakah itu tes minat bakat? Apa saja jenisnya? Bagaimana cara melakukannya?

Sebelum Anda semakin penasaran, mari simak ulasan berikut ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tes minat bakat jurusan.

Apa Itu Tes Minat Bakat Jurusan?

Dilansir dari website Universitas Muhammadiyah Malang, tes minat bakat merupakan rangkaian tes dan analisa yang menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat bakat serta kepribadian siswa terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu. Tes ini dirancang secara khusus untuk membantu siswa memahami potensi diri dan bidang-bidang yang diminati dengan lebih baik.

Biasanya, tes minat bakat jurusan dilakukan dan dinilai oleh seorang psikolog profesional. Kemudian, selain mendapatkan hasil tertulis, siswa juga dapat melakukan konsultasi langsung dengan psikolog terkait dengan hasil tesnya. Dengan begitu, siswa bisa mendapatkan arahan yang lebih jelas mengenai jurusan kuliah yang tepat diambil.

Baca Juga: 6 Tempat Les Bahasa Inggris Jakarta Untuk Anak

Jenis – Jenis Tes Minat Bakat Jurusan

Tes minat bakat jurusan terdiri dari beberapa jenis. Umumnya, tes minat bakat diikuti dengan tes kepribadian dan mencakup Intelligens Struktur Tes (IST), Tes Minat Holland, Tes Kepribadian (MBTI), Kraeplin, Tes Gaya Belajar (VAK), dan Tes Penjurusan (RMIB). Penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing jenis tes adalah sebagai berikut:

  1. Intelligenz Structure Test (IST)

Intelligenz Structure Test digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Tes ini dapat digunakan untuk anak-anak maupun dewasa usia 15-60 tahun. IST terdiri dari 9 subtes dengan durasi tes 71 menit.

  1. Tes Minat Holland

Tes Minat Holland atau yang biasa disebut dengan Self-Directed Search Holland (SDS Holland) merupakan salah satu tes psikologi yang paling sering digunakan untuk mengetahui minat seseorang. SDS Holland mengkategorikan kepribadian manusia menjadi 6 tipe kepribadian, yaitu Realistic/Aggressive, Investigative/Intellectual, Artistic/Imaginative, Social, Enterprising/Extrovert, dan Conventional/Practical.

  1. Tes Kepribadian (MBTI)

The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan sebuah instrumen untuk melakukan assessment atau tes kepribadian mandiri atau sederhana. Terdapat banyak website yang menyediakan tes MBTI secara gratis dan online. Tes ini melihat kepribadian lewat beberapa aspek, yaitu cara seseorang saat mengolah informasi, mengambil keputusan, dan memandang sebuah masalah yang ada.

  1. Kraeplin

Tes Kraeplin bertujuan untuk melihat konsistensi, stabilitas emosi, kecepatan dan ketahanan kerja serta ketelitian seseorang. Tes ini merupakan jenis speed test karena terbatasnya waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tes. Peserta tes ini akan diminta mengerjakan soal penjumlahan dasar beruntun yang melibatkan angka 0-9 hingga 40-an kolom dalam waktu 30 detik untuk tiap kolom.

  1. Tes Gaya Belajar (VAK)

Tes Gaya Belajar (VAK) dilakukan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar seseorang. Tes ini mengkategorikan gaya belajar menjadi tiga tipe, yaitu Visual, Auditori, dan Kinestetik. Dengan memahami gaya belajar yang dimiliki, siswa dapat menentukan metode belajar yang paling cocok untuk performa belajar yang optimal selama berkuliah.

  1. Tes Penjurusan (RMIB)

Tes Penjurusan Rothwell-Miller Interest Blank (RMIB) merupakan tes psikologi yang bertujuan untuk mengukur minat seseorang berdasarkan sikapnya terhadap suatu pekerjaan. Tes ini terdiri dari 12 kategori pekerjaan. Kategori pekerjaan tersebut mencakup Outdoors, Mechanical, Computational, Scientific, Personal Contact, Aesthetic, Literary, Musical, Social Service, Clerical, Practical, dan Medical.

Bagaimana Cara Melakukan Tes Minat Bakat Jurusan?

Tes minat bakat jurusan dapat dilakukan di berbagai pusat psikologi di mana saja. Pusat psikologi ini juga banyak ditemukan di lingkungan kampus, biasanya berlokasi di Fakultas Psikologi. Namun, Anda juga dapat melakukan tes di pusat psikologi luar kampus yang dirasa cocok untuk Anda.

Selain itu, beberapa tes psikologi untuk menentukan minat dan bakat juga dapat dilakukan secara online. Kini, ada banyak website atau platform yang menyediakan layanan tes minat bakat gratis di internet. Namun, tentunya akurasi dari tes psikologi online tersebut perlu ditinjau ulang oleh seorang profesional, ya.

Untuk biayanya sendiri, tes minat bakat jurusan dikenakan harga yang bervariatif tergantung lokasi tes Anda. Biaya tes minat bakat berkisar di antara Rp 150.000 hingga jutaan rupiah. Jika Anda punya budget yang terbatas, Anda bisa mempertimbangkan mengambil tes online yang tersedia di internet agar lebih hemat.

Baca Juga: Intip Range Gaji Fresh Graduate Lulusan Arsitektur

Tips Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan

Sebagaimana saat mengikut jenis tes lainnya, Anda juga memerlukan persiapan yang matang sebelum melaksanakan tes minat bakat jurusan. Dengan persiapan yang baik, hasil yang didapatkan pun pasti lebih maksimal. Berikut beberapa tips mengikuti tes minat bakat jurusan yang dapat Anda ikuti:

  1. Pastikan Anda makan terlebih dahulu sebelum tes dimulai. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan Anda tetap fokus selama tes berlangsung.
  2. Hindari begadang pada malam sebelum hari ujian tiba. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tubuh Anda harus dalam keadaan fit dan siap beraktivitas.
  3. Matikan handphone saat tes berlangsung. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak terganggu distraksi yang muncul dari handphone seperti notifikasi media sosial atau pesan singkat.
  4. Datang tepat waktu. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang dan percaya diri sebelum menghadapi tes minat bakat.
  5. Lakukan tes di ruangan yang sunyi agar tetap fokus. Khususnya apabila Anda mengambil tes minat bakat secara online.

Terlepas dari beberapa tips di atas, jangan khawatir apabila Anda merasa hasil tes kurang maksimal. Anda dapat mengulang tes minat bakat minimal 1 tahun setelah tes sebelumnya. Jadi, semangat terus, ya!

Demikian ulasan singkat mengenai tes minat bakat jurusan. Setelah melewati tes dengan baik, Anda juga harus riset lebih lanjut mengenai prospek pekerjaan dari jurusan yang diminati, ya. Hal ini tentunya penting agar Anda dapat menyusun rencana karir yang lebih baik ke depannya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download