Omzet Menjanjikan dengan Jual Bibit Lele sebagai Bisnis

09 Aug 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Bisnis perikanan merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, seperti jual bibit lele untuk kebutuhan dibesarkan sebagai ikan konsumsi. Bibit lele yang ideal untuk dipelihara adalah yang sudah berukuran panjang 3 – 5 cm.

Daging ikan lele memiliki kandungan gizi dan protein tinggi yang sangat baik untuk tubuh. Selain bergizi dan mudah didapat, lele juga memiliki harga yang lebih murah apa bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengolah Lidah Buaya di Rumah

Budidaya ikan lele membutuhkan ketelatenan dalam hal perawatan seperti makanan maupun kualitas air. Bibit lele cenderung tidak bisa bertahan pada air keruh, tidak sepert lele dewasa, sehingga dalam pemeliharaan harus rajin mengganti air agar lele bisa tumbuh dengan baik.

Tips Usaha Jual Bibit Lele sebagai Bisnis dengan Omzet Tinggi

Lele adalah ikan konsumsi yang cukup mudah untuk dibesarkan dan dikembangbiakkan. Ikan air tawar ini dikenal mengandung gizi dan protein tinggi sehingga banyak diminati sebagai lauk yang gurih dan renyah.

Budidaya lele mulai dari bibit hingga dewasa dengan ukuran siap olah, membutuhkan fokus dan keuletan sehingga tidak ada bibit yang mati. Anda bisa menemukan tempat usaha yang jual bibit lele sebagai supplier.

Bagi Anda yang masih pemula ata tertarik dengan bisnis ini, berikut kami bagikan tips usaha jual bibit lele kepada para pembudidaya, antara lain sebagai berikut.

Siapkan modal

Hal yang pertama Anda siapkan adalah model untuk membeli indukan lele yang siap produksi. Bibit lele yang baik tentunya harus berasal dari indukan yang berkualitas.

Anda bisa memilih lele dewasa dengan kulit yang segar dan kenyal karena itu menandakan bahwa indukan lele tersebut sehat. Jangan sampai salah pilih karena lele yang tidak produktif tidak akan bisa menghasilkan anakan yang bagus.

Gunakan lele indukan yang lebih dari satu, sehingga semakin banyak indukan maka diharapkan anak lele juga akan semakin banyak. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi Anda sebagai pebisnisnya.

Siapkan kolam

Kolam ikan ini merupakan hal yang sangat penting yang berguna sebagai wadah atau tepat memelihara indukan lele agar cepat beranak. Untuk lele indukan yang siap produksi tidak membutuhkan kolam yang terlalu luas, namun masih bisa tetap untuk bergerak bebas.

Anda bisa membuat kola dari semen maupun menggunakan terpal plastik sebagai kolam ikan. Penggunaan terpal plastik harus disesuaikan dengan kapasitas sehingga air tidak membludak karena rusaknya terpal.

Dalam membuat atau merancang kolam ikan, pastikan sanitary dibuat dengan baik sehingga air kolam bisa terganti sempurna sehingga ikan menjadi lebih sehat.

Dalam bisnis ini Anda perlu menyiapkan dua kolam, yaitu kolam untuk indukan dan kolam khusus untuk anakan.

Berikan pakan bernutrisi

Indukan lele yang siap produk perlu diberikan pakan yang bernutrisi sehingga menghasilkan bibit lele yang berkualitas.

Siapkan dua jenis pakan berbeda ukuran untuk indukan dan bibit lele tersebut. Apa bila indukan sudah mengahasilkan anakan, maka Anda perlu secara rutin memberikan pakan bergizi.

Namun perlu diingat pada untuk bibit lele jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan bibit lele kekenyangan dan rawan mati. Hal ini tentu merugikan bagi pebisnis.

Rajin mengganti air

Untuk bibit lele yang masih kecil, kualitas air sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup bibit lele ini. Gantilah air dengan air bersih yang segar secara berkala.

Pergantian air secara berkala ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas oksigen di dalam air sehingga kemungkinan bertahan bibit lele untuk hidup akan lebih besar. Bisnis jual bibit lele ini tentu perlu kesabaran dalam segala prosesnya, salah satunya adalah penggantian air yang rutin.

Berikan suplemen khusus

Suplemen untuk lele ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan bibit lele. Mengandung nutrisi tinggi yang bisa menguatkan daya tahan lele terhadap serangan penyakit yang mungkin mengancam.

Baca Juga: Yuk Simak Cara Menanam Kangkung!

Ada banyak macam dan ragam suplemen untuk lele ini mulai dari kualitas biasa hingga yang super. Apa bila Anda berminat bisnis jual bibit lele ini tentu perlu memberikan pakan dan suplemen terbaik untuk kualitas bibit lele yang dibesarkan.

Beberapa tips di atas bisa Anda coba untuk sukses dalam bisnis jual bibit lele ini. Pastikan segala perawatan dilakukan dengan baik sehingga menghasilkan bibit atau anakan lele berkualitas yang disukai oleh pembudidaya.

Jenis – Jenis Ikan Lele Konsumsi yang Populer di Indonesia

Lele merupakan jenis ikan populer untuk lauk konsumsi. Ada banyak jenis lele yang cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  1. Lele Lokal

Lele Jawa ini populer dibudidayakan sebagai ikan konsumsi dengan protein tinggi. Konsumsi lele lokal tentu tak kalah dalam hal kandungan gizinya yang tinggi. Ikan air tawar ini kaya akan vitamin D yang juga sangat baik untuk tulang.

  1. Lele Dumbo

Jenis lele ini terkenal karena ukurannya yang besar. Banyak orang suka dengan lele dumbo karena bisa tumbuh menjadi ikan yang besar. Namun demikian, apa bila lele dumbo telah tumbuh terlalu besar maka dagingnya tidak akan enak untuk dikonsumsi.

  1. Lele Sangkuriang

Ikan lele ini merupakan hasil perkawinan jenis dumbo dan lokal. Penyebarannya bisa ditemukan di pulau Jawa. Ikan ini cukup banyak dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi karena rasa daging yang enak dan empuk.

kekuningan.

  1. Lele Masamo

Lele Masamo memiliki rasa gurih dan cita rasa yang lezat. Untuk mengolah lele jenis ini cukup pilih yang berukuran sedang.

Selain lima jenis ikan lele di atas tentu masih banyak lagi. Ikan konsumsi ini memiliki karakteristik berkumis dengan mulut lebar.

Harganya yang murah menjadikannya banyak disukai sebagai lauk pelengkap makanan. Selain murah, jenis ikan konsumsi ini juga memiliki gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan lemak  yang sangat rendah. Ini membuat ikan lele menjadi ikan yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan lele mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan lele juga merupakan sumber vitamin B-12. Kandungan vitamin B12 dalam ikan lele ini dapat memenuhi 40% kebutuhan manusia dewasa dalam sehari.

Selain itu, ikan berkumis ini juga mengandung vitamin D adalah vitamin yang bisa diperoleh secara alami melalui cahaya matahari. Tidak banyak makanan yang bisa menjadi sumber vitamin D. Ikan lele adalah sumber vitamin yang sempurna karena bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Baca Juga: Dapat Turunkan Berat Badan, Berikut Cara Menanam Porang

Melakukan bisnis jual bibit lele ini memerlukan keberanian untuk berinvestasi dan mengeluarkan modal yang cukup besar. Namun seiring besarnya risiko kegagalan juga akan semakin besar keuntungan atau omzet yang akan didapat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download