Inilah 5 Ikan Jenis Guppy yang Banyak Dicari Kolektor

05 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 06 Sep 2022

Ikan hias tak pernah hilang kepopulerannya dan menjadi koleksi para kolektor. Salah satunya ialah ikan jenis guppy yang banyak dicari karena kecantikannya. 

Harganya sangat fantastik karena ikan Guppy memiliki bentuk, warna, dan kelincahan yang sangat menghibur. Sebagai pecinta ikan hias pasti tidak asing lagi dengan ikan guppy. 

Ikan guppy memiliki banyak jenis dan model. Mau tahu mana saja yang sering diburu? 

Berikut jenis guppy mahal yang jadi incaran kolektor. Intip seperti apa kekhasannya. 

  1. Platinum Half Moon

Salah satu jenis guppy merah yang memiliki harga cukup fantastis. Anda yang ingin mendapatkan guppy platinum half moon ini mesti siap merogoh kocek sebesar Rp200.000 per ekor.

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Memiliki sirip yang cantik dengan warna yang memukau. Bentuk siripnya lebar seperti kelopak bunga yang sedang mekar. Tubuhnya memiliki warna full silver dengan gradasi yang halus.

Guppy Platinum Half Moon ini terbilang cukup mungil karena memiliki ukuran kurang lebih 4 cm. Ukuran tersebut pasti akan terlihat cantik apabila berada di dalam akuarium bersama jenis ikan guppy lainnya. 

  1. Young Pair Champion Purple

Jenis guppy satu ini konon dinobatkan sebagai guppy termahal di dunia. Young Pair Champion Purple ini memiliki harga Rp1.000.000 per ekornya. Fantastik bukan untuk ikan ukuran sejari tangan?

Young Pair Champion memiliki dua jenis gradasi, yaitu silver dan ungu kebiruan. Jenis ini merupakan guppy warna ungu yang sangat terlihat kecantikannya.

Anda juga akan melihat harga yang lebih fantastik apabila melihat jenis guppy dragon purple. Bentuk dan model body-nya memang sangat memukau. Tidak heran jika diburu para kolektor.

Warna paling cerah berada di kepala yaitu warna putih dan biru muda. Perutnya memiliki warna putih. Semakin ke atas dan bagian belakang, warna biru perlahan-lahan menggelap hingga menjadi biru tua nyaris ungu. 

Ekornya menjuntai dan bagian ujungnya bercorak abu-abu. Bagian tengahnya memiliki warna hitam dan ungu kebiruan. Cantik bukan? 

Warna yang dimilikinya membuat ikan ini memiliki kesan tegas dan berwibawa.

  1. Japan Blue

Seperti namanya, guppy jenis ini merupakan ikan hias yang berasal dari Jepang. Bagi Anda penikmat film animasi Jepang pasti familiar dengan lanskap langit biru cerah di Jepang. Nah, warna khas biru langit tersebut ada pada corak ikan guppy jenis Japan Blue ini.

Memiliki harga yang standar dan tidak terlalu mahal daripada jenis guppy lainnya. Ikan hias ini memiliki harga 100 ribu hingga 350 ribu rupiah per ekornya. Anda yang ingin memiliki ikan hias dengan harga terjangkau bisa memilih Japan Blue. 

Meskipun harganya lebih terjangkau, tetapi kecantikannya juga tak kalah dan banyak juga loh kolektor yang mencarinya. Japan Blue memiliki warna cerah dengan warna biru langit di ekor dan siripnya. 

Pada bagian kepalanya memiliki warna kuning keemasan. Kecantikannya tidak kalah dengan jenis guppy warna kuning karena Anda akan menemukannya pula pada bagian Japan Blue. 

Uniknya, sirip yang berumbai-rumbai tajam memiliki corak baris totol-totol berwarna hitam yang nampak serasi dengan warna biru langit. Ditambah dengan kecantikan pada sirip ekornya. 

Corak tersebut tentu memberi kesan imut dan cocok menjadi hewan peliharaan untuk anak-anak. Harganya yang terjangkau juga tidak membuat Anda khawatir apabila dipelihara oleh anak-anak.

Baca Juga: Cara Ternak Lele untuk Pemula dan Cari Modal

  1. Guppy Red Moscow

Cocok untuk Anda yang menyukai warna merah. Ikan ini merupakan jenis guppy merah atau dengan nama lain Guppy Red Moscow. Memiliki warna merah mulai dari tubuh, kepala, ekor, sampai sirip.

Memiliki warna merah pekat dan itulah yang menjadi ciri khasnya. Tidak ada corak atau gradasi apa pun di tubuhnya. Hanya warna merah yang solid sekujur tubuh. 

Warna tersebut membuat tampilan ikan guppy merah terlihat segar karena menimbulkan kesan keren, menarik, dan berani.

Anda hanya perlu merogoh kocek Rp100 – 300 ribu rupiah jika ingin mengoleksi jenis guppy yang satu ini. Budget yang cukup terjangkau tersebut Anda sudah bisa mendapatkan sepasang ikan keren dan menawan. 

Anda bisa meletakkannya di akuarium rumah atau kamar. Pemandangannya akan sangat memanjakan, apalagi jika Anda hiasi pula dengan tanaman-tanaman lembut di dalam akuarium.

Sebagai tambahan, apabila Anda ingin mulai memelihara ikan satu ini, Anda bisa memulai dari benihnya. Memulai memelihara dari benih akan membuat ikan lebih mudah beradaptasi dan perawatannya tidak terlalu sulit. 

  1. Swordtail

Jenis guppy selanjutnya yang tak kalah menarik ialah guppy swordtail. Jenis guppy satu ini sangat cocok menjadi hiasan akuarium di ruangan karena memiliki ekor yang unik. 

Biasanya ikan guppy  mempunyai sirip lebar, tetapi berbeda dengan Swordtail. Jenis guppy yang satu ini, ekor bagian atasnya tidak melebar melainkan memanjang runcing ke belakang seperti pedang. Inilah yang menjadi keunikan ikan guppy jenis Swordtail. 

Ciri morfologi tersebut membuat ikan ini mudah dikenali oleh para pecinta ikan hias. Tidak heran pula jika para kolektor ikan hias kerap kali mengidam-idamkan guppy Swordtail.

Harga guppy Swordtail juga tidak terlalu mahal, yaitu sebesar Rp175.000 setiap ekornya. Harga tersebut tentu setara dengan kecantikan yang dimilikinya. Anda tidak akan menyesal dengan harga yang Anda keluarkan. 

Anda bisa meletakkannya di dalam akuarium dan akan menambah tampilan rumah semakin menarik. Jadi, tunggu apa lagi? Swordtail bisa jadi pilihan menarik untuk Anda yang gemar mengoleksi ikan hias. 

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta untuk Pebisnis Pemula

  1. Guppy Cobra

Anda pasti akan tercengang dengan corak yang dimiliki oleh guppy cobra. Memiliki corak tubuh seperti layaknya ular kobra dan menjadi salah satu ikan yang banyak dicari kolektor. 

Memiliki kombinasi warna merah pada siripnya yang akan menambah ikan ini semakin cantik. Kombinasi warna hitam, merah, dan kuning menjadi salah satu ikan yang sangat mudah diidentifikasi. 

Tidak hanya guppy cobra, jenis ikan hias yang memiliki corak kulit ular juga banyak. Namun, guppy cobra menjadi salah satu yang terkenal dan banyak diburu kolektor. 

Ciri khas inilah yang membuat ikan jenis ini sangat didambakan dan menjadi ikan hias yang memiliki harga tinggi. Anda akan mendapatkan kecantikan kulit ular pada seekor ikan. Menakjubkan bukan?

Itulah enam jenis ikan guppy yang bisa Anda pilih untuk koleksi atau menghias akuarium di rumah. Pemeliharaan ikan guppy tergolong tidak terlalu sulit karena guppy memiliki karakter yang kuat dan tangguh. 

Bagi Anda yang ingin memulai atau sebagai pemula koleksi ikan hias, bisa memilih ikan guppy sebagai pilihan pertama. Tidak terlalu rewel dengan makanan dan Anda bisa memberikan makanan ikan seperti pada umumnya. 

Ada banyak jenis guppy yang bisa Anda koleksi dan masing-masing memiliki ciri khas yang unik. Jadi, semakin Anda mampu menemukan berbagai jenisnya, semakin kaya koleksi ikan guppy Anda. 

Baca Juga: Kenali Apa Itu Margin: Jenis, Unsur, dan Menghitung

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

06 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download