Jangan Dibiarkan, Ini 3 Cara Mudah Mengatasi Gatal Pada Kulit

02 Jun 2021 by kreditpintar
Jangan Dibiarkan, Ini 3 Cara Mudah Mengatasi Gatal Pada Kulit
Itching

Gatal pada kulit adalah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi pada semua orang. Kondisi ini merupakan masalah kesehatan yang ringan namun, sangat tidak nyaman dirasakan oleh penderitanya. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti alergi, gigitan serangga dan lain-lain.

Ini bisa dirasakan dimana saja tergantung pemicunya dan disertai beberapa gejala yang muncul seperti bentol-bentol dan ruam kemerahan. Biasanya rasa gatal ini akan hilang dengan sendirinya tanpa ada penangan medis atau Sobat Pintar juga dapat mengkonsumsi obat pereda gatal.

Namun kondisi ini juga harus diwaspadai apabila rasa ini muncul dan tidak kunjung sembuh meski sudah mengkonsumsi obat-obatan. Untuk itu kita perlu mengetahui apa pemicunya dan cara mengatasi gatal pada kulit dengan tepat.

PENYEBAB GATAL PADA KULIT

Dengan mengetahui pemicunya, maka kita semua bisa dengan lebih mudah mencari cara mengatasi gatal pada kulit. Inilah beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab dari gatal pada kulit antara lain :

1. Alergi 

Gatal yang muncul pada kulit biasanya disebabkan oleh reaksi alergi terhadap sesuatu. Bisa berupa alergi terhadap makanan atau minuman, alergi obat-obatan dan alergi pada bahan kimia tertentu. Jika hal ini terjadi Sobat Pintar sebaiknya langsung menghentikan konsumsi atau pemakaian dari bahan-bahan yang menimbulkan reaksi alergi.

2. Penyakit Kulit

Salah satu pemicu munculnya rasa gatal pada kulit juga disebabkan oleh beberapa penyakit kulit seperti infeksi jamur (kurap), kudis, cacar, biduran, eksim dan psoriasis. Reaksi gatal yang ditimbulkan pun hanya muncul di area tertentu saja dan  ditSobat Pintari dengan adanya bintik-bintik kemerahan.

3. Kulit Kering

Kulit kering menjadi salah satu penyebabnya. Orang yang memiliki kulit kering biasanya juga merasakan gatal di area kulitnya. Kulit kering disebabkan karena kurangnya minyak alami atau sebum pada tubuh kita.  Atau bisa juga disebabkan karena udara kering dan penggunaan AC yang terlalu lama.

4. Gangguan Saraf

Beberapa jenis penyakit saraf  yang menyebabkan gatal-gatal seperti neurodermatitis, herpes zoster, multiple sclerosis, dan neuropati. Jika Sobat Pintar mengalami gatal yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh bisa jadi itu disebabkan oleh gangguan saraf.

5. Hormon

Pengaruh hormon juga bisa menyebabkan masalah ini seperti hormon pada ibu hamil. Saat hamil sebagian wanita akan merasakan gatal pada bagian perut, paha dan payudara. Gatal ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

6. Stres

Stres juga dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit, ini biasa disebut gatal psikogenik.

CARA MENGATASI GATAL PADA KULIT

Jika Sobat Pintar merasakan masalah ini ada baiknya Sobat Pintar jangan menggaruk terlalu kasar, cukup digaruk dengan lembut dan usapan jari. Menggaruk  kulit terlalu kasar bisa membuat kulit Sobat Pintar menjadi luka. Jika Sobat Pintar merasakan masalah ini yang membuat aktivitas Sobat Pintar terganggu, Sobat Pintar bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi gatal pada kulit.

1. Konsumsi Obat

Salah satu obat yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa ini adalah Antihistamin. Obat ini digunakan untuk mengobati reaksi alergi seperti alergi pada makanan, bahan kimia, alergi akibat gigitan serangga dll.

2. Menggunakan Pelembab Kulit

Menjaga kelembaban kulit sangatlah penting karena salah satu pemicu masalah ini adalah kulit kering. Menjaga kelembaban kulit bisa dengan menggunakan Lotion atau pelembab kulit, mandi dengan air hangat dan hindari penggunaan AC yang terlalu lama.

3. Mengelola Stres

Stres juga bisa menyebabkan gatal biasa disebut dengan gatal psikogenik. Sobat Pintar bisa mengurangi stres dengan cara melakukan meditasi dan juga yoga.

4. Menjaga kebersihan

Gatal juga bisa disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar kita. Harus dipastikan bahwa tempat tinggal kita bebas dari debu, kotoran, kutu dan tungau.

itulah berbagai pemicu dan cara mengatasi gatal pada kulit. 

Semoga membantu para Sobat Pintar, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload