Inilah Rahasia Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik

Inilah Rahasia Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik

28 May 2021 by kreditpintar
Inilah Rahasia Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik

Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga? Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam keuangan rumah tangga. Berbeda dengan ketika Sobat Pintar hidup sendiri, rumah tangga bisa menghabiskan lebih banyak uang dari yang Sobat Pintar sadari.

Banyak dari kita menganggap budgeting ini sebagai hal yang buruk dilakukan, sebab budgeting dapat semua kegiatan ekstra mereka. Konsep ini tidak jauh dari mengelola pengeluaran rumah tangga dalam batasan penghasilan Sobat Pintar. Tujuan mengatur keuangan pribadi untuk setiap orang adalah memakai tidak lebih dari apa yang Sobat Pintar dapatkan untuk memiliki kehidupan bebas hutang sambil menabung untuk menangani hal darurat yang mengarah pada pola hidup yang lebih berkualitas.

Berikut beberapa tips bagaimana mengelola keuangan rumah tangga yang akan membantu mengurangi tekanan finansial Sobat Pintar. Dengan menerapkan tips-tips mudah berikut ini, Sobat Pintar berkesempatan untuk mengubah gaya hidup Sobat Pintar dengan melakukan transformasi positif ke dalam kondisi keuangan Sobat Pintar.

Mulai perencanaan keuangan

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan memiliki rencana keuangan yang membantu Sobat Pintar mengelola keuangan rumah tangga. Perencanaan keuangan mencakup berbagai tahapan. Pertama, Sobat Pintar harus memutuskan bagaimana mengelola keuangan Sobat Pintar dan kemudian membuat perencanaan pengeluaran yang mencakup transaksi kembali hutang dan menyimpan dana darurat. Pada titik ini, Sobat Pintar perlu memprioritaskan hal-hal yang akan membantu dalam mencapai tujuan jangka panjang Sobat Pintar dalam hal apa yang paling penting bagi Sobat Pintar. Ingatlah tiga poin berikut untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih baik.

Buat Anggaran

Inilah cara mengatur keuangan rumah tangga yang kedua. Menetapkan anggaran yang realistis akan membantu menghemat kerumitan dalam meminjam atau mengambil pinjaman dan mengelola keuangan rumah tangga Sobat Pintar dengan lebih baik. Pastikan Sobat Pintar hanya menggunakan untuk kegiatan yang benar-benar berguna dan penting. Jangan menghabiskan uang tanpa tujuan hanya demi pengeluaran. Untuk membuat anggaran, Sobat Pintar harus terlebih dahulu membuat daftar semua cara mendapatkan penghasilan. Ini termasuk gaji, sewa atau investasi dan pengeluaran lainnya. Sekarang Sobat Pintar perlu membuat daftar pengeluaran terpisah termasuk sewa, tagihan, asuransi, dan biaya. Dengan ini Sobat Pintar akan mendapatkan pandangan yang lebih baik mengenai bagaimana menciptakan keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Penting bagi Sobat Pintar untuk membelanjakan secara bijaksana dengan melacak pengeluaran Sobat Pintar.

Hindari Biaya Bank

Penting untuk memastikan bahwa Sobat Pintar membelanjakan sesuai pemasukan Sobat Pintar. Cobalah untuk menghindari cerukan bank karena pada akhirnya akan semakin mahal dan pada akhirnya dapat menggerogoti pendapatan masa depan Sobat Pintar. Sobat Pintar sekarang perlu berpikir dengan cara yang berbeda, jika Sobat Pintar sering menghadapi cerukan maka pastikan untuk membatasi jumlah pengeluaran Sobat Pintar. Penerapan teknik ini memudahkan Sobat Pintar dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan cara menabung.

Persiapkan cadangan uang

Saat menabung, Sobat Pintar juga perlu mempersiapkan diri untuk hal-hal terburuk. Jangan pernah berharap apabila asuransi dapat menyelamatkan masa depan Sobat Pintar. Sobat Pintar perlu juga menyisihkan sedikit uang untuk dari pengeluaran untuk menghindari hal-hal buruk. Bayangkan apabila hal-hal buruk tersebut terjadi? Pastikan Sobat Pintar memiliki tabungan yang cukup untuk menghadapi peristiwa seperti itu dengan cara yang efektif.

Prioritaskan Pembayaran Hutang

Apakah Sobat Pintar membelanjakan lebih dari yang Sobat Pintar hasilkan? Jika ya, maka Sobat Pintar harus memenuhi pilihan pengeluaran Sobat Pintar dan jangan biasakan menjadikan hutang sebagai jalan keluar dari cara mengatur keuangan rumah tangga.

Prioritaskan hutang pinjaman Sobat Pintar dan pastikan bahwa Sobat Pintar dapat melunasinya hutang tersebut secepat mungkin. Karena yang namanya hutang, pasti memiliki suku bunga yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan kondisi yang sulit untuk Sobat Pintar melupakannya. Cara mengatasi ini adalah dengan membeli sesuai dengan kemampuan Sobat Pintar.

Dengan mempraktekkan strategi yang disebutkan di atas, akan membantu menjalankan keuangan rumah tangga Sobat Pintar dalam batasan anggaran Sobat Pintar secara efisien. Walaupun hal ini terdengar membosankan bagi Sobat Pintar, tetapi imbalan yang layak pasti Sobat Pintar dapatkan. Sobat Pintar juga harus mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran Sobat Pintar, sehingga perencanaan keuangan rumah tangga Sobat Pintar dapat teratur dengan baik.

Kunci Budgeting adalah berpegang pada aturan dasar – belanjakan lebih sedikit dari yang Sobat Pintar peroleh.

Tips Membuat Anggaran

1. Membuat Laporan Pemasukan dan Pengeluaran

Salah satu cara untuk mulai membuat anggaran adalah dengan membuat daftar apa yang Sobat Pintar peroleh, membelanjakan uang, dan berhutang. Ini dapat Sobat Pintar peroleh dengan melihat laporan gaji, tagihan, bank serta kartu kredit masa lalu. Jika Sobat Pintar membelanjakan atau menghasilkan uang dengan cara lain, pastikan untuk melihat ini juga.

Cobalah untuk melihat beberapa tagihan dan laporan dari tahun lalu untuk mengenali kebiasaan pemasukan dan pengeluaran Sobat Pintar yang biasa. Ada baiknya untuk melihat bagaimana beberapa tagihan lebih tinggi pada waktu yang berbeda dalam setahun. Misalnya, tagihan energi seringkali lebih tinggi selama musim dingin karena pemanasan.

Setelah Sobat Pintar memperhitungkan hal-hal penting dan darurat, tujuan Sobat Pintar adalah memiliki sisa uang untuk dibelanjakan pada hal-hal yang Sobat Pintar inginkan.

Mengelola keuangan untuk rumah tangga bisa sangat melelahkan, terutama jika Sobat Pintar mempertimbangkan jumlah tagihan bulanan, kuitansi, bukti pembayaran, laporan rekening, dan dokumen penting lainnya yang diterima oleh sebuah rumah tangga setiap bulan. Sangat mudah untuk melupakan semua yang Sobat Pintar butuhkan, tetapi sistem pengorganisasian yang baik dapat menjaga semuanya tetap tepat di ujung jari Sobat Pintar.

2. Pengarsipan

Mulailah dengan sistem pengarsipan rumah tangga Sobat Pintar. Ada gunanya menyiapkan folder untuk setiap kategori utama — beberapa contoh termasuk: kesehatan, pekerjaan, perbankan, kartu kredit, pajak, rumah, mobil, asuransi, pembelian besar, dan pinjaman lainnya. Setiap minggu, periksa file email yang Sobat Pintar terima dan urutkan semuanya ke dalam folder ini.

Meskipun beberapa barang dapat dibuang (setelah dihancurkan), Sobat Pintar perlu menyimpan dokumen asuransi, kwitansi pembelian besar, laporan rekening, potongan gaji, formulir kesehatan, dan apa pun yang terkait dengan pajak Sobat Pintar. Buat juga folder untuk pajak tahun berjalan — karena Sobat Pintar memiliki item yang Sobat Pintar perlukan pada bulan April, tambahkan item tersebut ke file agar mudah diakses pada waktu pajak mendatang.

Tagihan rumah tangga harus diajukan menggunakan sistem terpisah. Buku tagihan, yang tersedia di toko peralatan kantor, adalah cara terbaik untuk mengatur tagihan Sobat Pintar. Urutkan tagihan Sobat Pintar berdasarkan tanggal jatuh tempo dan tambahkan ke folder bulan jatuh tempo. Sobat Pintar juga dapat melacak tagihan dalam program keuangan pribadi, spreadsheet, atau layanan online.

Cara terbaik adalah membayar tagihan rumah tangga setiap minggu, meskipun jika Sobat Pintar hanya memiliki sedikit tagihan, Sobat Pintar dapat membayarnya dua mingguan atau bulanan. Sistem pembayaran tagihan online adalah cara terbaik untuk tetap teratur, dan menyelesaikan pembayaran Sobat Pintar dengan cepat. Jika tidak, Sobat Pintar harus memastikan bahwa Sobat Pintar menulis dan mengirimkan cek dengan baik sebelum tanggal jatuh tempo sehingga Sobat Pintar tidak dikenai biaya keterlambatan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk