Contoh Ide Untuk Iklan Layanan Masyarakat

30 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Perlu Anda pahami bila penggunaan gambar pada iklan layanan masyarakat sekarang sudah banyak yang menerapkannya. Karena hal ini disesuaikan dengan fungsinya, dimana gambar tersebut berisi ajakan kepada masyarakat luas untuk melakukan sesuatu.

Contoh Ide Untuk Iklan Layanan Masyarakat

Lalu apa saja yang seharusnya terdapat pada iklan, sehingga masyarakat tertarik dan tergerak untuk melakukannya? Berikut adalah poin-poin pentingnya :

  • Harus terdapat informasi (informing) mengenai layanan atau program, juga aktivitas dari pihak terkait yang berkaitan dengan kegiatan sosial.
  • Harus ada persuading atau sebuah bujukan agar masyarakat mau ikut serta dalam program tersebut, misalnya menjadi anggota BPJS, KB (Keluarga Berencana) dan lain sebagainya.
  • Harus ada reminding atau pengingat bagi masyarakat bahwa program tersebut penting dan memang wajib diikuti.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Untuk Kemajuan Bisnis | Kredit Pintar

Tips membuat iklan layanan masyarakat yang menarik

Untuk membuat iklan baik dipasang di media klasik (koran/majalah), video dan media lainnya. Tentu tidak bisa sembarangan, Anda harus menerapkan tips-tips dibawah ini agar iklan yang dibuat bisa menarik minat masyarakat :

  1. Memberikan pesan dengan jelas

Seperti penjelasn diatas, bila dalam membuat iklan untuk layanan masyarakat harus mampu menyampaikan tiga hal, yaitu informing, persuading and reminding. Maka, kombinasikan ketiga dengan baik dan secara jelas. Jangan terlalu bertele-tele agar masyarakat bisa menerima pesan pada iklan dengan mudah.

  1. Antara gambar dan tulisan harus seimbang

Anda harus memperhatikan penggunaan gambar dengan tulisan pada iklan yang akan dibuat. Sesuaikan juga dengan media yang akan dijadikan lahan promosi. Apakah akan dipasang di koran, media sosial atau menggunakan video.

Bila menggunakan video, berarti gambar atau animasinya tentu harus lebih banyak dan dibuat semenarik mungkin. Karena nyatanya orang-orang lebih suka melihat video ketimbang membaca. Jadi, bila Anda memutuskan untuk membuat iklan dengan sarana visual, maka sampaikan pesan dengan jelas melalui animasi yang cakap.

  1. Tambahkan background dan efek yang menarik

Supaya iklan yang dibuat tidak monoton, Anda bisa mengeditnya dengan stiker atau background yang cantik, unik dan menarik. Jadi orang yang melihat iklan Anda tidak bosan dan bisa menangkap pesan dengan baik.

Bila menggunakan video, berarti bisa menambahkan sound yang menarik agar penonton betah menonton tayangan iklan dan dapat mengerti pesan yang akan disampaikan.

Baca juga: Contoh Slip Gaji Karyawan dan Cara Membuatnya | Kredit Pintar

Contoh ide untuk iklan layanan masyarakat

Bila Anda masih bingung seperti apa iklan layanan masyarakat yang di maksud. Mungkin Anda bisa melihat beberapa ide menarik dari iklan untuk layanan masyarakat berikut ini :

  1. Membuang sampah

Contoh yang pertama adalah mengajak masyarakat untuk mau membuang sampah pada tempat sampah dan memilah mana sampah yang bisa di daur ulang, tidak bisa di daur ulang dan sampah organik (sampah basah)

  1. Mencuci tangan

Mencuci tangan setiap kali setelah melakukan kegiatan pada masyarakat Indonesia terbilang cukup sulit. Jadi, Anda bisa membuat sebuah iklan mengenai ajakan mencuci tangan dengan sabun supaya tetap bersih dan sehat, serta terhindar dari kuman juga penyakit.

  1. Menggunakan gadget sewajarnya

Buatlah sebuah iklan yang berisi ajakan untuk menggunakan smartphone sewajarnya saja. Jelaskan juga dampak buruk bila selalu memainkan ponsel, misalnya merusak mata atau menjadi tidak peduli dengan keadaan di sekitar. Setelah itu jelaskan pula, bahwa smartphone dapat difungsikan untuk hal-hal positif.

  1. Hemat energi

Ajakan untuk menghemat energi sebenarnya sudah bukan hal asing lagi. Namun tidak ada salahnya kembali mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya hemat energi, misalnya dengan mengedukasi bila sedang bepergian sebaiknya mematikan lampu atau aliran listrik.

  1. Pentingnya sekolah

Pernah mendengar iklan mengenai pentingnya bersekolah? Pada iklan ini Anda bisa menjelaskan secara singkat tentang manfaat bersekolah, misalnya dapat mengembangkan diri, mengenali potensi diri, mendapatkan pengetahuan dan lain sebagainya.

  1. Ajakan melakukan 3R (reuse, reduce dan recycle)

Setiap rumah pasti memiliki sampah, namun tidak semua yang terlihat seperti sampah itu harus dibuang. Karena ada yang bisa dimanfaatkan kembali (reuse), di daur ulang (recycle) dan mengurangi penggunaan barang-barang yang bisa menjadi sampah (reduce).

Anda bisa memberikan poin-poin seperti tujuan, manfaat serta dampak pada lingkungan dan bumi ketika banyak orang yang melakukan 3R sesuai dengan iklan yang dibuat.

  1. Ajakan melakukan 3M (menguras, mengubur dan menutup)

Seperti yang Anda tahu bila di musim hujan, pasti akan banyak sekali genangan air yang mengundang nyamuk untuk bersarang. Karena itu Anda bisa membuat iklan dengan tema ajakan pada masyarakat untuk melakukan 3M, yaitu menguras tempat-tempat air, mengubur barang-barang bekas dan menutup tempat penampungan air.

  1. Ajakan untuk vaksin covid 19

Masa pandemi seperti saat ini, kesehatan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Terlebih membentuk antibodi pada tubuh supaya tidak terserang virus. Ingatkanlah masyarakat melalui iklan, tentang pentingnya melakukan vaksin covid bagi diri sendiri.

  1. Iklan 3M untuk memutus rantai covid 19

Masih berkaitan dengan pandemi, Anda bisa membuat sebuah iklan berisi himbauan bagi masyarakat mengenai pentingnya melakukan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan.

  1. Jauhi narkoba

Seperti yang Anda ketahui bila narkoba merupakan perusak generasi paling menyeramkan. Jadi, buatlah iklan himbauan untuk menjauhi dan tidak menggunakan narkoba. Berikan beberapa poin penting mengenai bahaya serta dampak buruknya.

Manfaat dari iklan layanan masyarakat

Supaya iklan yang dibuat semakin menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat. Anda harus bisa memahami manfaat dari iklan untuk masyarakat sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan rasa peduli terhadap isu sosial

Diharapkan dengan dibuatnya iklan-iklan ajakan serta himbauan untuk masyarakat, maka akan banyak yang lebih peduli dengan isu-isu sosial di Indonesia yang sekarang sedang banyak terjadi. Kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan dampak baik dari segi positif maupun negatif.

Terakhir, ajakan kepada masyarakat untuk peduli dan mengambil sikap atas isu tersebut. Dengan begitu diharapkan akan lebih mengerti dan peduli akan isu yang sedang terjadi.

  1. Bentuk penyuluhan

Iklan ini juga dapat membentuk sisi dari kepedulian, tetapi juga menjadi penyuluhan. Anda bisa memahami bila masyarakat juga mempunyai nilai atau rasa peduli yang tidak sama. Semua itu dikarenakan akses informasi di negara ini belum bisa merata ke semua daerah.

Nah, disinilah iklan dengan disertai gambar atau berupa video menjadi harapan tersampainya pesan kepada seluruh masyarakat dimanapun mereka berada. Karena memang iklan untuk layanan masyarakat akan dibuat lebih simple dan mudah dipahami.

  1. Membentuk solidaritas

Iklan untuk layanan masyarakat ini penting untuk menumbuhkan rasa solidaritas pada diri banyak orang. Diawali dengan iklan yang akan dibuat dengan menampilkan masalah yang saat ini sering terjadi. Selanjutnya akan menjelaskan tentang dampak dari hal tersebut. Terakhir sisipkan pesan dan ajakan untuk melakukan sesuatu.

  1. Perbaikan masalah

Begitu banyak kebiasaan tidak baik yang ada di masyarakat yang memang harus dihilangkan dan diubah. Karena itu iklan layanan masyarakat sangatlah membantu untuk menyadarkan mereka agar mau berubah dan menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Daftar Campaign Kredit Pintar | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download