5 Ide Usaha Modal Kecil yang Beromzet Besar

03 Nov 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 04 Nov 2022

Ide usaha modal kecil adalah salah satu jalan untuk menambah penghasilan. Terlebih, di masa pandemi ini tingkat konsumerisme masyarakat terus meningkat. Sehingga, mengambil kesempatan untuk menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur adalah salah satu tindakan terbaik yang dapat masyarakat lakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah di masa pandemi ini. Namun, masalahnya terletak pada sebagian besar masyarakat yang beranggapan bahwa sebuah usaha harus dimulai dengan modal yang besar. Nyatanya, ada banyak sekali ide usaha dengan modal minim yang dapat memberikan keuntungan besar secara jangka panjang. Nah, dari pada kebingungan, berikut ini akan ada 7 ide usaha modal kecil yang bisa Sobat Pintar ambil mulai dari sekarang.

Ide usaha modal kecil

Baca juga: Ide Bisnis Online Untuk Pelajar

1. Reseller atau Menjual Ulang Sebuah Produk yang Bernilai Tinggi

Produk yang bernilai tinggi dan berkualitas selalu menjadi opsi yang baik untuk dijual ulang, begitulah salah satu inti dari Reseller. Menjual ulang produk orang lain atau reseller adalah salah satu ide usaha modal kecil yang dapat Sobat Pintar coba. Selain tidak perlu menggelontorkan dana yang besar, kamu juga tidak perlu memproduksi barang.

Ide bisnis ini terlihat sederhana, mudah dan tentu sangat menarik karena dalam prosesnya, kita hanya perlu sibuk dalam memasarkan, mengemas dan akhirnya mengirim produk pada pelanggan yang telah melakukan transaksi. Selain itu, bisnis ini juga lebih mudah mendapatkan pelanggan karena produk yang dijual sudah ter-branding dengan baik oleh produsen utamanya.

Namun, setiap pilihan akan selalu memiliki tantangannya tersendiri. Walaupun bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar, Sobat Pintar harus pandai dalam mengelola stok produk, menghitung arus pemasukan dan pengeluaran, bersaing dengan kompetitor dan juga bersaing dengan merek produk sejenis lainnya. 

Walaupun begitu, Sobat Pintar tidak perlu khawatir, ide usaha ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang hanya memiliki modal minim, tetapi ingin segera menambah penghasilan tambahan. Sobat Pintar hanya perlu meningkatkan pemasaran produk dan melayani pelanggan dengan baik agar modal yang awalnya kecil dapat berubah menjadi keuntungan yang berlipat ganda. 

2. Menjual Produk Hanya dengan Bermodalkan Internet

Ide usaha modal kecil

Mungkin terdengar cukup aneh, ya? Bisakah seseorang menjual produk hanya dengan bermodalkan internet? Tentu saja bisa!

Dropshipping adalah jawabannya. Dropshipping adalah sebuah metode berjualan di mana pelaku tidak perlu membeli stok produk, tidak perlu mengemas produk dan bahkan tidak perlu mengirim produk ke pelanggan, semuanya seakan serba mudah, instan dan sederhana. Hal itu dapat terjadi karena pelaku dropshipping atau dropshiper hanya perlu memasarkan dan mengambil keuntungan dari harga jual yang dinaikkan dengan kesepakatan bersama produsen.

Hampir sama dengan kegiatan reseller, dropshipping adalah salah satu bisnis yang bahkan dapat dilakukan tanpa modal sepeser pun, tetapi tetap dapat memberikan peluang omzet yang signifikan. Namun, pastikan Sobat Pintar untuk tetap memilih produk yang berkualitas dan terpercaya, ya!

3. Bisnis Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Sebagai Camilan

Hal pertama yang dapat dipraktekkan ketika ingin menjelajahi dunia bisnis kuliner adalah dengan menemukan keunikan dalam segi rasa dan kemasan dari produk itu sendiri. Ambil contoh jika Sobat Pintar ingin menjual makanan ringan berupa donat, maka berilah keunikan dalam rasa dan ciptakan sebuah kemasan yang menarik dan lebih bagus lagi jika dapat digunakan ulang oleh pelanggan. Jika kedua hal itu dilakukan, maka produk yang Sobat Pintar ciptakan akan selalu membekas di hati pelanggan dan dipastikan mereka akan memberikan order kembali.

Fokus utama ketika memilih bisnis makanan ringan sebagai sumber pemasukan adalah memperbanyak testimoni dari pelanggan, karena dengan hal itu, maka jaringan pelanggan akan semakin meluas dengan sendirinya. Dari segi modal pun, bisnis makanan ringan dapat dimulai dengan modal kurang dari 100 ribu rupiah saja.

Baca juga: Ingin Sukses Berbisnis? Pahami Segmentasi Pasar Dulu

Bisnis Thrifting untuk Menunjang Penampilan Anak Muda

Ide usaha modal kecil

Menjual pakaian bekas atau thrifting juga salah satu ide usaha modal kecil yang kini memiliki banyak pangsa pasar yang baik. Pasalnya, gaya busana atau perkembangan fashion semakin berkembang dari tahun ke tahun, khususnya pada diri semua anak muda.

Dengan masifnya permintaan merek pakaian dan desain pakaian yang beragam, membuat ide bisnis ini dapat dijadikan mata pencaharian sampingan yang mudah dan menarik. Ditambah, dalam prosesnya pun terbilang sangat sederhana. Sobat Pintar hanya perlu mencari produsen dan membelinya dengan jumlah besar serta harga yang murah untuk kemudian dijual dengan mengambil laba sampai dengan 50% dari harga jual.

Bisnis pakaian thrifting juga dapat membuka kesempatan lebih besar untuk Sobat Pintar jika sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai macam tempat, yaitu menciptakan merek atau brand sendiri. Bermula dari modal yang kecil, bertumbuh menjadi merek pakaian yang terkenal dan berkualitas.

4. Bisnis Jasa Online

Apa yang pertama kali tebersit di dalam pikiran ketika Sobat Pintar membaca kata “jasa”? Jika Sobat Pintar terpikirkan tentang menjual keahlian, maka Sobat Pintar benar! Bisnis jasa online merupakan sebuah seni bisnis di mana para pelakunya dapat membuahkan cuan dari keahlian atau kemampuan yang mereka miliki, khususnya keahlian dalam bidang digital.

Jika Sobat Pintar mahir dalam menulis, memotret, desain grafis atau bahkan melukis, maka Sobat Pintar dapat menjual keahlian-keahlian tersebut di berbagai macam platform yang nantinya akan mendatangkan banyak klien untuk melakukan order kepada jasa yang Sobat Pintar tawarkan.

Tentu saja bisnis ini dapat Sobat Pintar realisasikan tanpa modal, karena yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah terus mengasah keahlian dan menyediakan banyak portofolio kerja agar calon klien semakin menumbuhkan kepercayaan dan ketertarikan pada produk jasa yang kamu sediakan.

Setelah sudah memiliki banyak portofolio dan klien yang setia, tingkatkanlah pelayanan, jiwa profesional dan peluang terhebatnya adalah Sobat Pintar dapat mendirikan agensi tersendiri dengan cara menggaet banyak tenaga ahli lain di luar sana. Hebat, kan?

Baca juga: 10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Jika mengacu pada zaman digital yang semakin maju ini, sebuah bisnis yang dijalankan dengan bantuan berbagai macam kecanggihan teknologi akan semakin mudah untuk dijalani. Bahkan sebuah ide usaha modal kecil pun dapat menjadi sebuah bisnis raksasa jika di dalam prosesnya terdapat banyak unsur kreatif dan inovatif yang baik.

Oleh karena itu, jika Sobat Pintar sudah memutuskan untuk memilih salah satu dari kelima ide di atas, jangan tunggu lama lagi! Sebab sebuah ide tanpa eksekusi hanyalah tanda bahwa kesuksesan tidak ada di depan mata. Jadi, tidak perlu ragu dengan modal yang ada untuk sekarang. Bahkan jika Sobat Pintar belum memiliki modal sekali pun, Sobat Pintar akan tetap punya jalan untuk memiliki bisnis sendiri demi meraih penghasilan sampingan yang menyenangkan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Nov 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download