Seharga Semangkok Seblak, Ini 7 Hp Termurah di Dunia!

09 Feb 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Handphone dengan fitur canggih dan teranyar kini tengah jadi buruan. Mulai dari fitur kamera resolusi tinggi hingga smartphone yang dibekali dengan jaringan 5G, jadi perbincangan panas. Tentunya untuk memiliki gadget-gadget tersebut konsumen harus merogoh kocek dalam. Di tengah banyaknya ponsel dengan harga selangit dengan fitur tercanggih, ternyata ada beberapa hp termurah di dunia yang tak kalah mencuri perhatian lho. 

Seharga Semangkok Seblak, Ini 7 Hp Termurah di Dunia!

Tak main-main, bahkan beberapa ponsel ini dibanderol dengan harga yang sama dengan satu mangkok seblak. Meski murah, beberapa hp ini memiliki fitur yang unik lho. Salah satunya adalah ponsel dengan desain casing transparan. 

Menariknya lagi salah satu dari hp termurah di dunia ini adalah produksi vendor smartphone Apple yang terkenal dengan berbagai produk mahalnya. Jika biasanya produk iPhone dibanderol dengan harga puluhan juta, salah satu produk mereka ini dijual dengan harga belasan ribu lho. Nggak percaya? Daripada penasaran, berikut sederet hp termurah di dunia ini! 

1. Alcatel OT-209

Description: Alcatel OT-209 - CNET

Predikat hp termurah di dunia dimiliki oleh ponsel imut yang satu ini, Alcatel OT-209. Betapa tidak, harga handphone jadul ini seharga dengan satu mangkok seblak! Yup, Alcatel OT-209 dibanderol seharga 99 pence atau sekitar Rp 14.000. 

Tapi jangan harap dengan harga tersebut kalian mendapat fitur yang lengkap layaknya ponsel dengan harga mahal ya. Pasalnya hp yang diluncurkan pada tahun 2011 memang sengaja dirancang untuk menjalankan tugas-tugas ringan seperti melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan singkat SMS saja. Hp termurah di dunia ini juga tak dilengkapi dengan fitur kamera dan internet.

Meski begitu, ponsel yang di awal perilisannya dijual di lebih dari 2.400 toko di Eropa ini dilengkapi dengan dua fitur hiburan, yakni FM radio dan games. Lumayan juga bukan untuk hp seharga semangkok seblak? 

2. iPhone 3G Jerman

Description: Apple iPhone 3G S Reviews, Pros and Cons | TechSpot

Baca juga: Tips Aman Jual Beli HP Bekas Online

Kaget bukan melihat salah satu ponsel pintar dari Apple masuk dalam daftar hp termurah di dunia? Betapa tidak, selama ini Apple dikenal sebagai salah satu vendor ponsel pintar yang memproduksi berbagai ponsel dengan harga selangit. 

Di awal perilisannya pada 2008 lalu, ponsel pintar yang satu ini memang dibanderol dengan harga yang mahal. Namun tepat 10 tahun setelah perilisan perdananya, iPhone 3G Jerman dibanderol seharga 1 Euro atau setara dengan Rp 16.000. 

Rasanya sulit dipercaya. Apalagi selama ini produk-produk Apple dikenal dengan harga yang menguras kantong. Tapi tentu, iPhone 3G Jerman ini memiliki fitur yang tak selengkap dan secanggih iPhone jenis terbaru. 

3. Namotel Acche Din

Description: The newest suspicious smartphone, the Rs 99 Namotel Acche Din

Mei 2016 lalu, industri teknologi di India dikagetkan dengan peluncuran ponsel pintar Namotel Acche Din. Betapa tidak hp yang dilengkapi dengan prosesor Quad Core 1,3GHz, RAM 1GB, memori internal 4GB, dan OS Android 5.0 (Lollipop) itu hanya dibanderol seharga Rs 99 atau sekitar Rp 19.000.

Setelah perilisannya, ponsel dari vendor Namotel ini pun berhasil menyabet predikat hp pintar termurah di dunia. Meski dijual dengan harga super murah untuk kategori smartphone, Namotel Acche Din memiliki spesifikasi yang lumayan. Hp yang dirilis dalam dua warna, hitam dan putih ini dilengkapi kamera belakang dengan sensor 4 MP, dan VGA untuk kamera depan. 

Tak hanya itu, hp yang satu ini juga dibekali dengan jaringan internet 3G. Ponsel dengan layar 4 inci ini juga telah didukung dengan slot dual SIM. 

4. Freedom 251

Freedom 251 ~ Smartphone Termurah Di Dunia Kini Terancam Tindak Dipidana –  Blog Bisnis Online

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12 Pro

Masih dari India, smartphone murah Freedom 251 ini tak kalah mencuri perhatian layaknya Namotel Acche Din. Hp pintar dengan layar qHD IPS berukuran 4 inci resolusi 960 x 540 pixel dan prosesor 1,3GHz quad core dengan RAM 1GB tersebut dibanderol seharga Rp 53.000. 

Freedom 251 dilengkapi memori internal dengan kapasitas 8GB dan dapat ditambah dengan microSD hingga 32 GB. Handphone yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1 ini juga memiliki fitur kamera yang lumayan. Untuk kamera belakang, ponsel pintar tersebut menggunakan sensor kamera 3,2 MP dan 0,3 MP untuk kamera depan.  

5. Gongkai

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal Wifi HP Anti Lemot

Gongkai juga turut meramaikan daftar hp termurah di dunia. Ponsel produksi China, Gongkai yang dirilis pada 2013 silam itu dibanderol dengan kisaran harga Rp 120 ribu. 

Ponsel ini memiliki teknologi yang minim dan tidak dilengkapi fitur canggih. Gongkai dirancang untuk menjalankan tugas-tugas sederhana saja seperti melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks melalui SMS. 

Meski begitu, Gongkai sempat ramai diperbincangkan dan mencuri perhatian karena fitur uniknya. Tak lain dan tak bukan adalah desain casing transparannya sehingga penggunanya bisa melihat langsung bagian dalam ponsel. 

6. Hop1800

The $10 disposable cellphone - the HOP1800

Baca juga: Spesifikasi Samsung A52s 5G dan Harga Terkini 2022

Tak hanya masuk dalam daftar hp termurah di dunia, tampaknya Hop1800 tampaknya juga pantas masuk dalam kategori ponsel terkecil sejagat. Betapa tidak, ponsel ini memiliki dimensi 96,60 x 41,60 x 14,00 mm dengan berat 77 gram saja. 

Dibanderol dengan harga USD 10 atau sekitar Rp 148 ribu, Hop1800 memiliki desain unik tanpa layar. Ponsel basic ini memiliki fitur-fitur dasar saja seperti keyboard, mic dan speaker. Sehingga hanya bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan teks SMS. 

7. Docoss X1

Docoss X1: Smartphone 4" Keren Harga Cuma 175 Ribu - GadgetEvo

Baca juga: Asuransi HP: Tipe dan Manfaatnya

Lagi-lagi hp termurah di dunia berasal dari India. Adalah Docoss X1, ponsel pintar yang dirilis pada April 2016 lalu. Smartphone yang dilengkapi dengan prosessor 1,2 GHz dual core Cortex A7, ditopang dengan RAM 1 GB ini dibanderol seharga Rs 888 atau setara dengan Rp 171.218. 

Ponsel yang memiliki layar 4 inci ini menggunakan system operasi Android Kitkat. Untuk penyimpanan, Docoss X1 menyediakan memori internal sebesar 4GB dan bisa ditambah hingga 32 GB. 

Tak hanya itu, ponsel pintar yang menggunakan baterai kapasitas 1.300 mAh ini dilengkapi dengan kamera belakang sensor 2MP dan kamera depan VGA. Jaringan 3G dan slot dual SIM jadi pelengkapnya. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download