Tips Aman Jual Beli HP Bekas Online

13 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Dunia online memang menawarkan segudang kemudahan. Bagi para pengusaha, tentu internet menjadi ladang terbaik untuk menyuburkan aktivitas usahanya. Nah, tak terkecuali para pejuang COD sektor jual beli hp bekas.

Tips Aman Jual Beli HP Bekas Online

Seiring perkembangan teknologi terutama di media sosial, memang membuka banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan. Walaupun di sisi lain, ada beberapa sektor harus tergusur. Mungkin salah satunya adalah counter tempat jual beli hp bekas. Karena mudahnya mempromosikan barang lewat media sosial, counter tempat jual beli HP kini harus merelakan omsetnya sedikit turun.

Bagaimana tidak, setiap orang sudah bisa menawarkan gadget bekasnya sendiri langsung ke pembeli sekarang, yaitu melalui media sosial. Kita sendiri tentu pernah merasakan bagaimana rasanya bertransaksi online, atau menjual/membeli barang bekas via online baik melalui medsos maupun marketplace.

Selain pilihannya lebih banyak, masalah harga pun terkadang jauh lebih miring. Dibalik sisi positif,tentu ada hal negatif yang dirasakan saat lagi apes.Pernahkah kamu, mendapatkan hp yang rusak hasil dari situs/grup jual beli hp bekas online? Kalau mimin sih sering.

Agar Tidak Rugi Saat Jual Beli HP Bekas Online

Dulu sih, pengalaman mimin ya! Kita sering beli hp bekas di facebook untuk kemudian dijual kembali, dengan mengambil keuntungan dari selisih harga tentunya. Ada yang punya pengalaman sama gak?

Kadang juga kita ambil hp bekas dengan kondisi rusak yang tidak parah dan masih bisa diperbaiki, agar nanti pas dijual hasilnya bisa lumayan. Nah, untuk bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari HP bekas yang akan kita beli itu gak mudah lo, sob!

Ada beberapa teknik yang harus dilakukan dengan ketelitian agar nantinya kita gak keblondrok kalau kata orang jawa! atau merugi karena kondisi hp yang rusak berat namun tidak kita ketahui. Jadi pas dicek sama penjual, HPnya seakan normal, eh begitu kita bawa cuma beberapa hari bahkan beberapa jam saja HP sudah mati atau rusak parah. kan kezel!

Okay! Agar terhindar dari masalah tersebut, berikut ini akan kita bagikan untuk kamu beberapa tips aman saat melakukan transaksi jual beli HP bekas dari situs online, atau medsos. Simak sampai selesai artikelnya ya!

Cara Cek HP Saat Beli HP Bekas

  1. Usahakan Tidak Cari HP yang Terlalu Jadul

Bukan bermaksud menghina kualitas dari HP Jadul ya! Banyak juga kok HP keluaran tahun lama yang kualitasnya bagus, bahkan bisa mengimbangin HP trend terbaru. Tapi satu yang harus kamu tahu. Umumnya HP keluaran lama ini sudah tidak diproduksi lagi, alias udah gak ada pabriknya. 

Dengan demikian, otomatis sparepart HP pun juga sudah tidak diproduksi lagi. Jadi akan sangat menyebalkan saat HP tersebut rusak, karena mungkin kamu akan ditolak terus sama tukang service HP. Bukan mereka tak mau service HPmu, tapi karena memang sparepartnya sudah langka atau bahkan gak ada lagi.

  1. Operasi Sistem Androidnya

Ini termasuk salah satu bagian dari poin pertama sebenarnya. Kenapa kamu juga harus cek dulu versi OSnya? Karena aplikasi-aplikasi android sekarang ini udah banyak banget perkembangannya dan canggih-canggih. Sayangnya, terkadang aplikasi tersebut hanya mampu dijalankan di beberapa operasi sistem terbaru. Kebanyakan sih aplikasi sekarang hanya bisa dijalankan di minimal OS Android versi Jelly Bean.

Nah, kan gak lucu banget kalau punya HP android tapi gak bisa diisi aplikasi karena OS nya gak support.

  1. Cek Fungsi HP Seluruhnya 

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan pada fungsi smartphone secara keseluruhan. Pastikan semua fungsi dari HP yang akan kamu beli berjalan dengan baik, alias tidak ada kerusakan.

Kamu bisa lakukan mulai dari hal yang paling sepele dan mudah untuk dicek seperti pada bagian kamera. Coba gunakan HP yang akan kamu beli itu untuk memfoto, baik menggunakan kamera bagian belakang ataupun kamera depan atau kamera selfienya.

Selanjutnya cek juga bagian speaker baik speaker luar yang biasanya digunakan untuk mendengarkan musik, video, menerima notifikasi suara, dan lain-lain ataupun speaker bagian dalam yang digunakan untuk telepon. Jangan sampai ada kerusakan yang terlewati pada bagian ini. Karena walaupun hal yang sepele, itu akan sangat mengganggu kelancaran komunikasi kamu dengan HP tersebut nantinya.

Selanjutnya kamu bisa cek fungsi lain seperti penerimaan sinyal baik dari provider maupun koneksi wifinya. Gak seru juga kan kalau ternyata wifi hapenya rusak. kalau pas lagi ada di warung wifi kamu jadi gak bisa mabar sama temen-temen.

  1. Cek Kelengkapan HP

Cek kelengkapan HP juga termasuk salah satu cara yang harus kamu lakukan agar terhindar dari penipuan saat jual beli HP bekas via online. Sesuaikan kelengkapan HP yang dibawa oleh penjual dengan penawaran yang yang ada di postingannya.

Untuk masalah charger, usahakan HP yang akan kamu beli sudah termasuk dengan charger originalnya. Karena kadang, smartphone tidak support atau tidak cocok jika menggunakan charger lain yang bukan ori bawaannya. Sedangkan kamu tahu sendirikan, harga sparepart handphone apalagi yang original itu sangat mahal.

  1. Cek Apakah segel hp sudah terbuka

Kalau segel HP sudah terbuka, kemungkinan besar HP tersebut pernah rusak dan di service di counter service HP. Kadang, HP yang sudah pernah rusak, atau komponen dalamnya sudah pernah diganti tidak akan bisa awet bertahan lama. Suatu saat pasti kerusakan akan kumat lagi.

Terutama yangs ering terjadi adalah pada bagian konektor charger dan juga LCD atau layar sentuh. Biasanya untuk HP keluaran baru yang memiliki fitur baterai tanam, LCDnya akan menempel pada casing HP secara langsung, dan kalau sudah pernah dibuka akan ada bekas congkelan pada pinggiran layar. LCD yang bukan bawaan HP pasti tidak akan berumur panjang, paling lama beberapa bulan kemudian akan ada masalah kembali pada LCD tersebut.

  1. Minta Garansi

Nah, meskipun kamu beli via online, gak ada salahnya kalau kamu minta perjanjian untuk garansi. Jika ternyata HP yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan atau yang dikatakan oleh penjual buatlah perjanjian untuk cancel transaksi untuk mengantisipasi hal tersebut.

  1. Usahakan Jangan COD Malam Hari dan di Tempat Sepi

Tindak kejahatan semakin merajalela dengan segala macam modus yang menyesatkan. Nah, untuk itu usahakan agar kamu tidak cod di jalanan. Lebih baik jika kamu datang ke rumah pembeli atau minat pembeli untuk datang mengantarkan HP yang akan dibeli.

Demikian tips dari kami untuk kamu para pejuang COD atau teman-teman yang ingin beli HP via online. Semoga artikel tips aman jual beli HP bekas ini bermanfaat! Sampai jumpa di koleksi- koleksi konten artikel kami berikutnya ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download