Asuransi HP: Tipe dan Manfaatnya

20 Jan 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Handphone atau telepon genggam (HP) kini sudah menjadi objek kehidupan yang tak terpisahkan. Sayangnya, ponsel tidak lepas dari risiko kerusakan, baik itu kerusakan pada layar LCD, baterai atau bahkan motor. penting bagi kamu untuk memiliki asuransi HP. Dengan mengasuransikan HP, kamu tidak perlu terlalu khawatir ketika ponsel kesayanganmu rusak dan perlu segera diperbaiki, atau bahkan hilang.

Asuransi HP: Tipe dan Manfaatnya

Asuransi HP

Seperti namanya, asuransi smartphone merupakan produk asuransi yang ditujukan untuk memberikan manfaat perlindungan terhadap ponsel.

Ini termasuk perlindungan asuransi untuk biaya perbaikan jika terjadi kerusakan, hingga dan termasuk kehilangan ponsel. Selain ponsel, asuransi jenis ini juga menawarkan manfaat perlindungan terhadap aset, perangkat elektronik lainnya seperti laptop, kamera, dan lain-lain.

Umumnya, asuransi ini akan ditawarkan kepada kamu saat membeli ponsel baru. Namun, kamu juga bisa membeli polis asuransi HP dari sejumlah perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Manfaat Asuransi HP

Mengingat ponsel merupakan perangkat yang sangat berperan penting saat ini, ada baiknya untuk mengasuransikan ponsel kamu.

Berikut beberapa manfaatnya asuransi HP dan produk elektronik lainnya yang perlu kamu ketahui:

  1. Manfaatnya ada jaminan 75% atau lebih untuk perbaikan ponsel jika terjadi kerusakan, mulai dari kerusakan layar hingga mesin
  2. Manfaatnya yang kedua ada jaminan perlindungan dan pemulihan data penting di ponsel
  3. Manfaatnya yang ke tiga ada jaminan penggantian HP baru jika terjadi kehilangan atau cacat produksi ponsel, Pengurangan beban biaya perbaikan yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi di Indonesia.

Itulah layanan asuransi yang bisa kamu rasakan manfaatnya jika ponsel yang kamu beli diasuransikan.

Tipe-Tipe Asuransi HP

Asuransi HP: Tipe dan Manfaatnya

Setiap toko HP mempunya banyak opsi asuransi HP yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Atau bahkan kamu memilih untuk tidak mengasuransikan HP kamu juga tetap dilayani oleh pihak toko.

Berikut ini beberapa tipe asuransi HP yang biasa ditawarkan oleh pihak toko ketika kamu membeli HP:

All Risk Protection

Tipe Asuransi smartphone All Risk Protection sesuai namanya Perlindungan semua risiko. Tipe asuransi ini yaitu perlindungan ponsel terhadap semua risiko, mulai dari kerusakan, cacat produksi, hingga kehilangan.

Sebagai aturan umum, asuransi hanya memberikan manfaat satu kali selama masa perlindungan. Namun, ada juga orang yang mengcover lebih dari satu kali, tergantung paket yang kamu pilih.

Screen Protection

Tipe Asuransi HP Screen Protection Seperti namanya, asuransi ini menawarkan perlindungan khusus atas kerusakan yang terjadi pada layar ponsel kamu.

Nilai dan besaran pertanggungan itu sendiri tergantung dari premi yang dipilih. Beberapa hanya mencakup satu kali perbaikan, atau bisa lebih.

Perusahaan Asuransi HP Terbaik Di Indonesia

Jika kamu sering nonton channel youtube Gadgetin milik David. Pasti sering istilah dan nama-nama asuransi yang dia review di youtubenya. Nah berikut ini beberapa perusahaan Asuransi HP terbaik yang ada di Indonesia.

Asuransi HP Global APlus

Global APlus merupakan asuransi gadget yang merupakan hasil kerjasama antara PT Global Teleshop Tbk dan Adira Insurance. Beberapa manfaat perlindungan yang bisa kamu dapatkan dari asuransi ini adalah sebagai berikut:

  1. Ponsel terjatuh
  2. Ponsel terlindas
  3. Ponsel kemasukan air atau cairan lainnya
  4. Ponsel terbakar
  5. Ponsel hilang
  6. Ponsel rusak atau hilang karena bencana alam (banjir, tsunami, dsb.)

Asuransi HP Product Purchase Secure Insurance

Pembelian Produk Secure Insurance adalah asuransi gadget dari AXA Mandiri. Asuransi ini juga memberikan perlindungan menyeluruh untuk ponsel kamu dari segala risiko mulai dari kerusakan hingga kehilangan.

Nilai coverage adalah 100% jika kerusakan pada handphone minimal 75 %. kebetulan Manfaat ini berlaku selama 3 bulan sejak tanggal pembelian dari HP.

Asuransi HP E-Guard

AIG Insurance bermitra dengan TecProtec untuk menyediakan asuransi khusus untuk ponsel dan barang elektronik lainnya yang disebut EGuard. 

Asuransi E-Guard sendiri menawarkan jenis asuransi perlindungan all-risk. Dengan demikian, ponsel kamu akan mendapat manfaat dari perlindungan penuh terhadap kerusakan ringan hingga serius dan jika ponsel kamu dicuri. 

Jika terjadi kerusakan pada ponselmu, kamu mendapat manfaat dari pertanggungan untuk biaya perbaikan sesuai dengan kebijakan yang kamu pilih, jika terjadi kehilangan ponsel. pihak asuransi akan menggantinya dengan HP baru.

Asuransi HP Product Purchase Secure Insurance AXA Mandiri

Asuransi smartphone AXA Mandiri menawarkan perlindungan penuh terhadap kerusakan smartphone karena jatuh, terkena cairan, kehilangan karena pencurian dan risiko lainnya.

Jika terjadi peristiwa yang merugikan, perusahaan asuransi akan mengganti minimal 75% dari kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan dengan memberikan penggantian senilai harga pertanggungan. Durasi asuransi hanya berlaku 3 bulan sejak pembelian.

Pembelian produk asuransi AXA Mandiri Secure dapat dilakukan melalui LinkAja. Hal ini juga memudahkan pembeli.

Cukup dengan mengisi data diri yang diminta, melengkapi informasi tentang gadget dan langsung melanjutkan ke prosedur pembayaran untuk mendapatkan asuransinya.

Asuransi HP iProtectZ dan iProtect for Mac

Apakah kamu menggunakan smartphone dan perangkat Apple lainnya? Jika kamu menggunakannya kamu dapat memilih produk asuransi iProtectZ dan iProtect for Mac dari Zurich Insurance.

iProtectZ adalah untuk produk smartphone Apple, iPhone. Asuransi ini memiliki masa perlindungan selama satu tahun. Jenis pertanggungan yang dapat ditanggung antara lain telepon seluler rusak, terkena cairan, dan kehilangan.

Cara Klaim Asuransi HP

Ketika kamu mendaftar dan membeli asuransi melalui situs web atau aplikasi toko online seperti Asuransi Tokopedia. Kamu dapat memperoleh informasi tentang cara membeli asuransi smartphone untuk produk pilihan kamu dari situs web atau aplikasi resmi dan bagaimana cara klaim.

Jika perlu, kamu memang harus terlebih dahulu mengirim ponselmu melalui pos atau ekspedisi lain ke perusahaan asuransi dengan biaya sendiri.

Jika keluhan disetujui, ponselmu akan diperbaiki di salah satu service center resminya. Proses perbaikan biasanya memakan waktu 7-14 hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download