Beri Kesan yang Manis Di Perayaan Hari Guru Nasional

22 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Perayaan hari guru nasional setiap tanggal 25 November menjadi salah satu momen untuk mengenang jasa guru-guru di mana pun berada. Setiap tahunnya, berbagai kegiatan dan perayaan dilakukan sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan pendidikan dalam hidup kita. 

Guru menjadi sosok yang paling membekas dalam hidup kita. Selain ilmu yang mereka ajarkan, sikap dan percontohan atau teladan yang ditunjukkan akan selalu kita kenang untuk menjadi pelajaran hidup yang sangat bernilai.

Memang, guru di sekolah bukan satu-satunya sumber tempat kita belajar. Orang tua kita pun menjadi salah satu sosok yang bisa kita tiru dan hargai berkat ketulusannya mengajarkan pelajaran hidup yang sangat berguna. 

Beri Kesan yang Manis Yuk Di Perayaan Hari Guru Nanti

Guru pun bukan hanya sosok yang hanya ada di sekolah tempat kita belajar karena dari mana pun, kita bisa belajar. Mereka yang mendidik di mana pun dan melalui media apa pun juga bisa disebut guru. 

Di artikel kali ini, akan diberikan rekomendasi persembahan ataupun kado dan kegiatan yang seru untuk merayakan hari guru nasional. Kamu bisa pilih salah satunya untuk dilakukan pada saat hari guru nanti ya!

Baca juga: Berminat Jadi Guru Honorer PPPK? Begini Detailnya!

Rekomendasi Persembahan Saat Perayaan Hari Guru

1. Membaca Puisi

Dalam rangka memperingati hari guru nasional 25 November, bisa mempersembahkan puisi manis untuk dibacakan di depan guru-guru kita. Pastinya, bawakan dengan intonasi dan penjiwaan yang pas ya. Tunjukkan rasa terima kasih kita kepada mereka saat membacakan puisi dengan tema jasa dan kebaikan guru.

2. Bernyanyi

Persembahan selanjutnya adalah bernyanyi. Bukan hal yang asing lagi jika bernyanyi merupakan salah satu media penyampai pesan yang paling mengena. Kamu bisa melakukan persembahan di acara perayaan hari guru nasional dengan membawakan lagu bertema jasa-jasa tak ternilai guru yang sudah diberikan selama ini. 

Akan lebih bagus jika bernyanyi diiringi dengan permainan alat musik. Kamu bisa gunakan piano, gitar, maupun saxophone dan biola sebagai iringan.

3. Drama

Hari guru nasional yang spesial bisa kamu rayakan dengan menampilkan drama pendek bersama teman-teman kelasmu. Seperti yang kita tahu, drama juga bisa merepresentasikan pesan yang ingin kita sampaikan kepada guru-guru tercinta. 

Baca juga: 5 rekomendasi aplikasi untuk sekolah online yang seru

Rekomendasi Kado Untuk Guru

Selain persembahan, kado juga bisa diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih atas jasa tenaga pendidik yang telah menunaikan tugasnya dengan sangat mulia. 

1. Bucket Bunga

Bucket Bunga sangat umum diberikan kepada seseorang di hari spesialnya. Kamu bisa patungan untuk membeli bucket bunga sederhana dengan teman sekelas.

Beri Kesan yang Manis Yuk Di Perayaan Hari Guru Nanti

Bukan hanya berbentuk bucket. Jika budget kalian cukup, bisa beli karangan bunga yang lebih besar lagi. Atau beli bunga yang telah tersusun rapi dalam sebuah pot cantik. Pastinya, guru kalian menyukainya.

2. Lukisan 

Lukisan wajah guru juga bisa jadi ide menarik untuk dijadikan kado saat perayaan hari guru nasional. Lukisan ini tidak harus beli dengan harga yang mahal. Gambar sederhana karya kalian juga bisa menyenangkan hati guru kalian lho! Percaya deh.

3. Paket ATK

Selain 2 hadiah sebelumnya, kamu juga bisa memberikan paket Alat Tulis Kantor (ATK) yang tentunya diperlukan guru untuk menyelesaikan pekerjaannya. Belilah ATK seperlunya dan kemas dalam box cantik lengkap dengan hiasan berupa bunga kering dan pita. Dijamin, guru kalian akan senang hati menerimanya.

4. Parsel makanan

Parsel berisi makanan bisa jadi ide yang cocok untuk diberikan kepada guru tercinta. Untuk isi, kamu bisa sesuaikan dengan bujet yang tersedia atau sesuaikan dengan makanan kesukaan sang guru ya!

5. Kue

Kue juga menjadi kado manis yang bisa diberikan untuk guru. Ini biasa diberikan pada acara ulang tahun juga. Jangan lupa untuk memberikan ucapan di atas kue ya!

6. Nasi Tumpeng

Siapa yang terpikir untuk memberi nasi tumpeng saat perayaan hari guru? Ide ini bisa kamu eksekusi jika tidak mau membeli kue. Dengan memberi nasi tumpeng dan dimakan bersama-sama, akan memunculkan rasa kekeluargaan yang hangat.

7. Kartu ucapan

Selain berupa barang, guru kalian juga akan menyukai pesan dan kesan yang kalian tulis dalam kartu ucapan. Bagi mereka, bukan masalah barang yang diberikan. Akan tetapi, nilai yang tersimpan di balik hal itu. 

Buat kartu ucapan yang menggambarkan rasa syukur dan terima kasih yang tulus atas jasa yang mereka lakukan selama ini. Tentunya, banyak yang ingin kalian sampaikan mengingat kemistri yang terjalin selama mengikuti pembelajaran.

Baca juga: Unsur, Keuntungan, dan Kekurangan Blended Learning

Perlombaan yang Cocok Di Hari Guru Nasional

Selain persembahan dan kado, kalian juga bisa memeriahkan acara perayaan hari guru dengan mengadakan perlombaan. Peserta lomba bisa berasal dari murid atau guru, bisa juga keduanya. Langsung saja, ini dia rekomendasi perlombaan dalam perayaan hari guru nasional.

1. Memasak

Lomba pertama adalah memasak. Memasak menjadi ide yang bagus untuk dilakukan. Yang pasti akan seru. Untuk pesertanya bisa pilih 1 orang murid dengan wali kelasnya. Ini akan jadi perlombaan yang menyenangkan antar kelas lho!

2. Melukis

Melukis wajah guru bisa jadi ide lomba yang bisa kamu lakukan. Mintalah wali kelas kalian untuk berpose dan salah satu murid di kelas harus melukis guru kalian. Jadi, pilihlah anak yang jago menggambar agar menang.

3. Lomba Senam Antar Kelas

Kekompakan kalian dengan wali kelas akan diuji di perlombaan ini. Pasalnya, untuk menghafalkan gerakan senam membutuhkan latihan yang rutin. Nah selama latihan itu, kedekatan kalian akan lebih terasa.

4. Lomba Menulis Artikel

Menulis artikel sebagai ungkapan terima kasih kepada guru bisa kalian coba. Bukan hanya melalui kartu ucapan saja. Dengan menuliskan artikel berisi jasa-jasa guru, artinya kalian telah mengenal pengajar kalian dengan baik.

5. Video Ucapan

Pada perayaan hari guru nasional, adakan saja lomba membuat video ucapan sekreaktif mungkin. Untuk penilaiannya bisa berdasarkan jumlah likes di Instagram atau dari kreativitas dan ketepatan dalam pengambilan gambar dan editing videonya.

6. Lomba fotografi

Fotografi menjadi salah satu lomba yang sering diadakan dalam momen penting di sekolah, misalnya saat class meeting. Akan tetapi, khusus untuk perayaan hari guru bisa berikan ketentuan tema tentang kebersamaan murid dan guru.

7. Lomba Berbalas Pantun

Membuat pantun memang susah-susah gampang. Perlu kreativitas tinggi di dalamnya. Lomba berbalas pantun yang spontan tentu bisa menguji kreativitas para murid dan guru. Yang jelas, lomba ini pasti seru.

8. Lomba Cipta Lagu

Rekomendasi lomba dalam rangka memperingati hari guru nasional terakhir adalah cipta lagu. Menciptakan lagu perlu kreativitas tinggi dan waktu yang sedikit lama. 

Jika ingin mengadakan lomba ini, panitia bisa memberikan waktu sekitar 2 minggu sebelum perayaan hari guru berlangsung. Untuk penilaiannya, bisa ditampilkan secara langsung atau dalam bentuk video. Pastinya, ketentuan tema harus berkaitan dengan kebaikan dan kemuliaan guru kalian ya!

Beri Kesan yang Manis Yuk Di Perayaan Hari Guru Nanti

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download