Kenali Beberapa Kelebihan Dan Harga Pertalite Saat Ini

22 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Memilih bahan bakar kendaraan memang tidak boleh sembarangan memilih. Setiap mesin memiliki kebutuhan bahan bakar yang berbeda. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis BBM yang dijual di luar sana, seperti Pertamina, Pertamax, dan Pertalite dan hari ini kita akan membahas tentang Harga pertalite. 

Pertalite merupakan salah satu jenis bahan bakar bahan bakar  yang cukup diminati setelah premium, karena Harga Pertalite yang sangat terjangkau.  Namun, nilai oktan pertalite masih jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan premium yaitu RON 90. Sedangkan oktan premium hanya RON 88, sehingga kualitas pertalite jauh lebih tinggi daripada premium. 

Semakin tinggi kualitas bahan bakar yang dihasilkan maka dapat membantu pembakaran menjadi lebih sempurna dan lebih ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri, bahan bakar pertalite bisa menjadi salah satu pilihan bahan bakar yang tepat. Karena pertalite memiliki tingkat oktan yang tinggi, membuat pembakaran lebih ramah lingkungan. 

Melihat kepadatan kendaraan di Indonesia sehingga sangat cocok untuk digunakan. Nah, jika Anda masih belum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari pertalite itu sendiri, maka kini Anda berada di tempat yang tepat.

Baca juga: Biaya Mutasi Motor yang Harus Kamu Tahu

Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Bakar Pertalite

  1. Kelebihan Bahan Bakar Pertalite

Nilai Oktan Tinggi

Seperti yang kami jelaskan di atas, jika nilai oktan pertalite jauh lebih tinggi dari premium. Sehingga hal ini menjadi salah satu keunggulan pertalite.

Mengandung Belerang

pertalite sendiri tidak mengandung timbal, namun ada kandungan sulfur 0,05%/500 ppm.

Warna Lebih Jelas

jika dibandingkan dengan premium, warna pertalite jauh lebih jernih. Jadi kualitasnya jauh lebih baik. Ada bahan aditif, pertalite memiliki bahan aditif tambahan, yang bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk HEMAT BBM.

Mudah Didapat

Di Indonesia saat ini sudah banyak pemilik SPBU mini atau Pertamina, dimana SPBU mini biasanya menyediakan banyak jenis bahan bakar Pertalite dibandingkan Pertamax.

Harga Yang Terjangkau

dengan melihat kualitas bahan bakarnya, harga pertalite saat ini masih relatif terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan harga pertamax yang cukup jauh.

Baca juga: Mobil Termahal Dunia 2022, Mesin dan Desain Terbaik

  1. Kekurangan Bahan Bakar Pertalite

Cocok Untuk Mesin CC Rendah

banyak pihak menyarankan pertalite lebih cocok digunakan pada mesin dengan kapasitas rendah, minimal di bawah 125 cc. Jika kendaraan memiliki mesin besar, disarankan untuk tidak menggunakan pertalite agar performa mesin tidak menurun.

Terjadi Knocking Pada Mesin 

hal ini bisa terjadi terutama pada mesin dengan kapasitas besar, karena performa mesin tidak didukung oleh bahan bakar yang sesuai. Jadi ada ketukan.

Umur Mesin Lebih Pendek

bila menggunakan pertalite pada mesin yang dianjurkan untuk menggunakan oktan yang lebih tinggi, maka hal ini dapat mengakibatkan umur mesin lebih pendek.

Biaya Perawatan Mesin Meningkat

jika penggunaan pertalite pada mesin beroktan tinggi yang direkomendasikan bertahan lama, maka hal ini dapat meningkatkan biaya perawatan mesin.

Harga Pertalite sebagai Bahan Bakar Saat Ini

Selain memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan pertalite, kami juga ingin memberikan informasi mengenai harga pertalite terupdate hari ini. Jika anda belum mengetahui berapa harga pertalite saat ini, anda bisa melihat informasi harga dibawah ini.

  • Aceh Rp 7.650,00
  • Sumatera Utara Rp 7.650,00
  • Sumatera Barat Rp7.850,00
  • Sumatera Selatan Rp 7.850,00
  • Riau Rp 7.650,00
  • Kepulauan Riau Rp 8.000,00
  • Kota Batam (FTZ) Rp 8.000,00
  • Jambi Rp 7.850,00
  • Bengkulu Rp 7.650,00
  • Bangka Belitung Rp 7.850,00
  • Lampung Rp 7.650,00
  • DKI Jakarta Rp 7.650,00
  • DI Yogyakarta Rp 7.650,00
  • Jawa Timur Rp 7.650,00
  • Bali Rp 7.650,00
  • Nusa Tenggara Barat Rp 7.650,00
  • Nusa Tenggara Timur Rp 7.650,00
  • Kalimantan Barat Rp 7.850,00
  • Kalimantan Tengah Rp 7.850,00
  • Kalimantan Selatan Rp 7.850,00
  • Kalimantan Timur Rp7.850,00
  • Kalimantan Utara Rp 7.850,00
  • Sulawesi Utara Rp 7.850,00
  • Sulawesi Tengah Rp 7.850,00
  • Sulawesi Tenggara Rp 7.850,00
  • Sulawesi Selatan Rp 7.850,00
  • Sulawesi Barat Rp 7.850,00
  • Gorontalo Rp. 7.850.00
  • Maluku Rp 7.850,00
  • Maluku Utara Rp 7.850,00
  • Papua Rp 7.850,00
  • Papua Barat Rp 7.850,00

Harga pertalite diatas berdasarkan website pertamina, jadi harga diatas merupakan harga resmi yang telah di sesuaikan oleh pemerintah. Adapun perbedaan harga pertalite, mungkin karena pertalite dijual di SPBU non-resmi yang bekerja sama dengan pertamina.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina dan Dapat Subsidi BBM 2022

Perbedaan Jenis Bahan Bakar Pertamax Dan Pertalite

  1. Nilai Oktan Pertamax Vs Pertalite

Berapa angka oktan Pertalite vs Pertamax? Pertalite memiliki Research Octane Number (RON) 90. Itu jauh lebih tinggi dari Premium (setidaknya 88). Namun, itu lebih rendah dari Pertamax yang mengandung RON minimal 92, sesuai standar internasional. 

Memangnya apa sih fungsi kadar oktan pada bahan bakar minyak? Kandungan unsur-unsur tersebut membantu meningkatkan pembakaran sehingga tidak ada residu. Nah, semakin tinggi oktan berarti semakin besar kemungkinan mesin Anda bebas dari residu bahan bakar. Tak ayal, melalui situs Pertamina Fuels, perusahaan milik negara itu menyarankan agar pengemudi menggunakan Pertamax untuk kendaraannya.

  1. Harga Pertalite vs Pertamax

Berdasarkan keterangan resmi Pertamina pada Februari 2022, harga Pertalite masih berada di level Rp 7.650 per liter. Sementara itu, Pertamax dijual dengan kisaran harga Rp. 9.000 per liter. Harga Pertamax memang lebih mahal, namun dipengaruhi oleh kandungan oktan di dalamnya. 

Selain itu, Pertamax masih dijual dengan harga Rp. 4.000 lebih murah dibandingkan bahan bakar pesaing dengan RON sejenis yaitu Shell Super yang dibanderol Rp. 12.990 per bulan. Keunggulan yang ditonjolkan Pertamax yaitu: pembakaran yang lebih optimal serta kemampuan membersihkan dan melindungi mesin dengan menggunakan Teknologi PERTATEC. 

Sedangkan Pertalite memiliki tiga keunggulan, yaitu: harga terjangkau, kualitas lebih tinggi dari Premium, dan jarak tempuh yang lebih jauh. Sedikit informasi, PERTATEC diprediksi mampu membersihkan timbunan kotoran pada mesin tiga kali lipat lebih baik dari produk sebelumnya. Selain itu, teknologi tersebut juga diklaim mampu mengangkat kotoran yang mengendap di injektor hingga 20 persen (Pertamax) dan 80 persen (Pertamax Turbo).

  1. Pertamax Turbo vs Pertalite

Pertamax sendiri hadir dengan varian lain yaitu Pertamax Turbo. Kualitasnya di atas Pertamax, karena kandungan RON-nya mencapai 98, tertinggi di antara Premium, Pertalite, dan Pertamax. Selain itu, kandungan sulfur Pertamax Turbo di bawah 50 ppm, sesuai dengan standar EURO 4. 

Bahkan disertai pula dengan formula PERTATEC dan Formula Ignition Boost.  Di sisi lain, Pertalite hanya memiliki RON 90. Meski begitu, harga Pertalite lebih terjangkau dibandingkan Pertamax Turbo yang dijual seharga Rp. 12.000 per liter.  

Jika dilihat dari perbedaan di atas, Pertalite sedikit lebih unggul dari bahan bakar lainnya. Selain Pertalite memiliki harga yang lebih murah dari Pertamax, bahan bakar Pertalite juga tidak mengandung timbal dan juga mengandung aditif seperti anti karat, demulsifier atau pembersih, dan bahan penjernih bahan bakar dari air.  

Namun jangan terburu-buru memihak Pertalite, karena sebelum memilih Anda juga harus mengetahui kelebihan Pertamax.  Bahan bakar ini memiliki kualitas medium yang lebih baik daripada Premium. Pertamax dibuat untuk mesin dengan kompresi di atas 10:1 hingga 10.9:1. 

Bahan bakar ini juga di bawah Pertamax Plus jika dilihat dari kualitas unggulnya. Pertamax memiliki oktan 92, lebih tinggi dari Premium atau Pertalite. Selain itu, Pertamax juga memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan Pertalite. 

Mengandung zat aditif seperti pembersih, anti karat, dan juga zat yang menjaga kemurnian bahan bakar dari air atau demulsifier. Apapun bahan bakarnya, gunakan bahan bakar kendaraan sesuai standar pabrikan untuk menjaga kualitas & ketahanan mesin kendaraan.

Demikian ulasan tentang, Kenali Beberapa Kelebihan Dan Harga Pertalite Saat Ini.semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Charger Aki Motor, Harga Mulai 100 Ribuan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download