Cara Daftar MyPertamina dan Dapat Subsidi BBM 2022

05 Jul 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 05 Jul 2022

Tepat pada awal Juli 2022, Pertamina meluncurkan uji coba pemakaian aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertalite yang merupakan jenis BBM yang disubsidi dan Solar. Uji coba pemakaian tersebut dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia dan berlaku bagi pemilik kendaraan jenis mobil. Artinya, di beberapa daerah tersebut, pembeli Pertalite maupun Solar wajib mengetahui cara daftar My Pertamina agar bisa melakukan pembelian.

cara daftar My pertamina

Artikel ini akan membahas cara daftar My Pertamina untuk dapatkan subsidi BBM dan berbagai wilayah di Indonesia yang menyelenggarakan uji coba pemakaian My Pertamina.

Baca juga: Tips Hemat BBM Untuk Kendaraanmu

Kenapa Harus Beli BBM Subsidi Pakai My Pertamina?

Pertamina berkomitmen menyalurkan subsidi BBM untuk masyarakat Indonesia. Adapun jenis BBM yang disubsidi antara lain Pertalite dan Solar. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, dalam acara Press Conference Implementasi Pendaftaran Pengguna BBM Subsidi melalui Website MyPertamina pada 30 Juni 2022, menyatakan bahwa hingga saat ini penyaluran subsidi BBM dirasa belum tepat sasaran. Oleh karenanya, melalui penggunaan My Pertamina, Pertamina bisa memeriksa apakah pengguna berhak mendapatkan subsidi BBM.

cara daftar My pertamina

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi tersebut masih dalam tahap uji coba untuk pemilik mobil. 

Uji Coba My Pertamina di Mana Saja?

Pembelian Pertalite dan Solar untuk mobil, diwajibkan disertai dengan penggunaan aplikasi My Pertamina bagi wilayah berikut:

  1. Kota Bandung
  2. Kota Tasikmalaya
  3. Kabupaten Ciamis
  4. Kota Sukabumi
  5. Kota Banjarmasin
  6. Kota Manado
  7. Kota Yogyakarta
  8. Kota Bukittinggi
  9. Kota Padang Panjang
  10. Kabupaten Tanah Datar
  11. Kabupaten Agam

Cara Daftar My Pertamina Beserta Syarat yang Wajib Dilengkapi

Jika kamu pemilik mobil yang berdomisili di daerah tersebut dalam paragraf sebelumnya, ketahui syarat yang wajib dipenuhi untuk membuat akun dalam aplikasi My Pertamina. Aplikasi My Pertamina bisa diakses melalui AppStore dan PlayStore secara gratis.

1. Syarat Pendaftaran My Pertamina

Agar proses pendaftaran akun berjalan dengan cepat, kamu wajib siapkan berbagai persyaratan dokumen sebagai berikut:

  1. STNK
  2. KTP
  3. Foto kendaraan
  4. Dan dokumen lain jika memilih untuk mendaftar melalui aplikasi

Setelahnya, kamu bisa memilih untuk melakukan pendaftaran via aplikasi maupun tanpa aplikasi My Pertamina. 

Baca juga : Mau Jual Motor Bekas Secara Online? Di Sini Aja!

2. Cara daftar My Pertamina melalui aplikasi

Kamu bisa melakukan pendaftaran akun My Pertamina sebelum membeli Pertalite/Solar agar tidak tergesa-gesa selama berada di SPBU. Namun sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu telah memiliki aplikasi My Pertamina untuk mengikuti langkah pendaftaran selanjutnya berikut ini:

  1. Masukkan nomor handphone aktif sesuai instruksi yang diberikan
  2. Lakukan login dengan memasukkan nomor handphone dan PIN dengan benar
  3. Selesai! Akunmu telah siap digunakan untuk membeli Pertalite/Solar  

3. Cara daftar My Pertamina tanpa aplikasi

Ada beberapa hambatan yang mungkin dialami oleh konsumen BBM Pertamina berkaitan dengan penggunaan aplikasi My Pertamina, seperti; ruang penyimpanan aplikasi habis dan sistem operasi yang tidak mendukung kinerja aplikasi. Oleh karenanya, Pertamina juga menyediakan skema pendaftaran akun My Pertamina tanpa aplikasi melalui cara berikut. 

  1. Melalui aplikasi browser di komputer/handphone, kunjungi situs https://subsiditepat.mypertamina.id/
  2. Berikan tanda centang pada kotak di bawah tombol login, kemudian klik teks “Daftar Sekarang”
  3. Masukkan data pribadi sesuai data KTP
  4. Lanjutkan pendaftaran sesuai dengan instruksi yang ada pada layar
  5. Setelah pendaftaran selesai, sistem akan melakukan verifikasi data selama 7 hari
  6. Dalam waktu 7 hari kerja setelah pendaftaran, kamu bisa memantau hasil verifikasi melalui email yang terdaftar
  7. Jika datamu lolos verifikasi, kamu akan menerima email yang berisi kode QR yang bisa digunakan untuk membeli Solar/Pertalite

Aplikasi My Pertamina Bisa Digunakan Untuk Apa?

Konsumen BBM Pertamina bisa juga mendownload aplikasi My Pertamina jika berdomisili di luar daerah percobaan tersebut di atas karena aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik. Simak fitur aplikasi My Pertamina selengkapnya. 

Subsidi BBM

1. Informasi charging station bagi kendaraan bertenaga listrik

Tidak seperti kendaraan konvensional yang membutuhkan BBM sebagai sumber tenaga, saat ini telah hadir berbagai pilihan kendaraan listrik yang mendapatkan sumber tenaga dari aliran listrik selayaknya proses pengisian baterai pada gadget. Pertamina menyediakan charging station bagi pemilik kendaraan listrik yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Meskipun belum tersedia secara masal, pengguna aplikasi My Pertamina bisa mengakses lokasi charging station terdekat melalui aplikasi tersebut. 

2. Informasi lokasi SPBU terdekat

Dengan mengetahui titik SPBU saat bepergian jarak jauh, kamu bisa membuat rencana perjalanan dengan lebih baik. Meskipun biasanya kamu bisa mengakses lokasi SPBU melalui aplikasi lain, sayangnya tingkat akurasi letaknya tidak cukup tepat. Oleh karenanya, aplikasi My Pertamina menyediakan informasi lokasi SPBU terdekat dengan akurasi yang baik.

3. Akses delivery service

Saat kehabisan bahan bakar di jalan dan kamu tidak bisa lagi menjangkau lokasi SPBU terdekat, jangan ragu untuk mengandalkan fitur delivery service dalam aplikasi My Pertamina. Meskipun layanannya masih terbatas di beberapa daerah, fitur tersebut memberi kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan produk Pertamina, seperti; berbagai BBM yang tersedia, oli, dan Bright Gas. 

4. Akses e-wallet untuk pembelian BBM non-tunai

Pengguna My Pertamina bisa lakukan pembelian BBM secara non tunai dengan menyambungkan akun e-wallet LinkAja pada aplikasi tersebut. Tak jarang, pengguna bisa mendapatkan promo dan voucher menarik untuk pembelian BBM menggunakan e-wallet LinkAja. 

Baca juga: Info Perbandingan Biaya Ganti Oli, Pilih yang Mana ya?

Demikianlah informasi mengenai cara daftar My Pertamina yang perlu diketahui untuk mendapatkan subsidi BBM. Semoga artikel ini bisa jadi panduan lengkap untukmu. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

05 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download