Cara Mencari Platform Jual Beli Motor Bekas Online

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Kegiatan transaksi jual beli motor bekas masih ramai. Bahkan, sekarang Sobat Pintar bisa membeli motor bekas secara online. Tapi, sebelum melakukan pembelian motor bekas, Sobat Pintar harus tahu dulu apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli motor bekas dan marketplace online apa yang aman untuk transaksi jual beli motor bekas. Berikut penjelasannya:

Sumber: Envato.com / Alt Text: Jual Beli Motor Bekas Online

Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas

  1. Menentukan Tipe Motor Yang Ingin Dibeli

Langkah pertama sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas secara online adalah mengetahui tipe dan merek motor yang ingin Sobat Pintar beli. Cara ini dapat menghemat waktu dan energi Sobat Pintar saat mencari motor bekas di platform online. Saat ini, motor memiliki beragam jenis, seperti motor bebek, motor sport, dan motor trail.

  1. Memilih Penjual Terpercaya

Memilih penjual motor bekas memang tidak mudah, apalagi jika Sobat Pintar membelinya secara online. Jadi, sebelum langsung melakukan transaksi jual beli motor bekas, ada baiknya Sobat Pintar mencoba untuk mengobrol dengan penjual motor tersebut untuk mengetahui bagaimana pelayanan mereka dan bagaimana cara mereka memperlakukan calon konsumen.

Penjual yang baik dan terpercaya selalu memperlakukan konsumennya dengan baik, mulai dari tutur bahasa, cara berkomunikasi, dan seberapa tanggap dia merespon Sobat Pintar.

  1. Lihat Kondisi Fisik

Setelah mengetahui karakter penjual, mulailah untuk menanyakan kondisi motor bekas yang dijualnya. Sobat Pintar bisa meminta foto atau video secara langsung dengan penjual atau mengunjungi secara langsung ke showroom penjual untuk mengecek kondisi motor secara langsung.

Hal-hal yang harus Sobat Pintar perhatikan adalah bodi motor, baut, spion, speedometer, mesin motor, dan nomor rangka motor untuk mencegah membeli motor bodong atau hasil curian. Pastikan juga suku cadang yang digunakan motor bekas tersebut asli dan masih berfungsi dengan baik.

  1. Melakukan Test Drive

Setelah melakukan pengecekan fisik motor, sekarang saatnya Sobat Pintar mulai meminta untuk mengendarai motor tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motor saat digunakan, seperti cepat mogok, tidak stabil, roda yang tidak sejajar, dan masih banyak lainnya.

  1. Mencoba Perpindahan Gigi Motor

Setelah mencoba menghidupkan mesin dan mengendarai motor, Sobat Pintar juga harus merasakan perpindahan gigi saat berkendara. Jika Sobat Pintar rasa perpindahan gigi motor tersebut terasa kasar, maka Sobat Pintar harus mengganti kampas koplingnya.

Tapi, kami sarankan Sobat Pintar untuk berusaha mencari motor bekas yang memiliki kondisi mesin dan fisik yang masih bagus dan layak.

  1. Cek Kebocoran

Kredit Pintar sarangkan juga untuk Sobat Pintar mengecek kebocoran yang mungkin terjadi pada bagian mesin atau knalpot motor, Cara mengeceknya sangat mudah, Sobat Pintar bisa menyalakan motor tersebut dan menutup knalpot motor. Jika saat dinyalakan atau saat dikendarai ada oli yang mengalir, maka mungkin beberapa bagian sela-sela mesin motor memiliki kebocoran.

  1. Periksa Kelengkapan Surat Motor

Ini merupakan hal yang wajib Sobat Pintar periksa. Surat-surat ini mencakup BPKP dan juga STNK motor. Jangan langsung percaya dengan surat-surat yang mereka berikat, Sobat Pintar harus mengecek nomor plat tersebut dan nomor motor yang ada di bagian motor untuk mengetahui bahwa motor tersebut bukanlah hasil dari curian.

  1. Sistem Listrik Masih Lancar

Kemudian, periksa juga bagian sistem kelistrikan motor. Pastikan semua lampu baik lampu depan, lampu belakang, lampu sen, dan lampu rem masih berfungsi dengan baik. Pastikan juga klakson motor tersebut masih berfungsi dan bisa berbunyi. Jangan lupa juga untuk mencoba menghidupkan motor dengan elektrik starter, ini sangat penting menjadi penilaian Sobat Pintar saat membeli motor bekas.

Cara Mencari Platform Jual Beli Motor Bekas Online

Setelah mengetahui hal-hal yang harus Sobat Pintar perhatikan sebelum melakukan transaksi jual beli motor bekas, sekarang Kredit Pintar akan membagikan marketplace jual beli motor bekas online terpercaya.

  1. OLX 

OLX merupakan situs jual beli motor bekas yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya menawarkan motor bekas saja, Sobat Pintar juga bisa menemukan barang-barang lain seperti barang elektronik, HP seken, furniture seken dan lain-lainnya disini.

Sobat Pintar bisa langsung menulis tipe motor yang diinginkan pada kolom pencarian dan sistem akan secara langsung menampilkan iklan motor seken yang Sobat Pintar inginkan.

Selain itu, OLX juga memiliki fitur pesan sehingga Sobat Pintar bisa melakukan negosiasi dan berdiskusi dengan penjual secara langsung.

  1. Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace paling terkenal di Indonesia. Memang, Tokopedia terkenal dengan menyediakan beragam keperluan rumah tangga dan kebutuhan hidup sehari-hari.

Tapi, sekarang Sobat Pintar sudah bisa membeli motor dan mobil baru atau bekas di Tokopedia. Sobat Pintar bisa menemukan penjual pribadi ataupun dealer di platform ini. Tentunya karena Tokopedia sudah terkenal dengan keamanan transaksinya, Sobat Pintar tidak perlu ragu akan kehilangan uang dalam jumlah yang besar saat bertransaksi disini.

  1. Carmudi

Selanjutnya ada Carmudi yang meramaikan situs jual beli motor bekas di Indonesia.

Selain motor, Sobat Pintar juga bisa melihat-lihat mobil seken yang ditawarkan oleh para penjual disini. Tampilan website Carmudi pun terbilang ramah pengguna, sehingga Sobat Pintar bisa dengan mudah memahami struktur website dan mencari motor bekas yang diinginkan.

Selain menawarkan motor seken dari penjual pribadi, Sobat Pintar juga dapat menemukan dealer disini.

Sobat Pintar bisa langsung menghubungi penjual atau dealer motor seken tersebut secara langsung. Setelah berdiskusi mengenai kendaraan yang diinginkan, selanjutnya Sobat Pintar bisa meminta untuk melihat kondisi kendaraan secara langsung atau melalui video atau foto dari penjual.

  1. Momotor

Marketplace situs jual beli motor bekas selanjutnya adalah Momotor. Selain menawarkan motor bekas, Sobat Pintar juga bisa menemukan motor baru disini. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa melakukan transaksi tukar tambah di platform ini. Tentunya, fitur ini merupakan fitur andalan dari Momotor.

Kelengkapan jenis dan merek motor di platform ini terbilang lengkap. Sobat Pintar bisa menemukan motor dari merek Suzuki, Yamaha, Honda, Kawasaki, Piaggio, dan masih banyak merek motor lainnya. Tentunya, tidak hanya motor bebek saja yang ditawarkan disini, Sobat Pintar juga bisa menemukan motor sport dan motor trail disini.

Sobat Pintar juga bisa membandingkan tipe dan harga dari motor yang Sobat Pintar incar dari postingan penjual lainnya. BIar lebih yakin dengan reputasi penjual, Sobat Pintar juga bisa melihat ulasan dari pembeli yang pernah membeli motor bekas disana.

Kurang Dana Untuk Jual Beli Motor Bekas?

Sobat Pintar masih kekurangan dana untuk transaksi jual beli motor bekas? Jangan khawatir! Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar. Sobat Pintar bisa langsung mengunduh aplikasi Kredit Pintar dan mengajukan pinjaman. Dalam waktu kurang dari 30 menit, dana langsung cair! 

Kunjungi Kredit Pintar disini untuk info lebih lanjut.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload