Intip Alasan Memilih Motor Listrik Dan Harga Motor Listrik 2022

22 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Tidak dapat dipungkiri bahwa sepeda motor masih menjadi salah satu kendaraan primadona bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan sepeda motor lebih cenderung “set set sat set” di jalanan yang penuh kemacetan. Apalagi sekarang persyaratan pengajuan dan Harga Motor Listrik juga semakin mudah, sehingga kendaraan ini semakin menjamur. 

Intip Alasan Memilih Motor Listrik Dan Harga Motor Listrik 2022

Namun, meski merupakan kendaraan primadona yang unggul dalam memecah kemacetan jalan raya, sepeda motor juga merupakan salah satu kendaraan yang menyumbang polusi udara dan suara. Masalah ini pula yang membuat pemerintah dan produsen kendaraan bekerja sama mengatasi masalah polusi, salah satunya dengan membuat inovasi motor listrik. Kendaraan jenis ini didesain lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap kendaraan. 

Seperti yang kita ketahui, perbedaan karakteristik kendaraan BBM dengan kendaraan listrik itu sendiri pada dasarnya adalah sumber tenaga yang digunakan. Dimana kendaraan bahan bakar mendapatkan tenaga dari bahan bakar minyak, sedangkan kendaraan listrik mendapatkan tenaganya dari baterai yang menyimpan tenaga listrik. 

Meski tenaga untuk mengisi daya kendaraan listrik bisa berasal dari PLTU yang menggunakan bahan bakar atau batu bara, kendaraan listrik tetap memiliki efisiensi yang lebih baik dan menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan kendaraan berbahan bakar. Kendaraan listrik sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan. 

Untuk sepeda motor listrik saat ini tersedia berbagai variasi. Berbagai produsen berlomba-lomba menyediakan kendaraan listrik dengan berbagai fitur dan bekerja sama dengan penyedia layanan untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik itu sendiri. Lantas, selain ramah lingkungan, apa alasan yang membuat masyarakat mulai beralih dari motor konvensional ke motor listrik?

Baca juga: Biaya Mutasi Motor yang Harus Kamu Tahu

Alasan Orang Memilih Menggunakan Motor Listrik

Intip Alasan Memilih Motor Listrik Dan Harga Motor Listrik 2022
  1. Dari Segi Harga

Motor listrik tidak kalah ramah seperti motor konvensional lainnya. Biaya perawatan juga cenderung lebih mudah dan murah Anggapan harga motor listrik jauh di atas harga motor konvensional sepertinya tidak sepenuhnya benar. Saat ini banyak sekali produsen sepeda motor listrik yang menjual produknya dengan kisaran harga motor listrik yang tidak jauh berbeda dengan sepeda motor konvensional, bahkan cenderung lebih terjangkau.

Selain kelebihan dari segi harga, biaya perawatan motor listrik juga lebih mudah dan murah. Hal ini dikarenakan motor listrik memiliki komponen mesin yang lebih sedikit dibandingkan motor konvensional, sehingga biaya untuk perawatannya juga lebih sedikit. Anda tidak perlu membersihkan karburator atau filter udara dan mengganti oli mesin secara rutin. Dalam hal ini, biaya untuk membeli minyak dapat dialihkan ke hal lain,

Baca juga: Mobil Termahal Dunia 2022, Mesin dan Desain Terbaik

  1. Motor Listrik Memiliki Desain Yang Kaku Dan Monoton

Saat ini sudah banyak sepeda motor listrik dengan desain yang trendi. Bagaimanapun, sangat muda! Dulu, ketika populasi sepeda motor listrik masih sangat minim, motor ini memiliki kesan kendaraan dengan desain yang kaku dan monoton. 

Namun sampai di sini, pabrikan sepeda motor listrik juga menyesuaikan desainnya dengan gaya hidup kaum urban dan mempertimbangkan sisi estetika. Kini kamu bisa melihat berbagai desain motor atau skuter listrik yang keren dan trendi!

  1. Rata-Rata Motor Listrik Memiliki Kecepatan Maksimum Di Bawah 100km/Jam

Aman untuk orang tua, cocok untuk pengemudi yang suka memperlambat di jalanan. Bagi anda yang menganut “alon-alon origin jokes” dalam berkendara, motor listrik sangat cocok sebagai alat tempur sehari-hari karena rata-rata kendaraan ini ramah lingkungan dan bebas polusi udara Memiliki kecepatan maksimal 70 km/ jam. 

Anda bisa mengendarai motor listrik secara perlahan sambil menikmati suasana jalanan saat jam kantor yang ‘rumit’. Karena memiliki kecepatan maksimal di bawah 100km/jam, motor listrik juga bisa meredam keinginan ngebut saat jalanan sepi dan kosong. Intinya, kendaraan ini aman untuk orang tua dan cocok untuk pengemudi yang suka memperlambat di jalanan.

  1. Suara Mesin Juga Lebih Halus

Siapa yang sering menjawab pertanyaan pengendara motor dengan kata “haha” atau “ya”? Biasanya penumpang yang menjawab seperti ini pasti tidak mendengar apa yang dikatakan pengemudi. Momen janggal seperti ini biasanya kita jumpai saat kita naik ojek online atau jalan-jalan dengan doi. 

Suara deru mesin kendaraan yang menyatu di jalanan biasanya menjadi penyebab utama kemacetan komunikasi antara pengemudi dan penumpang. Nah, kebisingan ini juga yang menjadi alasan orang mulai beralih ke motor listrik karena suara mesin motor yang lebih halus. Jika Anda menggunakan motor ini, Anda tidak akan mengalami hal canggung lagi dengan pengemudi ojol atau pacar Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat berkontribusi untuk mengurangi polusi suara yang disebabkan oleh kendaraan. Jadi tidak perlu takut mengganggu kenyamanan orang lain saat berkendara. Mungkin kamu ingin deeptalk dengan pasanganmu di jalan, senyap apapun kamu berbicara tetap bisa nyambung karena tidak berisik.

  1. Motor Listrik Juga Lebih Irit Bahan Bakar

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa bahan bakar yang digunakan motor listrik adalah tenaga baterai. Yup, motor listrik lebih hemat karena hanya perlu mengeluarkan biaya kurang dari Rp. 3.000 untuk mengisi baterai sepeda motor selama kurang lebih dua jam untuk menempuh jarak 65 km. Biaya pengisian motor listrik lebih murah dibandingkan motor bakar konvensional. 

Anda juga tidak perlu mengantri panjang untuk sampai ke SPBU. Alhasil, mungkin tidak lagi sepenuhnya dadakan, apalagi di pagi hari saat kondisi sudah terburu-buru. Jadi, paling tidak pada malam hari kita harus mencharge listrik. 

Intinya, motor listrik bisa menjadi salah satu kendaraan massal yang lebih ramah lingkungan dan lebih terjangkau dari segi harga dan biaya perawatan. Kita juga tidak perlu lelah lagi antre panjang di pom bensin, karena kita hanya perlu mengisi baterai motor saja.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina dan Dapat Subsidi BBM 2022

Harga Motor Listrik Terbaru 2022

Beberapa harga motor listrik di Indonesia, harganya bisa dilihat di bawah ini.

  • Uwinfly mulai dari Rp 8.849.999
  • Selis Motor Listrik Tipe E mulai Rp 11.499.000
  • Volta 401 mulai dari Rp 13.525.000
  • Sunrace Jupiter mulai dari Rp 15.900.000
  • Quest Motors mulai dari Rp 16.000.000
  • Mulus mulai dari Rp 16.500.000
  • Gesit mulai dari Rp 28.700.000
  • Viar Nes Q1 L mulai dari Rp 21.020.000
  • NIU Nqi Sport mulai dari Rp 29.900.000
  • Polytron Evo mulai dari Rp 28.000.000
  • Goodrich Bf-Cg mulai dari Rp 20.280.000

Tentu ada varian motor listrik yang memiliki harga motor listrik lebih tinggi dan menyasar kelas premium. Contohnya seperti motor Energica Ego+ yang dikabarkan akan dijual mulai dari harga Rp. 1.300.000.000, jelas target segmen pasarnya berbeda dengan motor listrik yang disebutkan di atas.

Demikian ulasan tentang, Intip Alasan Memilih Motor Listrik Dan Harga Motor Listrik 2022. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Charger Aki Motor, Harga Mulai 100 Ribuan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download