7 Rekomendasi Mesin Jahit Beserta Harga dan Spesifikasinya

08 Nov 2023 by kreditpintar, Last edit: 14 Nov 2023

Mesin jahit merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang dapat digunakan untuk beberapa keperluan.  Mesin jahit dapat digunakan untuk memperbaiki pakaian yang sobek ataupun memenuhi dan memuaskan hobi menjahit dari pengguna. Dengan menggunakan mesin jahit, proses menjahit menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu hasil dari penggunaan mesin jahit lebih rapi dibandingkan dengan menjahit dengan cara manual.

mesin jahit

Baca juga: Manfaat dan Tips Hidup Hemat, Siap Bebas Finansial!

Penemuan Mesin Jahit

Sebelum ditemukannya mesin jahit, manusia zaman dahulu membuat pakaian dengan cara manual dan hanya menggunakan jarum sebagai alat untuk membuatnya. Jarum yang digunakan untuk membuat pakaian pada awalnya terbuat dari bahan yang sekarang dianggap langka, seperti batu, tembaga, tulang, dan gading. Jarum ini digunakan untuk menjahit kulit binatang untuk membuat pakaian. Sedangkan benang yang digunakan terbuat dari serat otot hewan. Mesin jahit pertama ditemukan pada tahun 1775 yang menyebabkan perang paten. Terjadilah perang paten diantara penemu mesin jahit yaitu Elias Howe dan Isaac Singer dimana kedua penemu tersebut berhasil menciptakan sebuah alat dengan mekanisme yang sama. Keduanya mengklaim bahwa ciptaan mereka adalah yang paling orisinal. Isaac Singer berhasil membuat mesin jahit dengan jarum yang bisa digerakkan dengan menginjak pedal kaki. Sejak itu, penjualan mesin jahit meroket di beberapa kota di Amerika Serikat. Hingga kemudian meluas ke seluruh penjuru dunia.

Jenis-Jenis Mesin Jahit

Berdasarkan cara penggunaannya, mesin jahit terdiri dari tiga jenis yaitu mesin jahit mekanik atau manual, mesin jahit listrik dan mesin jahit digital atau komputer. Mesin jahit tangan adalah mesin jahit kuno yang dapat dioperasikan tanpa menggunakan listrik. Contoh mesin jahit tangan adalah mesin jahit tangan dan mesin jahit kaki. Mesin jahit listrik adalah jenis mesin yang dilengkapi dengan motor yang digerakkan oleh tenaga listrik. Mesin jahit ini juga diimbangi dengan gerakan mekanis mendorong kain saat menjahit. Dan mesin jahit digital merupakan jenis mesin jahit tercanggih di antara dua mesin jahit sebelumnya karena dilengkapi dengan mikroprosesor. Mesin jahit ini biasa digunakan untuk menjahit dekoratif dan menjahit bordir.

mesin jahit

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Minyak Goreng Murah

Rekomendasi Mesin Jahit

Harga mesin jahit di pasaran pada dasarnya berbeda. Hal ini didasarkan pada jenis dan merek masing-masing mesin jahit. Informasi pada artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli mesin jahit agar sesuai dengan kebutuhan dan budget. Berikut adalah informasi beberapa harga mesin jahit yang dirangkum dari beberapa sumber.

mesin jahit

Baca juga: 9 Rekomendasi dan Spesifikasi HP Kamera Terbaik 2022

1. Mesin Jahit Mini Sewing SM-202A

Mesin jahit ini memiliki spesifikasi dua benang dan dapat dijahit dengan kecepatan tinggi ataupun kecepatan rendah. Ini juga mudah digunakan untuk menjahit kain seperti pakaian, sehingga sangat ideal untuk mereka yang baru belajar menjahit. Mesin jahit compact ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp140.000.

2. Mesin Jahit Messina N-808 New York

Jika Anda seorang penjahit pemula dan ingin menjahit atau memperbaiki pakaian yang sobek, mesin jahit Messina N808 dapat menjadi salah satu pilihan mesin jahit yang mudah digunakan dan memiliki spesifikasi yang baik. Dengan mesin jahit ini, dapat memilih dari 12 pola jahitan yang berbeda, dan fungsi lubang kancing mempelajari cara mengoperasikan mesin jahit ini dengan cepat. Mesin jahit ini juga memiliki fungsi pemangkasan benang dan lampu mesin jahit, membuat menjahit lebih mudah. Mesin jahit  sederhana ini dijual seharga Rp1,6 juta.

3. Mesin Jahit Portable Butterfly 8530A

Mesin jahit merk Butterfly Type 8530A dapat diatur hingga 22 model jahitan dan memiliki satu fungsi lubang kancing, sehingga mudah dan cepat untuk menjahit kain  tebal seperti jeans. Selain  kecil, mesin tipe 8530A juga hemat daya yang hanya membutuhkan 70 watt, sehingga tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik. 

Penyesuaian panjang jahitan, penyesuaian lebar jahitan, dan lampu LED juga ada di bodi utama. Mesin ini memiliki jahitan lurus, jahitan zigzag, resleting, kancing, dan banyak fungsi lainnya. Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Maka siapkan anggaran sebesar Rp.1.590.000.

4. Mesin Jahit Messina L-9 London

Mesin jahit Messina L9 sangat cocok untuk pengguna tingkat lanjut maupun pemula. Dengan 8 pola jahitan dan 1 fungsi lubang kancing, Messina L9 sangat simpel dan mudah digunakan. Selain itu, mesin jahit ini dilengkapi dengan alat pengikat benang untuk mencegah benang menjadi terlalu kencang atau terlalu longgar saat menjahit. Messina L9 London akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.700.000.

5. Mesin Jahit Singer 3223

Singer 3223 merupakan mesin jahit merk ternama dengan pilihan warna yang menarik. Terlihat cantik dan memiliki 22 fungsi menjahit dan satu lubang untuk kancing. Sistem penyesuaian satu tombol membuat mesin jahit ini mudah digunakan baik untuk profesional maupun pemula. Jika ingin membeli mesin jahit warna warni ini siapkan anggaran sebesar Rp2.740.000.

6. Mesin Jahit Dragonfly DF 1824

Dragonfly DF 1824 adalah mesin jahit dengan desain yang elegan dan kualitas bodi yang prima. Mesin ini dapat mengatur pola 24 jarum dan fungsi 1 lubang kancing sehingga memudahkan dalam proses menjahit. Mesin jahit ini juga  dilengkapi dengan lampu LED untuk membantu melihat jahitan dengan lebih jelas. Mesin jahit Dragonfly DF1824 ini dibandrol mulai dari Rp2.474.000.

7. Mesin Jahit Brother FS50

Mesin jahit Brother FS50 adalah salah satu mesin jahit terbaik dengan teknologi tercanggih. Mesin ini dapat mengatur hingga 50 jenis pola jahitan, dan terdapat 5 model lubang kancing. Ini memiliki banyak fungsi dan sangat ideal untuk mesin jahit berpengalaman. Untuk masalah konsumsi daya, mesin ini hanya membutuhkan daya 40 watt  untuk beroperasi. Tertarik untuk membeli mesin canggih ini? Maka siapkan anggaran sebesar Rp3.690.000.

Tips Memilih Mesin Jahit

Untuk memilih mesin jahit yang akan dibeli perlu untuk memperhatikan beberapa hal agar tidak merasa menyesal setelah membelinya. Untuk memilih jenis mesin jahit perlu disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Apabila pengguna memiliki kemampuan menjahit yang mahir maka sebaiknya memilih mesin jahit dengan fitur yang lengkap agar dapat terus mengasah kemampuan. Sedangkan untuk pengguna yang baru belajar menjahit sebaiknya memilih mesin jahit dengan fitur sederhana yang tidak membingungkan.

Anggaran adalah faktor penentu berikutnya ketika mencari mesin jahit. Mesin yang dijual dengan harga tinggi tidak selalu bisa mengajarkan teknik menjahit yang baik. Carilah referensi harga mesin jahit terbaik sebelum  memutuskan untuk membeli merek yang diinginkan. Selain itu juga periksa fitur-fitur penting yang dibutuhkan dan jangan membeli mesin dengan banyak fitur yang tidak digunakan sama sekali. Dan faktor terakhir adalah merk, merk ternama biasanya memiliki masa garansi mesin  minimal 2-3 tahun. Beberapa merek juga memiliki kualitas pembuatan yang sangat baik, yang membuat mesin sangat kokoh dan rentan terhadap kerusakan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Nov 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download