Daftar Harga Kuda Tunggangan, Tertarik Memelihara?

06 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Kuda merupakan hewan berjenis mamalia yang hidup di sekitar manusia dan telah dijadikan hewan peliharaan sejak berabad-abad lalu. Selain dapat dikonsumsi daging dan susunya, hewan ini juga kerap dimanfaatkan sebagai alat transportasi, bahkan hingga saat ini.

Bagi kamu yang tertarik memelihara kuda, berikut kami rangkum detail informasi tentang harga kuda di pasaran. Simak terus sampai akhir, ya!

Baca juga: Harga Sosis Kanzler yang Bebas Pengawet dan MSG

Sejarah Kuda Sebagai alat Transportasi

Popularitas kuda sebagai alat transportasi sudah tidak diragukan lagi. Para ahli memprediksi, penggunaan hewan (lembu, keledai, termasuk kuda) sebagai alat transportasi mulai dilakukan secara masif pada sekitar tahun 4000 SM akibat adanya peningkatan kebutuhan manusia akan mobilisasi. Prediksi ini didukung dengan adanya temuan yang menyatakan bahwa terdapat perubahan genetik pada kuda, terutama dalam fungsi otot dan kofnitif.

Pemanfaatan kuda sebagai alat transportasi secara umum dilakukan dengan dua cara. Pertama, sebagai tunggangan dan yang kedua sebagai penarik kereta. Sebagai tunggangan, kuda biasanya digunakan oleh para pengawal, prajurit, dan perangkat istana lainnya dalam perang. Selain itu, kuda juga dilakukan oleh kalangan saudagar dan bangsawan untuk menempuh perjalanan jauh.

 Sementara itu, sebagai penarik kereta, kuda digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang-barang lainnya. Kereta kuda biasanya dapat memuat 3-5 orang dan ditemukan di tempat-tempat umum, seperti pasar dan pusat aktivitas lainnya. Kereta kuda juga digunakan oleh pihak istana untuk mengangkut puteri dan permaisuri kerajaan.

Jenis-Jenis Kuda yang Dijadikan Alat Transportasi

Kuda yang dipilih sebagai alat transportasi adalah kuda dengan jenis paling kuat. Beberapa jenis kuda yang kerap dijadikan alat transportasi dan menjadi favorit berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia antara lain sebagai berikut.

  1. Kuda Arab

Kuda arab merupakan salah satu spesies kuda paling tua yang berasal dari Semenanjung Arab. Tingginya yang mencapai 145 sampai dengan 155 cm dengan berat berkisar 350-450 kg menjadikan kuda jenis ini cocok digunakan sebagai alat transportasi. Apalagi kuda jenis ini juga memiliki daya tahan dan kecepatan yang baik sehingga kerap dijadikan tunggangan ketika perang.

Kuda arab memiliki umumnya berwarna putih, hitam, cokelat, dan abu-abu. Dalam sejarah umat Islam, populasi kuda arab mulai berkembang ketika Rasulullah Saw. memerintahkan orang Arab Badwi untuk menternak dan mengembangbiakkan kuda jenis ini. Kuda arab kemudian berasimiliasi dengan kuda-kuda lainnya dari Eropa, termasuk Inggris dan melahirkan jenis thoroughbred yang mewarisi kekuatan, ketahanan, kelincahan, dan kecepatan kuda arab.

Baca juga: Begini Cara Main Catur yang Tepat Untuk Pemula

  1. Thoroughbred

Jenis kuda lainnya yang populer sebagai alat transportasi adalah kuda jenis thoroughbred. Sebagaimana telah dijelaskan dalam uraian sebelumnya, kuda jenis ini merupakan hasil silang antara ras kuda arab dengan kuda lokal di Inggris.

Karena memiliki garis keturunan kuda arab, maka secara otomatis kuda jenis thoroughbred juga mewarisi beberapa sifat kuda arab. Salah satu karakteristik kuda thoroughbred yang paling terkenal dari kuda jenis ini adalah kelincahannya. Kelincahan dan kecepatan yang dimiliki kuda thoroughbred membuatnya kerap dijadikan sebagai kuda balap. Bahkan, thoroughbred menjadi jenis kuda balap paling terkenal di Benua Amerika.

  1. Morgan

Kuda yang paling banyak diminati selanjutnya ialah kuda morgan. Jenis kuda dengan tinggi mencapai 145 sampai dengan 157 cm dan berap berkisar 408-453 kg ini dikenal sebagai kuda yang ekspresif, kuat, dan bertubuh padat. Meskipun demikian, kuda morgan cenderung ramah dan memiliki temperamen yang baik pada orang asing.

Kuda morgan umumnya berwarna hitam dengan kesan elegan. Orang-orang biasanya menggunakan kuda jenis ini sebagai kuda tunggangan, kuda pacu, dan show jumping. Beberapa instansi militer bahkan menggunakan kuda jenis morgan untuk pasukan berkudanya.

  1. Kuda Kuartal Amerika

Saat menonton acara balap kuda, tepatnya kategori sprint, kamu mungkin akan menemukan potret seekor kuda dengan warna krem atau cokelat muda tengah berlari dengan kecepatan super baik. Jenis kuda ini bernama kuda kuartal amerika. Meskipun tergolong berat (dengan bobot 430 sampai dengan 544 kg), kuda kuartal amerika memiliki kecepatan dan kelincahan sangat baik. Hewan ini dapat berlari cepat jarak pendek dengan kecepatan 88,5 km per jam, lho!

Selain krem dan cokelat muda, kuda kuartal amerika juga memiliki beberapa warna lain, seperti cokelat, hitam, merah kecokelatan, abu-abu, dan putih.

  1. Clydesdale

Salah satu karakteristik unik yang dimiliki oleh kuda jenis clydesdale terletak pada untaian rambut yang tumbuh di sekitar kakinya. Keunikan yang dimilikinya membuat kuda jenis ini kerap dipamerkan dalam acara festival.

Clydesdale merupakan hasil persilangan antara kuda shires, kuda belgia, dan kuda flandria. Dengan tinggi mencapai 162 sampai dengan 182 cm dan berat antara 725 sampai 1.088 kg menjadikan clydesdale sebagai salah satu kuda besar yang digunakan untuk menarik traktor dan mengangkut hasil hutan. Selain itu, clydesdale juga dapat digunakan sebagai kendaraan dalam perang.

Harga Kuda Tunggangan

Setelah membahas sejarah kuda sebagai alat transportasi dan jenis-jenis kuda yang kerap digunakan, selanjutnya akan diuraikan terkait daftar harga kuda yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

Jenis KudaHarga
Kuda arabRp71.000.000,00 sampai dengan Rp427.000.000,00
ThoroughbredRp1.100.000.000,00 sampai dengan Rp2.100.000.000,00
Kuda morganRp350.000.000,00 sampai dengan Rp575.000.000,00
Kuda kuartal amerikaRp430.000.000,00 sampai dengan Rp1.430.000.000,00
ClydesdaleRp140.000.000,00 sampai dengan Rp720.000.000,00 atau lebih

Beberapa jenis kuda tunggangan paling populer tersebut memang memiliki harga yang sangat fantastis, bahkan nyaris sepadan dengan harga mobil canggih keluaran paling baru. Apa yang membuat kuda-kuda tersebut memiliki harga yang luar biasa mahal? Harga kuda yang fantastis tentu saja tidak terlepas dari sejarah, kesehatan, umur, serta kemampuan yang dimiliki oleh kuda-kuda tersebut. 

Jika kamu ingin membeli kuda, tetapi memiliki budget terbatas, ternyata ada beberapa jenis kuda yang harganya masih affordable, lho! Kebanyakan dari jenis kuda tersebut merupakan kuda lokal yang dikembangbiakkan oleh peternak Indonesia. Simak uraian daftar harganya!

Jenis KudaHarga
Kuda sumbawaRp20.000.000,00 sampai dengan Rp30.000.000,00
Kuda pacuRp25.000.000,00 sampai dengan Rp50.000.000,00
Kuda poniRp15.000.000,00 sampai dengan Rp20.000.000,00
Kuda delmanRp15.000.000,00 sampai dengan Rp25.000.000,00
Kuda sundelRp14.000.000,00 sampai dengan Rp15.000.000,00
Kuda bonsaiRp14.000.000,00 sampai dengan Rp15.000.000,00

Demikian detail informasi tentang harga kuda berikut sejarah dan jenis-jenisnya. Secara umum, kuda memang memiliki harga yang cukup mahal, bahkan kuda paling affordable sekalipun harganya masih pada rentang belasan juta. Harga yang fantastis tersebut dikarenakan kuda memiliki kekuatan, daya tahan, dan kemampuan mengangkut manusia dan barang-barang berat lainnya. 

Selain mahal, kuda juga identik dengan perawatan yang rumit. Oleh karena itu, kamu perlu membuat banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca juga: Begini Cara Mencari Tempat Makan Terdekat yang Enak

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download