Tips Memilih dan Harga Charger Laptop Lenovo Original

01 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 01 Jul 2022

Kadang charger laptop bisa rusak karena beberapa hal, sehingga butuh beli yang baru. Misalnya pengguna laptop Lenovo yang rusak chargernya, maka harus cari tahu dulu harga charger laptop Lenovo original. 

Apabila Anda memiliki masalah dengan charger laptop Lenovo seperti hilang atau rusak maka solusi terbaik adalah membeli charger baru. Charger sebagai pengisi daya harus Anda pastikan berfungsi dengan baik. 

Ulasan berikut ini akan membantu Anda memilih charger Lenovo dengan tepat lengkap dengan daftar harganya. Baca sampai akhir ya.

Penyebab Charger Laptop Rusak dan Tips Memilih Charger Original

Bukan perkara mudah memang memilih barang terutama charger dengan kualitas original. Sebelum mencari tahu harga charger laptop Lenovo, ketahui juga penyebab charger laptop rusak. 

Setelah itu, ketahui tips memilih charger laptop yang asli. Sebaiknya Anda hindari membeli versi KW karena akan sangat berdampak pada laptop nantinya. 

1. Asal Cabut Colokannya

Alasan charger laptop bisa rusak, salah satunya adalah karena kebiasaan asal cabut colokan charger setelah dipakai. Kalau tidak hati-hati, maka ada sebagian kabelnya yang putus.

2. Kurang Hati-hati Memasang Konektor

Bukan hanya asal cabut colokan yang bikin charger cepat rusak, tapi juga karena perlakuan pengguna saat memasang konektor ke laptop. Pastikan konektor charger terpasang ke laptop dengan benar.

3. Port Penghubung Error

Kadang port penghubung charger dengan laptop terkena banyak debu atau bahkan kemasukan air. Hal itu membuat adaptor bisa rusak yang membuat charger tidak bisa dipakai.

4. Sering Menggulung Kabel

Kadang Ketika kabel charger dibawa pergi ke sekolah, ke kampus, atau ke tempat kerja, maka harus dimasukkan ke tas. Posisinya juga sebaiknya tidak terlihat ribet di dalam tas, jadi harus digulung. Tapi, ternyata kabel charger yang keseringan digulung dan diurai bisa berisiko kepada kondisi adaptor charger laptop. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone

Tips Merawat Charger Original Agar Tahan Lama

Untuk mendapatkan charger laptop Lenovo original, Anda bisa membaca ulasan di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan Merk dan Tipe Laptop

Setiap laptop memiliki tipe charger yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting memilih charger sesuai merk dan tipe laptop sebelum membelinya. Bahkan laptop dengan merek sama seperti Lenovo tiap tipenya punya standar charger berbeda. Sebagai pembeli, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa spesifikasi laptop agar kelak tidak salah pilih.

2. Memiliki Output dan Tegangan yang Tepat

Tips kedua adalah dengan memperhatikan output dan tegangan yang tepat. Setiap charger punya standar berbeda pada output dan tegangan, biasanya keterangan ini akan tertulis pada laptop. Agar Anda tidak salah pilih, terlebih dahulu baca keterangan pada bagian bawah laptop untuk mengetahui toleransi output dan tegangannya. 

3. Tipe Konektor Harus Sama

Seperti halnya tips pertama, Anda sebagai pembeli penting untuk memperhatikan tipe konektor charger. Masing-masing laptop memiliki tipe konektor berbeda sehingga perlu dilakukan pengetesan terlebih dahulu dengan memasangkan pada laptop. Anda perlu membawa laptop saat membeli charger agar bisa dilakukan pengetesan secara langsung.

4. Saat Diangkat Charger Terasa Berat

Tips terakhir untuk memastikan charger laptop Lenovo original adalah dengan mengangkatnya. Apabila saat diangkat charger terasa berat, maka bisa dipastikan produk 100% original. 

Sebagai calon pembeli yang bijak, Anda bisa memastikan terlebih dahulu apakah alat tersebut berfungsi dengan baik. Selanjutnya cermati harganya, karena harga charger laptop Lenovo umumnya lebih mahal.

Baca juga: Spesifikasi Macbook Air M2 dan Harganya

Daftar Harga Charger Laptop Lenovo dan Spesifikasinya

Lenovo memiliki beragam tipe laptop, sehingga charger tiap tipenya berbeda-beda. Hal ini perlu diperhatikan saat Anda hendak membeli charger. 

Pastikan memilih tipe sama dengan laptop Anda, hal ini dimaksudkan agar proses pengisian daya laptop berjalan lancar. Nah, berikut ini beberapa tipe charger laptop Lenovo beserta harganya. Simak ulasannya di sini.

1. Lenovo Adaptor Charger Laptop 20V 2.25 4017 320-14 Isk 320-14Ikb

Seri yang paling populer di pasaran ada Lenovo Adaptor Charger Laptop 20V 2.25 4017 320-14 Isk 320-14Ikb. Harga charger laptop Lenovo untuk seri ini dijual dengan harga mulai Rp116.250. Sebelum membeli Anda perlu tahun spesifikasinya terlebih dahulu seperti bobot hingga input data. Untuk bobotnya sendiri kurang dari 1 kg dan input datanya 20 V.

2. Adaptor Charger Laptop Lenovo X1 Carbon Type C

Ada juga Adaptor Charger Laptop Lenovo X1 Carbon Type C yang memiliki harga lebih tinggi dari sebelumnya. Untuk charger original, harga charger laptop Lenovo ini mencapai Rp175.000, sedangkan versi KW dijual dengan harga Rp150.000. 

Kedua versi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari segi kualitas tentu versi original lebih unggul daripada KW. Untuk barang elektronik disarankan membeli versi originalnya saja karena tahan lama dan jika dikalkulasikan jauh lebih murah.

3. Charger Laptop Lenovo Ideapad G40-70 G40-30 G410S G400 G400S G50 G50-70

Sebagai pengguna Laptop Lenovo Ideapad G40-70 G40-30 G410S G400 G400S G50 G50-70, Anda pasti membutuhkan charger tipe serupa. Sama seperti charger pada umumnya, tipe ini juga menjual dalam tiga jenis yakni bekas, KW, dan original. 

Apabila Anda membeli bekas dan KW akan mendapat harga di kisaran Rp150.000 seperti yang ada di pasaran. Sementara versi original, harga charger laptop Lenovo ini seharga Rp250.000.

4. Charger Laptop Lenovo IdeaPad 110S-11 110S-11Ibr 110-14Isk 110-14Ast 110-14 110S-11Ibr 2.25A kotak

Anda bisa mendapatkan Charger Laptop Lenovo IdeaPad 110S-11 110S-11Ibr 110-14Isk 110-14Ast 110-14 110S-11Ibr 2.25A kotak di toko resminya. Dengan membeli secara resmi, charger yang Anda dapatkan akan berkualitas baik. 

Dengan harga mulai Rp150.000 Anda akan mendapat spesifikasi charger terbaik di pasaran. Namun, jika memilih versi KW akan dikenakan biaya Rp85.000.

5. Charger Lenovo ThinkPad T410T420T430X200X220X230

Terakhir ada Charger Lenovo ThinkPad T410T420T430X200X220X230 yang punya harga original sangat terjangkau yakni Rp95.000. Tipe ini bisa Anda dapatkan di toko resmi dari Lenovo. Jika membeli melalui platform resmi, Anda akan mendapat beberapa garansi dan terjamin kualitasnya. 

Baca juga: Cara Hapus Akun Spotify di Handphone dan PC

Demikian ulasan mengenai tips memilih charger laptop Lenovo beserta spesifikasi dan daftar harganya. Harga charger laptop Lenovo memang tidak sama. Demi mendapatkan performa yang terbaik, sebaiknya pilih yang original.

Charger memiliki peranan penting terutama kaitannya dengan pengisian daya. Apabila hendak membeli charger baru, jangan lupa gunakan tipe laptop sebagai acuan utama agar tidak salah memilih. Semoga info kali ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download