Spesifikasi Macbook Air M2 dan Harganya

17 Jun 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 17 Jun 2022

Macbook Air kembali jadi sorotan pecinta teknologi di seluruh dunia. Pasalnya, pada acara Apple WWDC (Worldwide Developers Conference) yang digelar pada awal Juni 2022, Apple meluncurkan versi terbaru Macbook Air, yaitu Macbook Air M2. 

Pada 2020, Apple juga sebelumnya merilis Macbook Air dengan inovasi prosesornya dan dinamakan Macbook Air M1. Saat itu, prosesor M1 digadang-gadang sebagai chipset dengan performa terbaik yang hadir dalam kisaran harga belasan juta rupiah.

Macbook Air M2

Namun, apakah Macbook Air M2 juga hadir sebagai top performer pada 2022 dengan harga yang terjangkau? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam artikel berikut. 

Baca juga: Keunggulan Macbook 2021, Semuanya Dibahas di Sini

Spesifikasi Macbook Air M2

Macbook Air M2 hadir dengan berbagai inovasi menarik dibandingkan dengan Macbook Air M1 yang diluncurkan sebagai pendahulunya. Apa saja inovasi yang dibawa? 

Simak spesifikasi Macbook Air M2 berikut ini.

1. Bobot

Macbook Air dikenal sebagai perangkat komputer Apple dengan bobot paling ringan. Nampaknya, perangkat Macbook Air terbaru ini juga berhak menyandang gelar sebagai komputer Apple yang berbobot ringan, yaitu 1.24kg dengan ketebalan sekitar 1cm. 

2. Layar

Perangkat ini hadir dengan layar sebesar 13.6 inci dengan gaya layar “berponi” yang menghadirkan webcam 1080mp untuk mendukung panggilan video yang jernih. Tingkat kecerahan yang mencapai 500nits dengan retina display pada perangkat ini turut hadir memanjakan mata penggunanya. 

3. Chipset, RAM, dan penyimpanan

Chipset Macbook Air M2 terdiri dari prosesor CPU 8-core, GPU 8-core, Neural Engine 16-core, dan memori bandwidth 100GB/s. Kemudian perangkat ini juga dilengkapi RAM 8GB yang memungkinkan untuk diupgrade hingga 24GB.

Spesifikasi Macbook Air M2

Nantinya, pembeli perangkat ini akan diberikan pilihan penyimpanan sebesar 256GB dan 512GB.

4. Perangkat isi ulang

Pada tahun ini, Apple kembali menghadirkan colokan MagSafe untuk perangkat ini. Tak hanya itu, adapter dengan daya 67W yang dilengkapi dengan USB C thunderbolt menjadikan perangkat ini memiliki daya isi ulang yang lebih singkat dibandingkan generasi sebelumnya.

Bahkan, setelah baterai terisi penuh, pengguna bisa menikmati pemakaian unit hingga 18 jam. 

5. Desain unit

Tidak seperti perangkat pada generasi sebelumnya, perangkat ini hadir dengan bodi yang tidak terlalu kaku di setiap sisinya. Selebihnya, ada juga tersedia 2 port USB pada yang berada di sisi kiri.

Terakhir, perangkat ini masih mempertahankan port headphone ukuran 3.5mm yang akan jadi kecintaan pengguna headset berkabel. 

Kapan Macbook Air M2 Dijual di Indonesia?

Kabarnya, perangkat ini akan tersedia untuk dipesan melalui sistem pre order. Masyarakat Indonesia bisa melakukan pesanan pembelian mulai 17 Juni 2022 melalui iBox.

Pastikan kamu tidak melewatkan periode pre-order karena biasanya akan ada promo menarik selama waktu tersebut.

Baca juga:  Spesifikasi Macbook Pro Terlengkap

Perkiraan harga Macbook Air M2 di Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, pada bagian penyimpanan, ada dua pilihan storage memory yang tersedia, yaitu 256GB dan 512GB. Untuk perangkat Macbook Air terbaru dengan penyimpanan 256GB, dikabarkan berada pada kisaran harga 17 juta rupiah. Sedangkan, untuk penyimpanan yang lebih besar, yaitu 512GB berada pada kisaran harga 19 juta rupiah.

Mana yang Lebih Baik, Beli Macbook Air M1 atau M2?

Bagi pecinta produk Apple, mungkin pertanyaan di atas akan cukup populer karena dengan adanya Macbook Air M2, harga jual Macbook Air M1 kemungkinan mengalami penurunan.

Apakah dugaan tersebut benar adanya?

Nyatanya, hingga Macbook Air 2022 dirilis, Apple menyatakan bahwa harga Macbook Air M1 masih berada pada kisaran harga USD 999, atau sekitar 14 juta rupiah dan belum ada sinyal pergerakan harga sejauh ini. 

Jika kamu berencana untuk memperbarui perangkat Macbook Air 2020 dengan perangkat ini, rasanya cukup disayangkan jika harus merogoh kocek setidaknya 17 juta rupiah hanya dalam jangka waktu 2 tahun rilis. Apalagi, jika kamu menggunakan perangkat saat ini untuk kegiatan pekerjaan yang cukup ringan.

Harga Macbook Air M2

Namun, jika saat ini kamu bukan pengguna Apple dan ingin merasakan kehebatan prosesor M dari Apple, mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan Macbook Air M1 karena tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

Lain halnya jika kamu memiliki dana lebih yang sesuai dengan harga Macbook Air M2 dan membutuhkan laptop serba cepat untuk pekerjaan berat, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri pre order perangkat pada 17 Juni.

Baca juga:  Kenapa iPhone Terbilang Sebagai Barang Mewah? Simak Alasannya di Sini

Itulah ulasan singkat tentang harga dan spesifikasi Macbook Air M2. Tertarik membelinya?
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik

17 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download