Cara Hapus Akun Spotify di Handphone dan PC

06 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Spotify adalah sebuah platform streaming musik yang diluncurkan pertama kali pada 7 Oktober 2008 di Stockholm, Swedia. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh platform ini ialah musik-musik yang disiarkan memiliki perlindungan hak cipta digital. Sederhananya, dengan mendengarkan musik melalui Spotify, kamu telah mendengar musik secara legal yang secara langsung maupun tidak langsung menjadi upaya apresiasi yang baik untuk menghargai karya para musisi.

Cara Hapus Akun Spotify di Handphone dan PC

Untuk menggunakan Spotify, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun bisa dibuat dengan menggunakan email atau kamu juga bisa log in langsung melalui Facebook dan Google. Meskipun memiliki banyak fitur yang unik dan menawarkan kenyamanan mendengarkan musik, beberapa pengguna bisa saja merasa bosan dan berpikir ingin menghapus akun Spotify.

Artikel ini akan menjelaskan seputar cara hapus akun Spotify, baik di handphone maupun PC (laptop). Baca panduannya berikut, yuk!

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Ngelag pada Windows 10

Spotify dan Berbagai Fitur yang Disediakan

Sebelum membahas terkait panduan menghapus akun Spotify, berikut kami uraikan sekilas informasi terkait platform tersebut beserta berbagai fitur yang disediakannya.

Spotify hadir dalam dua versi, yaitu versi gratis dan premium. Keduanya memiliki perbedaan dalam segi fitur. Pada penggunaan versi gratis, terdapat banyak batasan, misalnya tidak bisa memutar musik pada playlist sesuai keinginan karena hanya daftar musik hanya tersedia secara shuffle (putar acak) juga terdapat beberapa lagu yang tidak tersedia secara gratis. Selain itu, ketika memutar lagu dalam mode gratis juga biasanya terganggu oleh iklan.

Hal yang sama tidak berlaku jika kamu menggunakan versi premium. Hanya dengan membayar sejumlah Rp49.990 per bulan, kamu bisa menikmati segala fitur yang tersedia tanpa harus terbatasi oleh berbagai hal.

Di antara beberapa fitur yang dapat dinikmati melalui platform ini antara lain sebagai berikut. Pertama, kamu dapat mendengarkan musik sesuai dengan genre. Spotify mengelompokkan lagu dalam genre-genre tertentu, seperti pop, indie, jazz, dangdut, RnB, edm, dan lain-lain. Kamu juga dapat mengakses lagu sesuai dengan mood kamu pada saat itu karena Spotify memiliki daftar playlist sesuai mood, seperti playlist “Fokus”, “Chill”, “Party”, dan lain-lain. Selain itu, Spotify juga membuat playlist berdasarkan musisi, seperti “This is Raisa”, “This is Peterpan”, “Olivia Rodrigo”, dan lain-lain sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mengakses lagu dari musisi favoritnya.

Fitur lainnya yang disediakan Spotify yakni mendengarkan lagu secara offline. Meskipun Spotify berbasis “streaming” yang mana mengharuskan kamu untuk menyalakan jaringan internet, tetapi lagu-lagu yang tersedia di Spotify dapat didengarkan secara offline, caranya yakni dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

Selanjutnya, Spotify menyediakan fitur “Music Quality”. Fitur ini memungkinkan kamu dapat mendengarkan musik-musik tersebut dengan kualitas paling tinggi. Kamu cukup meng-klik bagian pengaturan lalu mengatur “Music Quality” menjadi “high quality streaming”. Fitur ini tentu saja hanya dapat digunakan oleh pengguna premium.

Spotify juga menyediakan fitur mendengarkan musik dengan lirik, lho! Fitur ini sangat membantu terutama bagi kamu yang senang mendengarkan musik sambil ikut menyanyikannya. Hal unik lainnya ialah kamu juga bisa mendengarkan musik pada malam hari tanpa takut tertidur karena kamu bisa menyalakan fitur “timer tidur” yang membuat Spotify dapat berhenti secara otomatis dalam 15 menit, 30 menit, dan rentang waktu lainnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cara Hapus Akun Spotify di Handphone dan PC

Selain berbagai fitur tersebut, pengguna juga dapat membagikan musik yang mereka dengarkan ke platform lain, seperti Instagram, WhatsApp, Twitter, serta dapat saling berbagi playlist dengan sesama pengguna lainnya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Uninstall

Cara Hapus Akun Spotify

Setelah mengetahui informasi seputar Spotify dan berbagai fitur yang disediakannya, berikutnya akan kami uraikan panduang menghapus akun Spotify di handphone dan PC (laptop). 

  1. Cara Hapus Akun Spotify di Handphone

Untuk menghapus akun Spotify di handphone, pertama-tama kamu perlu masuk pada akun Spotify-mu terlebih dahulu, setelah itu, masuk ke halaman pengaturan. Halaman pengaturan akan memuat beberapa pilihan (menu), seperti Advertisement, About, Terms and Condition, Privacy Policy, Support, dan pengaturan lainnya.

Setelah itu, pilih menu Support dan Spotify akan membawamu ke halaman dukungan melalui browser HP. Setelah browser menunjukkan tampilan “Apa yang Dapat Kami Bantu?”, ketikkan “tutup akun” pada fitur pencarian. Tidak lama kemudian akan muncul opsi “Tutup akun kamu” pada layar lalu klik.

Pada halaman berikutnya akan muncul beberapa pilihan, seperti “Langganan”. “Akun kamu”, “Masuk”, “Masalah teknis”, “Ide/masukan”, dan lain-lain. Pilih opsi “Akun kamu”. Setelah itu, klik menu “Saya akan menutup akun” pada halaman selanjutnya. Jika ada pertanyaan seputar pertimbangan menghapus akun, segera setujui dan tunggu beberapa saat sampai Spotify mengirimkan link persetujuan menghapus akun melalui email.

Dengan meng-klik opsi hapus akun maka kamu tidak dapat mengembalikan akunmu lagi. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat pertimbangan matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghapusnya, ya!

  1. Cara Hapus Akun Spotify di Laptop (PC)

Selain melalui handphone, cara hapus akun Spotify juga dapat dilakukan melali laptop (PC). Panduannya ialah sebagai berikut. 

Untuk menghapus akun Spotify melalui laptop (PC) caranya tidak jauh berbeda dengan menghapus akun Spotify melalui handphone. Pertama-tama, buka aplikasi Spotify terlebih dahulu lalu lakukan log in dengan menggunakan email atau Facebook dan Google yang sudah pernah kamu daftarkan.

Setelah log in, klik ikon profil yang terletak di kanan atas bagian pojok lalu akan muncul beberapa opsi, seperti Account, Profile, Private session, Settings, dan Log out. Pilih menu “Account”. Tidak lama kemudian, Spotify akan mengarahkanmu ke halaman browser. Di halaman browser akan muncul tampilan log in, masukkan kembali email dan password-mu.

Jika sudah berhasil log in Spotify di halaman browser, langkah selanjutnya ialah memilih opsi “Support” pada bagian atas. Stelah meng-klik menu “Support”, browser akan menunjukkan tampilan search bar. Kamu dapat mengetikkan menu “Tutup akun” pada bagian pencarian lalu klik enter atau pencet ikon berbentuk kaca pembesar.

Berikutnya, browser akan kembali menampilkan beberapa pilihan, pastikan kamu memilih menu “Tutup akun kamu” lalu klik “Akun kamu” dan pilih “Saya mau menutup akun saya”. Sebelum akun terhapus, kamu akan dimintai konfirmasi terlebih dahulu. Jika sudah dihapus, akun tidak dapat dikembalikan lagi.

Demikian sekilas informasi tentang Spotify, berbagai fitur yang menyertainya, serta panduan cara hapus akun Spotify, baik di handphone maupun di laptop (PC). Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Cara Buat iCloud di Iphone Paling Mudah dan Cepat

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download