7 Rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone

25 Jun 2021 by Laruan
7 Rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone

Aktivitas manusia modern tidak bisa dilepaskan dari peran smartphone, baik itu untuk bekerja maupun sekadar mencari hiburan. Kapasitas baterai ponsel menjadi salah satu poin penting yang bisa mendukung kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar meng-install aplikasi penghemat baterai untuk mendukung kinerja smartphone.

Google Play Store menawarkan berbagai pilihan aplikasi untuk menghemat baterai smartphone Android. Hampir semua aplikasi tersebut gratis, sehingga jangan ragu untuk mengunduhnya. Berikut ini 7 rekomendasi aplikasi dari kami.

1. Battery Saver (rating 4.1)

Battery Saver sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android. Statistik ini tentu bisa menjadi jaminan kualitas bagi Sobat Pintar yang masih ragu memilih aplikasi untuk menghemat baterai ponsel. Battery Saver memiliki beberapa fitur andalan, yaitu Battery Cooler, Healthy Charge Master, dan Widget. Battery Cooler dapat menghindarkan baterai ponsel dari kondisi panas.

2. Avira Optimizer (rating 4.4)

Banyak pengembang antivirus yang menelurkan aplikasi penghemat baterai, salah satunya adalah Avira. Aplikasi Avira Optimizer sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna. Rating di Google Play Store juga cukup baik.

Avira Optimizer menawarkan beberapa fitur seperti Intelligent Battery Booster, Memory Scanner, RAM Cleaner, Cache Cleaner, dan Apps Manager. Fitur RAM Cleaner bisa diandalkan bagi Sobat Pintar yang gemar bermain game di ponsel.

3. Kaspersky Battery Life (rating 4.5)

Pengembang antivirus besar lain yang ikut meramaikan kompetisi adalah Kaspersky. Statistiknya di Google Play Store juga sangat menjanjikan karena tercatat sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Kaspersky Battery Life memiliki fitur Widget dan Boost yang bisa digunakan untuk menghemat kondisi baterai.

Jika Sobat Pintar lebih nyaman menggunakan produk dari nama besar, maka Kaspersky Battery Life bisa menjadi opsi.

4. Green Battery Saver (rating 4.5)

Saat mengunci ponsel, terkadang Sobat Pintar tidak sadar masih mengaktifkan aplikasi yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Kondisi seperti itu cukup menghabiskan daya baterai. Jangan takut, Green Battery Saver bisa menyelesaikan masalah tersebut. 

Aplikasi ini juga menawarkan fitur andalan lain, seperti Charging Boost, Battery Protection, dan Power Consumption Rank. Green Battery Saver akan meningkatkan performa smartphone Android Sobat Pintar.

5. AccuBattery (rating 4.6)

Aplikasi penghemat baterai berikutnya yang mencatatkan statistik fantastis adalah AccuBattery. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Melalui AccuBattery, Sobat Pintar bisa melihat penggunaan baterai untuk setiap aplikasi. Sehingga, Sobat Pintar bisa menutup beberapa aplikasi yang menyedot daya terbanyak.

Adapun AccuBattery akan mampu menampilkan statistik tersebut setelah terinstall di smartphone selama 1-2 hari.

6. Dfndr Battery (rating 4.6)

Aplikasi dfndr Battery menawarkan beragam fitur andalan untuk menghemat daya baterai, seperti Battery Cooler, Quick Optimization, dan Super Optimization. Fitur Battery Cooler bermanfaat untuk menurunkan suhu baterai saat sedang di-charge.

Meski namanya cukup sulit dieja, aplikasi ini cukup terkenal hingga sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android. Rating dnfdr Battery juga tergolong tinggi.

7. Battery Doctor (rating 4.8)

Aplikasi Battery Doctor dipercaya mampu mempertahankan baterai ponsel untuk tetap hidup hingga dua hari. Seperti aplikasi penghemat daya pada umumnya, Battery Doctor menonaktifkan aplikasi yang masih berjalan, padahal sudah tidak lagi dipakai. 

Itulah 7 rekomendasi aplikasi penghemat baterai smartphone terbaik yang bisa Sobat Pintar pertimbangkan. Selain meng-install aplikasi penghemat, ada baiknya Sobat Pintar juga melakukan tindakan preventif untuk menjaga performa baterai ponsel, misalnya tidak berlebihan saat men-charge.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk