8 Aplikasi Boros Baterai yang Harus Anda Waspadai

25 Jun 2021 by Laruan
8 Aplikasi Boros Baterai yang Harus Anda Waspadai

Seringkali Sobat Pintar bingung kenapa baterai ponsel cepat habis padahal Sobat Pintar tidak banyak menggunakannya di hari itu. Tanpa disadari, smartphone Sobat Pintar memiliki banyak aplikasi boros baterai yang terus berjalan sebagai background meski tidak aktif. Selain menyedot daya baterai, aplikasi tersebut juga memakan banyak kuota internet!

Usut punya usut, kebanyakan aplikasi penyedot baterai dan kuota internet sebenarnya adalah aplikasi-aplikasi populer. Kemungkinan besar smartphone Sobat Pintar juga memilikinya. Berikut ini kami buatkan daftar aplikasi ponsel yang tergolong boros baterai.

1. Facebook

Aplikasi penghisap baterai dan internet umumnya memiliki karakteristik yang serupa, yaitu mengandung konten suara, foto, dan video. Saat Sobat Pintar baru membuka sebuah aplikasi online, biasanya ada jeda beberapa detik hingga foto atau video muncul satu persatu. Jeda itu terjadi karena alasan yang sama, aplikasi perlu waktu untuk load materinya.

Facebook menyadari hal ini, sehingga mereka meluncurkan aplikasi Facebook Lite yang lebih ringan dan ramah baterai.

2. Snapchat

Survei menyatakan bahwa pengguna mengakui smartphone mereka menjadi lebih ringan setelah meng-uninstall Snapchat. Begitu banyaknya filter foto dan video yang tersemat di dalamnya menjadikan Snapchat sebagai salah satu aplikasi boros baterai teratas.

Namun, Sobat Pintar tidak perlu gegabah menghapus aplikasi ini karena ada solusi yang bisa dilakukan. Sobat Pintar bisa memilih fitur Travel Mode di Snapchat untuk mencegahnya melakukan loading video dan foto.

3. Tinder

Karakteristik aplikasi penyedot baterai lainnya adalah adanya request untuk mendeteksi lokasi. Tinder tentu memiliki fitur tersebut mengingat aplikasi ini berfungsi untuk mempertemukan pengguna yang berada pada radius jarak tertentu. Tinder menunjang kehidupan sosial Sobat Pintar, tetapi itu harus dibayar mahal dengan borosnya baterai ponsel.

Solusi yang bisa Sobat Pintar lakukan adalah mematikan semua notifikasi agar daya baterai yang terserap Tinder ikut berkurang.

4. TikTok

Aplikasi yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir ini tidak hanya boros baterai, tetapi juga kuota internet dan RAM. Bayangkan saja, penggunanya harus mengaktifkan internet dan kamera secara bersamaan saat mengoperasikan TikTok. Saat scroll aplikasi, tidak terasa Sobat Pintar menonton video satu persatu hingga muncul notifikasi ponsel perlu di-charge

5. YouTube

YouTube jelas menjadi aplikasi boros baterai karena mengharuskan penggunanya untuk melakukan streaming video. Langkah pencegahan yang bisa Sobat Pintar lakukan adalah mengatur tingkat pencahayaan ponsel ke level minimal sehingga konsumsi baterai berkurang. Selain itu, hindari penggunaan earphone bluetooth yang turut menambah penggunaan baterai.

Sama seperti Facebook, YouTube juga menghadirkan aplikasi versi lebih ringan bernama YouTube Go yang didesain khusus untuk smartphone.

6. Netflix

Mirip seperti YouTube, aplikasi Netflix dinikmati secara streaming online sehingga sangat boros baterai dan kuota internet. Saat menonton film di Netflix, aplikasi akan menampilkan sistem pengaturan cahaya yang berbeda dengan di ponsel. Sobat Pintar dapat mengatur kembali level kecerahan layar agar tidak terlalu menyedot baterai.

7. Aplikasi Berita

Aplikasi berita memang memberikan informasi yang berharga kepada pembacanya. Namun, aplikasi ini sangat menguras baterai karena berita baru selalu muncul dan ponsel Sobat Pintar dipaksa untuk refresh terus-menerus. 

Sobat Pintar bisa menonaktifkan aplikasi saat tidak dipakai. Metode lain adalah membaca berita online melalui website saja, tidak perlu sampai meng-install aplikasi.

8. Aplikasi Bawaan Samsung

Salah satu hal yang menyebalkan adalah Android Sobat Pintar memiliki banyak aplikasi bawaan yang terinstall secara otomatis, termasuk pengguna smartphone Samsung. Sobat Pintar mungkin tidak banyak memakainya, tetapi aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan di background.

Jadi itulah 8 aplikasi boros baterai yang perlu Sobat Pintar waspadai. Untuk mengakalinya, Sobat Pintar bisa mengunduh aplikasi optimasi baterai di Google Play Store, seperti DU Battery Saver dan Avast Battery Saver.

7 Rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk