Mudah! Excel Contoh Laporan Keuangan Sederhana

20 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Dalam mengelola keuangan baik itu untuk keperluan pribadi, bisnis kecil, atau organisasi, penting untuk memiliki laporan keuangan yang teratur dan akurat. Laporan keuangan sendiri merupakan suatu alat yang dianggap penting ketika menganalisis kesehatan finansial, menilai kinerja, dan membuat keputusan yang cerdas. 

Salah satu cara yang efektif untuk membuat laporan keuangan adalah dengan menggunakan Excel. Excel adalah program spreadsheet yang populer dan powerful yang dapat membantu mengatur data keuangan dan menghasilkan laporan dengan mudah. Dalam artikel terbaru ini, kami akan mengungkapkan Excel contoh laporan keuangan sederhana yang dapat dibuat dengan menggunakan program ini.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Excel

Excel Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Pertama-tama, penting untuk mengetahui elemen-elemen dasar yang perlu ada dalam sebuah laporan keuangan. Ada tiga laporan keuangan utama yang harus dimiliki: mulai dari laporan laba rugi (income statement), lalu ada neraca (balance sheet), serta ada juga laporan arus kas (cash flow statement). Ketiga laporan ini saling terkait dan memberikan gambaran lengkap tentang kondisi keuangan.

1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Laporan laba rugi memberikan gambaran tentang pendapatan dan pengeluaran selama periode waktu tertentu. Berikut adalah Excel contoh laporan keuangan sederhana  laba rugi dalam program Excel:

Contoh Laporan Laba Rugi

PendapatanBiayaLaba Bersih
Pendapatan KotorRp 10,000,000
BiayaRp 60,000,000
Laba BersihRp 40,000,000

Dalam excel contoh laporan keuangan sederhana di atas, pendapatan kotor adalah total pendapatan sebelum dikurangi biaya. Biaya sendiri merupakan jumlah pengeluaran yang telah dikeluarkan guna menjalankan bisnis atau aktivitas tertentu. Laba bersih adalah selisih antara pendapatan kotor dan biaya, yang merupakan keuntungan yang dihasilkan selama periode waktu tersebut.

2. Neraca (Balance Sheet)

Neraca menyajikan posisi keuangan pada suatu titik waktu. Berikut adalah excel contoh laporan keuangan sederhana untuk format neraca dalam program Excel:

Contoh Neraca

AsetKewajibanEkuitas
KasRp50,000,000
PiutangRp20,000,000
Total AsetRp70,000,000
UtangRp30,000,000
ModalRp40,000,000
Total KewajibanRp30,000,000
Total EkuitasRp40,000
Total KewajibanRp70,000,000Rp70,000,000

Dalam excel contoh laporan keuangan sederhana di atas, aset adalah semua yang dimiliki oleh entitas tersebut, seperti uang tunai dan piutang. Kewajiban adalah semua utang dan kewajiban yang harus dibayarkan oleh entitas. Ekuitas adalah selisih antara aset dan kewajiban, yang merupakan total nilai yang dimiliki oleh seorang pemilik atau bisa juga disebut pemegang saham.

3. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas menyajikan arus masuk dan keluar uang selama periode waktu tertentu. Berikut adalah excel contoh laporan keuangan sederhana format laporan arus kas sederhana dalam Excel:

Contoh Laporan Arus Kas

Arus Kas Dari Aktivitas OperasionalArus Kas Dari Aktivitas InvestasiArus Kas Dari Aktivitas PendanaanArus Kas Bersih
Arus MasukRp80,000,000Rp0Rp30,000,000Rp110,000,000
Arus KeluarRp 60,000,000Rp 20,000,000Rp 20,000,000Rp 10,000,000
SelisihRp 20,000,000(Rp20,000,000)Rp10,000,000Rp10,000,000

Dalam excel contoh laporan keuangan sederhana di atas, arus kas dari aktivitas operasional mencerminkan uang yang diterima dan dibayarkan dalam menjalankan kegiatan operasional. Arus kas dari aktivitas investasi mencerminkan uang yang diterima dan dibayarkan dalam investasi seperti pembelian aset tetap atau investasi lainnya. 

Arus kas dari aktivitas pendanaan mencerminkan uang yang diterima dan dibayarkan dalam kegiatan pendanaan seperti pinjaman atau investasi ekuitas. Arus kas bersih dapat diartikan sebagai selisih antara jumlah keseluruhan arus masuk serta arus keluar.

Dengan menggunakan Excel, Anda dapat dengan mudah menghitung dan menyajikan data keuangan dalam format yang rapi dan teratur. Selain itu, Excel juga menyediakan berbagai rumus dan fungsi yang dapat membantu Anda melakukan perhitungan dan analisis yang lebih kompleks.

Dalam excel contoh laporan keuangan sederhana di atas, laporan keuangan sederhana telah disajikan menggunakan format dasar dalam Excel. Namun, Anda dapat mengkustomisasi laporan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menambahkan lebih banyak kategori, rumus, grafik, atau elemen lainnya yang relevan dengan situasi keuangan Anda.

Baca juga: Catat! Ini Rumus Excel Yang Paling Sering Dipakai

Tips Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Membuat laporan keuangan sederhana yang akurat dan efektif adalah langkah penting dalam mengelola keuangan Anda. Berikut ini merupakan beberapa tips yang sekiranya bisa membantu Anda ketika ingin membuat laporan keuangan sederhana.

Tentukan Tujuan Laporan Keuangan

Sebelum mulai membuat laporan keuangan, tentukan tujuan Anda dengan jelas. Apakah Anda ingin melihat performa keuangan bulanan, mengidentifikasi tren pengeluaran, atau memantau pertumbuhan pendapatan? Dengan menentukan tujuan, Anda dapat fokus pada informasi yang relevan dalam laporan keuangan.

Pilih Format yang Tepat

Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan spreadsheet Excel untuk membuat laporan keuangan. Gunakanlah kolom serta baris yang sudah terorganisir dengan baik dan benar untuk menyajikan informasi secara sistematis serta mudah dibaca.

Identifikasi Komponen Utama

Pastikan laporan keuangan mencakup komponen utama seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Laporan laba rugi mencatat pendapatan dan biaya, neraca mencerminkan posisi keuangan pada suatu titik waktu, dan laporan arus kas melacak arus masuk dan keluar uang.

Rekam dan Kategorikan Transaksi

Rekam semua transaksi keuangan Anda dengan teliti. Pisahkan transaksi berdasarkan kategori yang relevan seperti pendapatan, biaya, aset, dan kewajiban. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi serta dalam menganalisis komponen keuangan dengan lebih baik.

Gunakan Rumus dan Fungsi Excel

Manfaatkan rumus dan fungsi Excel untuk menghitung dan menganalisis data secara otomatis. Excel menyediakan berbagai rumus matematika dan fungsi logika yang dapat mempermudah perhitungan, pengurutan, dan filter data.

Sederhana dan Mudah Dibaca

Pastikan laporan keuangan sederhana Anda mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. Gunakan judul yang jelas, tampilkan angka dengan format yang konsisten, dan tambahkan grafik atau diagram jika diperlukan untuk menggambarkan tren atau perbandingan.

Periksa Kesalahan

Selalu periksa dan perbaiki kesalahan dalam laporan keuangan. Pastikan angka-angka dan rumus terhitung dengan benar. Kesalahan kecil dalam laporan keuangan dapat menyebabkan kesalahan pengambilan keputusan yang besar.

Perbarui dan Evaluasi Secara Berkala

Laporan keuangan perlu diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan terbaru dalam keuangan Anda. Evaluasi laporan keuangan secara berkala akan membantu Anda melacak perkembangan, mengidentifikasi masalah, dan membuat strategi perbaikan.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat membuat laporan keuangan sederhana yang memberikan pemahaman yang baik tentang keuangan Anda. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan lebih efisien dan membuat keputusan yang cerdas untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Baca juga: Rumus Excel: Memahami Dasar-dasar yang Kerap Digunakan dalam Keseharian

Dengan menggunakan excel contoh laporan keuangan sederhana di atas, Anda dapat memonitor keuangan Anda dengan lebih efektif, membuat keputusan yang lebih cerdas, dan mengatur keuangan Anda dengan lebih baik. Excel memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengelola data keuangan dan menyajikan laporan yang jelas dan mudah dibaca.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download