Cara Membuat Grafik di Excel

19 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 29 Apr 2022

Microsoft Excel adalah aplikasi olah data yang dibuat oleh perusahaan software Microsoft. Selain untuk mengolah data, ada beberapa fungsi lain yang dapat dilakukan oleh Excel salah satunya ialah membuat grafik. Cara membuat grafik di excel ternyata begitu mudah.

Pekerjaanmu akan lebih mudah jika dapat membuat grafik di excel. Beberapa bagian menjadi lebih ringkas dan efisien. Langkah-langkah dalam membuat grafiknya pun sangat jelas, jadi kamu bisa dengan cepat untuk mempelajarinya.

Apabila kamu masih bingung tentang cara membuat grafik di Excel, pada artikel kali ini Kredit Pintar akan menjelaskan mulai dari penjelasan apa itu grafik, fungsi grafik, jenis-jenis grafik, sampai cara membuat grafik di Excel. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat

Baca Juga: Inilah Cara Pdf ke Word atau Sebaliknya dengan Mudah

Cara Membuat Grafik di Excel

1. Memberi Judul Grafik

  1. Untuk grafik yang telah ada chart title di dalamnya, kalian hanya perlu menekan pada bagian chart title di grafik lalu blok dan ganti dengan judul yang diinginkan
  2. Lalu untuk grafik yang belum ada chart title di dalam objek grafik, dapat ditambahkan dengan cara sebagai berikut:
    1. Tekan di sembarang bagian grafik agar chart tools muncul
    2. Pilih menu design
    3. Pilih add chart element pada menu layout
    4. Tekan Chart title
    5. Tekan above chart guna memberi judul di atas grafik, 
    6. Klik centered overlay guna memberi judul di tengah grafik
    7. Lalu akan muncul chart title pada grafik
    8. Sunting nama chart title sebagaimana cara di atas

2. Menampilkan Judul axis vertikal dan horizontal untuk grafik batang

  1. Tekan di bagian grafik agar chart tools muncul
  2. Pilih menu layout
  3. Tekan axis title
  4. Klik primary horizontal untuk menambah judul axis horizontal
  5. Klik primary vertikal untuk memberi judul axis vertikal
  6. Lalu kemudian muncul axis title di dalam grafik
  7. Ubah nama axis sebagaimana cara di atas

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Membuat Halaman di Word

3. Menampilkan Judul kategori untuk grafik lingkaran

  1. Klik di sembarang bagian grafik agar chart tools muncul
  2. Pilih menu layout
  3. Tekan data labels
  4. Klik posisi judul kategori yang sesuai
  5. Lalu kemudian muncul judul kategori pada grafik
  6. Ubah judul kategori seperti cara pada nomor 5a

Jenis-Jenis Grafik dan Fungsinya

Terdapat beberapa jenis grafik. Berikut di antaranya

  1. Column, merupakan grafik yang berbentuk diagram batang yang arahnya ke atas. Pembagian bentuknya ditentukan dengan kategori di sepanjang sumbu horizontal serta nilai(value) pada sepanjang sumbu vertikal.
  2. Bar merupakan grafik dengan bentuk diagram batang yang mengarah ke samping serta digunakan untuk menggambarkan perbandingan di antara item-item individual. Pada grafik bar, kategori diatur di sepanjang sumbu vertikal serta nilai(value) diatur pada sepanjang sumbu horizontal. 
  3. Pie, merupakan grafik yang berbentuk diagram lingkaran (kue) serta menunjukkan nilai data dengan bentuk bagian atau persentase. 
  4. Line, merupakan grafik dengan bentuk garis serta menampilkan data secara berkelanjutan dari waktu ke waktu dalam sumbu yang diskalakan secara merata. Grafik ini pada umumnya digunakan untuk menunjukkan tren data misalnya bulan, kuartal, maupun tahun.
  5. Area, merupakan grafik yang digunakan untuk melihat alur perubahan data dari waktu ke waktu. Sedangkan bagan area pada grafik ini memiliki fungsi menunjukkan hubungan bagian-bagian dalam keseluruhan. 
  6. Surface, adalah grafik dengan bentuk 3D dan permukaanya berguna saat Anda ingin menemukan gabungan optimal antara dua kumpulan data. Sebagaimana pada peta topografi, warna serta pola menunjukkan area yang ada dalam kisaran nilai yang sama.
Cara Membuat Grafik dengan Microsoft Excel dalam 5 Menit

Beberapa hal terkait grafik di excel

1. Menambah elemen pada grafik

Elemen adalah bagian-bagian yang bisa membuat grafik Anda menjadi lebih detail seperti, garis bantu, angka di setiap bar, dan lainnya. Untuk menambah maupun mengurangi elemen ini, Anda hanya perlu mengklik grafik serta secara otomatis akan muncul icon (+) pada bagian samping kanan. Kemudian Anda hanya perlu menceklis elemen yang ingin dimasukkan atau dihilangkan. 

2. Mengubah style serta warna grafik

Adapun cara mengubah bentuk tampilan grafik tidak jauh beda dengan menambah elemen. Anda tinggal mengklik ikon kuas di bagian samping grafik. Nantinya kemudian muncul beragam bentuk grafik pada pilihan style serta pilihan tema warna pada pilihan color.

3. Mengedit value grafik

Selain Mengubah tema, Anda juga dapat mengedit value maupun nilai-nilai yang terdapat pada grafik. Dengan mengklik ikon filter yang terdapat di samping grafik, Anda dapat menambah atau menghilangkan value.  Misalnya Anda bisa melihat gambar di bawah. 

Pada grafik, Anda dapat melihat beberapa value seperti series adalah nama bulan serta categories untuk value pemasukan per minggu. Contohnya dengan menghilangkan ceklis pada ‘Pemasukan Minggu 3’, maka bar serta value ‘Minggu 3’ kemudian hilang pada grafik. 

4. Cara Mengubah tampilan layout serta label sumbu grafik 

Apabila Anda ingin mengubah tampilan layout serta label grafik, lakukan cara ini

  1. Klik pada menu grafik.
  2. Pilih menu Chart Design.
  3. Dari sini Anda bisa mengatur kembali layout judul grafik, label sumbu serta legenda. 
  4. Apabila Anda ingin mengubah format legenda dalam grafik lebih jauh, klik di bagian atas legenda serta buka sidebar Format Legend. 

Hal yang sama juga dapat Anda lakukan apabila ingin memformat bagian lain pada grafik kamu. Klik pada setiap unsur serta temukan jendela Format guna mengaturnya. 

5. Cara mengubah ukuran bagan legenda dan label sumbu grafik

Ketika membuat grafik di Excel bisa jadi ukuran sumbu serta label agenda yang Anda buat agak kecil. Apabila Anda ingin membuat label itu lebih mudah dibaca, Anda bisa meningkatkan ukuran label grafik Anda dengan cara berikut:

  1. Klik label satu per satu.
  2. Pilih menu Home.
  3. Kemudian pilih jenis serta ukuran font sesuai keinginan di menu dropdown. 
√ Cara membuat Grafik di Excel (Versi Lengkap)

6. Ubah Pilihan pengukuran sumbu Y Apabila diinginkan

Apabila Anda ingin mengubah jenis maupun batas pengukuran yang ditampilkan pada sumbu Y, lakukan beberapa tahapan berikut: 

  1. Pilih pada persentase sumbu Y di grafik untuk memperlihatkan jendela “Format Axis”. 
  2. Aturlah batas minimum serta maksimum yang ingin diletakkan pada opsi sumbu Y. Contohnya mengatur batas minimum 0  serta batas maksimum 100 maupun lebih. 

Demikian informasi mengenai cara membuat grafik di Excel yang disajikan Kredit Pintar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Catat! Ini Rumus Excel Yang Paling Sering Dipakai

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download