Diet Setelah Lebaran, Pasti Berhasil Dengan 5 Cara Ini

12 May 2021 by Rindang Maulidia
Jika Sobat Pintar merasa tidak nyaman dengan kenaikan berat badan setelah lebaran, maka tidak ada salahnya Sobat Pintar mencoba menerapkan berbagai tips diet setelah lebaran.

Diet setelah lebaran, pasti berhasil dengan 5 cara ini. — Lebaran adalah momen dimana kita semua biasa merayakannya dengan berbagai menu spesial khas lebaran, seperti; ketupat, rendang, opor ayam, sambal goreng kentang, kue nastar, kue kaastengels, dan berbagai hidangan spesial lainnya.

Setelah menikmati berbagai hidangan nikmat khas lebaran, terkadang tanpa terasa tiba-tiba ukuran baju dan celana terasa sesak, padahal selama puasa ramadan sebelumnya, Sobat Pintar sudah mulai bisa mengenakan berbagai pakaian yang tadinya terlalu sesak untuk dikenakan.

Jika Sobat Pintar merasa tidak nyaman dengan kenaikan berat badan setelah lebaran, maka tidak ada salahnya Sobat Pintar mencoba menerapkan berbagai tips diet setelah lebaran. 

Tips diet setelah lebaran berikut ini memang tidak menjamin Sobat Pintar langsung berhasil dalam sekali percobaan, namun Sobat Pintar perlu menerapkannya secara konsisten agar metabolisme tubuh membaik, sehingga tubuh bisa membakar kalori dan lemak dengan lebih baik.

1. Tingkatkan konsumsi air putih saat lebaran

Tips satu ini mungkin sudah banyak tertulis di berbagai artikel yang berisi tips diet.

Namun, nyatanya air putih memang membawa manfaat untuk membantu kinerja metabolisme agar mampu membakar kalori dan lemak dalam tubuh dengan lebih baik.

Selain itu, jika selama puasa kita cenderung kurang bisa memenuhi kebutuhan air putih, maka inilah saatnya untuk kembali memenuhi kebutuhan air putih.

Dengan begitu, kita bisa terhindar dari kemungkinan dehidrasi, konstipasi, dan metabolisme yang kurang lancar.

2. Makan kue lebaran secukupnya

Siapa yang tidak tergoda akan wangi dan manisnya berbagai kue lebaran?

Wajar saja jika kita terpikir untuk menyantap semua kue lebaran yang tersaji di depan mata.

Meskipun begitu, Sobat Pintar perlu menyadari bahwa kue tersebut terbuat dari telur dan butter yang mengandung lemak tinggi.

Selain itu, kandungan gula yang tidak kalah tinggi juga jadi penyebab berat badan makin bertambah.

Ya memang akan sangat sulit sekali untuk menghindari hidangan yang satu ini namun Sobat Pintar bisa memilih untuk menikmati kue lebaran yang telah tersaji dalam porsi yang lebih terjaga.

3. Rutin makan sayuran, setelah lebaran

Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran mengandung banyak serat. Sayuran juga berfungsi untuk membuang lemak dan sisa-sisa pencernaan yang tertinggal di usus melalui proses metabolisme.

Setelah menikmati makanan berdaging dan bersantan selama lebaran, Sobat Pintar bisa memilih untuk mengkonsumsi sayuran untuk membersihkan lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Memang mungkin agak sulit untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur dalam rangkaian hari lebaran. Namun biasanya kebutuhan sayur akan segera kembali normal di pasaran setelah beberapa hari.

4. Kurangi gula

Gula bisa melezatkan makanan dan minuman dengan memberikan cita rasa manis.

Eits, apabila Sobat Pintar berniat untuk diet setelah lebaran, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi gula.

Saat lebaran, biasanya kandungan gula yang tinggi bersembunyi dalam minuman ringan, seperti sirup dan soda. 

Memang, gula berlebih akan sulit dicerna oleh tubuh sehingga menjadi lemak yang susah terurai.

Selain itu, tingginya konsumsi gula juga akan memicu tingginya indeks glikemik dalam tubuh yang membuat Sobat Pintar selalu lapar dan membuat nafsu makan semakin tinggi.

5. Jalankan olahraga secara rutin

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dinilai cukup melelahkan untuk dilakukan, terutama jika Sobat Pintar belum terbiasa berolahraga sebelumnya.

Namun, perlu Sobat Pintar ingat bahwa olahraga yang rutin akan meningkatkan keberhasilan diet, lho.

Itulah berbagai tips diet turun berat badan setelah lebaran.

Bersiaplah untuk tampil lebih percaya diri!

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload