Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

01 Sep 2021 by Laruan

Contoh surat lamaran kerja banyak dicari baik oleh para fresh graduated ataupun mereka yang berencana mencari pekerjaan baru. Penyebabnya karena dokumen penting ini menjadi penghubung antara pelamar dengan perusahaan yang dituju.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Lewat surat lamaran pekerjaan, bagian HRD akan melakukan seleksi pada calon karyawan. Oleh sebab itu surat lamaran pekerjaan harus dibuat seprofesional mungkin. Berikut contoh surat lamaran kerja  yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. 

Mengenal Surat Lamaran Kerja dan Fungsinya

Sesuai namanya, surat lamaran kerja digunakan untuk melamar suatu pekerjaan di sebuah perusahaan. Surat lamaran pekerjaan harus dibuat secara profesional, lengkap dan mencerminkan kapasitas sang pelamar kerja agar pihak perusahaan tertarik melakukan wawancara tahap berikutnya. 

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, diharapkan menggunakan bahasa formal yang baik dan benar serta hindari kalimat bertele-tele.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Akan Menarik Perhatian HRD

Dalam menulis sebuah surat lamaran kerja, diperlukan poin-poin yang harus ditulis agar tujuan pelamar kerja tersampaikan kepada perusahaan. Berikut beberapa poin yang wajib tercantum dalam isi surat lamaran kerja yaitu :

  • Perihal atau tujuan surat tersebut dibuat, bisa ditulis dengan format : 

Hal : Lamaran Pekerjaan

  • Tempat dan tanggal yang diletakkan di pojok kanan atas dengan format :

Sleman, 11 Januari 2015

  • Surat lamaran kerja ditujukan kepada siapa, yang dilanjutkan dengan nama perusahaan dan alamat perusahaan.

Saat menulis nama perusahaan harus diperhatikan secara teliti untuk menghindari kesalahan ketik. Selain itu hindari menyebutkan jenis kelamin pada jabatan. Dalam penulisan alamat perusahaan, penulisan jalan tidak perlu disingkat. Berikut format Contoh surat lamaran kerja :

Yth. HRD Sukses Makmur

Jalan Brigjen Katamso 15

Sleman  

  • Salam pembuka, misal :

Dengan hormat,

  • Kata pembuka, tuliskan posisi yang Anda cari, nama perusahaan serta infokan juga darimana Anda mendapatkan info lowongan pekerjaan. Bagian ini penting untuk dicantumkan karena HRD akan melihat keseriusan Anda lewat poin ini.
  • Biodata pelamar kerja yang terdiri dari nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor handphone, alamat email, pendidikan terakhir, IPK terakhir hingga status.
  • Info tentang pengalaman kerja pelamar, pengalaman berorganisasi atau skill yang dimiliki. Tulis secara garis besar saja. Berikan hanya info yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar agar memperbesar kemungkinan lolos.
  • Tuliskan berkas yang Anda lampirkan, seperti CV, sertifikat pendukung, fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi, fotocopy KTP atau tanda pengenal dan pas foto.
  • Sertakan kalimat penutup, beri tanda tangan dan juga nama terang.

Aplikasi untuk Membuat Surat Lamaran Kerja

Saat membuat surat lamaran pekerjaan, sebenarnya ada beberapa perusahaan yang lebih menyukai tulisan tangan. Alasannya karena HRD dapat menilai karakter pelamar melalui tulisan tangannya. Namun tak ada salahnya jika surat lamaran kerja diketik dengan mesin, terlebih untuk contoh surat lamaran kerja yang dikirim lewat e-mail. 

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, ada beberapa aplikasi yang akan memudahkan pembuatanya. Berikut contoh aplikasi untuk menulis surat lamaran pekerjaan :

  • Canva

Canva menjelma menjadi aplikasi yang banyak digunakan berbagai kalangan untuk membuat beragam desain dengan cara yang mudah. Canva menyediakan beragam template untuk berbagai keperluan desain, seperti template berbagai media sosial, presentasi, cover album, buku, tak terkecuali surat lamaran kerja. Tak perlu memiliki kemampuan desain mumpuni, dengan Canva Anda dapat membuat desain layaknya profesional.

  • PicsArt

Salah satu aplikasi yang juga banyak diandalkan dalam membuat surat lamaran kerja. Melalui PicsArt, Anda dapat berkrasi dengan beragam desain seeprti laiaknya memakai komputer dengan cara yang lebih simple.

Tips Agar Surat Lamaran Kerja Dilirik HRD

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, kadang harus memakan  waktu lama untuk menerima balasan. Biasanya karena posisi di perusahaan tersebut menarik minat banyak pelamar sehingga membludak. Namun ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan agar surat lamaran pekerjaan langsung mendapat perhatian HRD, antara lain :

  • Buat surat lamaran pekerjaan yang dilengkapi background yang menarik.Hal ini penting karena secara psikologis, warna lebih menarik perhatian seseorang dibanding polos. Pastikan Anda memilih warna yang serasi.
  • Tambahkan foto dan nama Anda. Gunakan foto formal.
  • Teliti kembali setiap tulisan agar menghindari kesalahan eja.
  • Pastikan kertas yang kamu gunakan bersih, tidak ada noda ataupun coretan.
  • Jangan lupa untuk melengkapi surat lamaran kerja dengan tanda tangan.
  • Pastikan setiap berkas yang akan Anda sertakan lengkap dan  tidak tercecer.

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email yang Langsung Dibaca HRD

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam mengirim surat lamaran pekerjaan Anda bisa mengirimnya lewat email. Namun meski menggunakan bantuan teknologi, mengirim surat lewat email harus menggunakan etika. Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan :

  • Pastikan Alamat Email Sudah Benar

Teliti dengan seksama setiap detail penulisan, pastikan Anda tidak salah menuliskan alamat e-mail, apakah ditujukan untuk pimpinan atau HRD. Dalam mengirim surat lamaran lewat email, hindari mengirimkannya ke banyak perusahaan sekaligus. Saat Anda berniat melamar pekerjaan di banyak tempat, buat satu surat lamaran untuk satu perusahaan. Hal ini untuk menghindarkan kesan bahwa Anda tidak memprioritaskan perusahaan tersebut.

  • Jangan Abaikan Subjek E-mail 

Isi subjek e-mail dengan posisi yang Anda lamar, jangan terlewat untuk menyertakan nama. Setiap harinya banyak email masuk yang ditujukan untuk HRD. Menuliskan posisi akan memudahkan HRD saat mereka membutuhkan pelamar untuk posisi tertentu. Hal ini tentu akan memperbesar kesempatan surat lamaran Anda dibaca HRD.

  • Kirim Isi Surat Lamaran Pekerjaan dengan Format Rapi

Copy isi surat lamaran pekerjaan yang sudah Anda siapkan lewat aplikasi lain agar isi email memiliki format surat yang sesuai. Jangan lupa cantumkan berkas lampiran yang Anda kirim dalam format PDF bersamaan dengan surat lamaran pekerjaan.

  • Perhatikan Waktu Kirim Email

Anda bisa mengirim email di pagi hari karena di waktu pagi HRD mulai memeriksa setiap email masuk. Selain itu, Anda bisa mengirimkannya siang hari, usai jam istirahat. Lagi-lagi di jam ini kemungkinan besar HRD membuka email yang masuk. Terakhir Anda bisa mengirimkan saat sore hari sebelum jam pulang kantor. Di waktu ini, kemungkinan HRD akan memeriksa kembali setiap email yang masuk sebelum jam kerja berakhir.

  • Perhatikan Ukuran File yang Anda Kirim

Pastikan ukuran lampiran yang Anda kirim tidak lebih dari 2 MB agar proses mengunduh tidak memakan waktu lama. Tugas HRD tidak hanya memeriksa email, sehingga mereka akan cenderung mengabaikan email yang terlalu lama loading.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelamar kerja, Anda harus bisa menarik perhatian HRD. Salah satu cara yang bisa dipakai yaitu dengan membuat surat lamaran yang berbeda dan menarik dibanding kebanyakan. Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas dalam mencari referensi contoh surat lamaran kerja.Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload