Cek BPJS Gratis dari Pemerintah dengan Mudah

13 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Pemerintah Indonesia punya banyak program yang sangat bermanfaat bagi warga negara Indonesia. Salah satunya merupakan program BPJS Kesehatan yang selalu menyediakan kemudahan, kepastian, serta kecepatan layanan. Lalu bagaimana cek BPJS gratis dari pemerintah?

cek BPJS gratis dari pemerintah

Program BPJS mengharuskan warga negara Indonesia untuk membayar biaya tertentu setiap bulannya. Nominal yang harus dibayarkan cukup bervariasi, tergantung pada kelas yang dipilih oleh setiap peserta atau kepala keluarga. Tapi ada program khusus yang sepenuhnya gratis dari pemerintah.

Cara Cek BPJS Gratis dari Pemerintah Indonesia

Program BPJS gratis ini dikenal dengan istilah Kartu Indonesia Sehat atau KIS. Pemerintah menyelenggarakan program ini dengan tujuan membantu warga Indonesia yang tidak mampu. KIS bisa digunakan oleh para pengguna kartu ini untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Baca juga: Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Kartu Indonesia Sehat hanya akan diberikan pada orang yang termasuk dalam golongan kurang mampu dalam segi finansial. Artinya, tidak semua warga Indonesia bisa mendapatkan KIS. Bahkan warga yang sudah memegang kartu tersebut tidak bisa memakainya secara sembarangan.

Pemegang KIS harus terlebih dahulu cek BPJS gratis dari pemerintah dan memastikan bahwa kartu tersebut sudah aktif. Perlu dipahami juga bahwa BPJS dan KIS tidak sama. Ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang sebaiknya Anda ketahui.

Perbedaan Antara KIS dan BPJS

Kedua program BPJS dan KIS memang sama-sama disediakan oleh pemerintah Indonesia. Dan masih banyak warga Indonesia yang mengira bahwa keduanya adalah program yang sama karena fungsinya sama-sama untuk mengakses layanan kesehatan. Berikut ini perbedaan antara BPJS dan KIS.

1. Syarat peserta program

KIS merupakan program khusus yang ditujukan bagi warga Indonesia yang menyandang masalah kesejahteraan sosial. Jadi warga yang bisa cek BPJS gratis dari pemerintah adalah masyarakat yang tidak mampu terutama secara ekonomi.

Sedangkan BPJS merupakan program khusus dari pemerintah yang boleh diikuti oleh seluruh warga yang menginginkannya. Masyarakat yang tertarik untuk menggunakan program ini harus melakukan pendaftaran diri terlebih dahulu lalu membayar biaya iuran setiap bulan.

2. Pembayaran biaya program

Karena merupakan program yang dirancang untuk warga yang kurang mampu, maka KIS diberikan secara cuma-cuma dan pemilik kartu tidak akan dikenakan biaya apapun. Pemegang KIS tidak perlu melakukan pembayaran iuran karena seluruh iuran tersebut sudah ditanggung pemerintah.

Iuran untuk BPJS ditanggung secara pribadi oleh setiap pemegang kartu. Masing-masing peserta BPJS wajib membayarkan iuran setiap bulan dengan nominal tertentu, sesuai dengan jenis kelas BPJS yang sudah dipilih di awal.

3. Prosedur pelayanan kesehatan

Setelah cek BPJS gratis dari pemerintah dan ternyata kartu sudah aktif, KIS bisa dimanfaatkan di faskes atau fasilitas kesehatan tingkat yang pertama, seperti misalnya dokter umum, klinik kesehatan, rumah sakit, maupun puskesmas di seluruh wilayah Indonesia.

Jika pasien memerlukan perawatan tingkat lanjut, peserta KIS tersebut akan memperoleh rujukan sehingga nantinya bisa dirawat gratis di tingkat fasilitas kesehatan yang selanjutnya. Kartu BPJS Kesehatan biasanya berlaku di puskesmas sebagai faskes tingkat satu.

Apabila pasien memerlukan perawatan lebih lanjut, maka surat rujukan bisa diberikan oleh faskes tingkat pertama ke rumah sakit yang lebih mampu menangani pasien tersebut.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Takjilan Ramadan (14-28 April 2022)

Tahun Depan Iuran BPJS Kesehatan Turun Khusus Kelas III, Ini Daftarnya -  Portal Sulut

Cek BPJS Gratis dari Pemerintah Lewat Call Center

Setelah memahami perbedaan antara BPJS serta KIS, setiap pemegang KIS perlu mencari informasi lain seperti cara cek KIS dari pemerintah aktif atau belum. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah KIS sudah aktif dan bisa segera digunakan.

Cara yang paling mudah untuk memeriksa aktif tidaknya KIS adalah dengan menelepon call center. Cara yang satu ini sangat praktis dan mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cek BPJS gratis dari pemerintah lewat call center adalah dengan menghubungi 1500400.

Nomor tersebut adalah nomor telepon BPJS Kesehatan. Sayangnya, untuk menghubungi nomor tersebut, pemegang KIS perlu menyiapkan pulsa terlebih dahulu karena panggilan ini tidak bebas pulsa. Siapkan saldo pulsa dalam jumlah cukup agar bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai KIS.

Mengecek Aktivasi KIS Melalui Fasilitas Kesehatan

Jika Anda tidak punya cukup pulsa untuk menelpon call center BPJS Kesehatan, proses pengecekan aktivasi KIS bisa dilakukan dengan cara berkunjung langsung ke faskes tingkat yang pertama, yaitu puskesmas. Pastikan faskes tersebut adalah yang terdaftar di Kartu Indonesia Sehat.

Bawa KIS tersebut ke faskes tingkat pertama lalu tunjukkan KIS ke petugas disana. Sampaikan bahwa Anda ingin minta tolong untuk mengecek status aktivasi kartu tersebut. Petugas biasanya akan langsung memeriksa dengan menggunakan sistem yang sudah ada.

Anda hanya perlu bersabar, mengikuti arahan yang diberikan oleh petugas serta menunggu jawaban atau informasi mengenai status KIS tersebut. Apabila KIS sudah aktif maka Anda bisa segera menggunakannya untuk memperoleh pelayanan kesehatan berkualitas.

Cara Lain Cek BPJS Gratis dari Pemerintah

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa apakah KIS tersebut sudah bisa digunakan atau belum. Caranya adalah dengan berkunjung ke Dinas Sosial atau langsung ke BPJS Kesehatan di kota Anda. Cara ini adalah yang paling praktis jika Anda tinggal dekat dengan dua kantor tersebut.

Setelah tiba di kantor Dinsos atau BPJS Kesehatan, Anda perlu mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Tunggu sampai Anda dipanggil oleh petugas sesuai dengan antrian. Lalu tunjukkan KIS ke salah satu petugas dan beritahu bahwa Anda ingin cek BPJS gratis dari pemerintah.

Petugas pun akan segera melakukan pengecekan kartu tersebut dan memberikan informasi mengenai aktif atau tidaknya Kartu Indonesia Sehat. Semua cara untuk mengecek aktivasi KIS bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak berbelit-belit.

Cukup pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kesanggupan Anda lalu lakukan pengecekan sesegera mungkin. Jika ternyata kartu belum aktif, Anda bisa segera melakukan sesuatu yang bisa membantu mempercepat proses aktivasi kartu tersebut.

Baca juga: 6 Tahapan Belajar Mengemudi di Kursus Stir Mobil

Cara Memindah Kepesertaan BPJS Kesehatan Mandiri ke Perusahaan

Jangan Menunda untuk Mengecek Aktivasi KIS

KIS dan BPJS Kesehatan adalah dua program yang sangat berguna bagi masyarakat Indonesia. Pastikan untuk melakukan pengecekan kartu tersebut secepat mungkin agar kartu bisa segera digunakan saat ada kebutuhan yang tiba-tiba muncul.

Jika Anda merupakan pemegang kartu BPJS Kesehatan yang iurannya harus dibayarkan setiap bulan, pastikan untuk melakukan pembayaran secara rutin dan teratur agar bisa segera digunakan setiap kali membutuhkan layanan kesehatan.

Keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang tidak segera dibayarkan akan membuat pengguna tidak bisa menggunakan kartu tersebut sebelum semua tunggakan iuran dibayarkan. Akibatnya, jika masalah kesehatan muncul, Anda perlu mengeluarkan lebih banyak biaya. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download